uefau17.com

7 Doa Kesembuhan Orang Tua Lengkap Tulisan Arab, Latin, Beserta Artinya - Hot

, Jakarta Doa kesembuhan orang tua tentunya wajib dikenali oleh setiap muslim. Seorang anak diahurkan untuk selalu membacakan doa untuk kedua orang tuanya. Salah satu doa yang penting tentunya doa kesembuhan orang tua, apabila mereka sedang sakit.

Doa kesembuhan orang tua yang sedang sakit perlu dilafalkan secara rutin oleh setiap muslim. Setelah mereka sembuh, kamu tentunya juga perlu mendoakan mereka agar selalu dijaga kesehatannya oleh Allah SWT.

Doa kesembuhan orang tua ini juga perlu diikuti dengan doa memohon ampunan untuk keduanya. Doa meminta ampunan untuk kedua orang tua kepada Allah SWT biasanya dibacakan setelah sholat berjemaah, dan kamu juga perlu melafalkannya saat sholat sendiri.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Jumat (12/5/2023) tentang doa kesembuhan orang tua.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Doa Kesembuhan Orang Tua

Doa kesembuhan orang tua yaitu sebagai berikut:

Doa kesembuhan orang tua tulisan Arab:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Doa kesembuhan orang tua Latin:

“Allahumma rabbannaasi adzhibil ba'sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama”

Arti doa kesembuhan orang tua:

"Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain."

3 dari 6 halaman

2. Doa Kesembuhan Orang Tua yang Sakit Keras

Doa kesembuhan orang tua yang sedang sakit keras yaitu sebagai berikut:

Doa kesembuhan orang tua tulisan Arab:

اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى

Doa kesembuhan orang tua Latin:

Allahumma ahyini maa kaa natil khayaatu khairllii, watawaffannii maa kaa natil wafaatu khairallii.

Arti doa kesembuhan orang tua:

“ Ya Allah, sembuhkanlah penyakitnya jika itu lebih baik baginya. Dan cabutlah nyawanya jika kematian itu lebih baik baginya.”

4 dari 6 halaman

3. Doa untuk Orang Tua

Selain doa kesembuah orang tua, kamu juga wajib mendoakan ibu dan bapakmu  setelah sholat. Doa panjang umur untuk orang tua mungkin sudah tidak asing lagi karena sudah sering dibacakan setelah sholat berjemaah di masjid.

Doa panjang umur untuk orang tua tulisan Arab:

اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، َاْلاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Doa panjang umur untuk orang tua latin:

“Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiron. Walijamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati al ahyaa’I minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur raahimiina, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil adhiimi.”

Arti doa panjang umur untuk orang tua:

"Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu."

5 dari 6 halaman

4. Doa Mohon Ampunan untuk Orang Tua

Doa kesembuhan orang tua bisa juga ditambahkan dengan doa memohon ampunan untuk keduanya. Berikut doanya:

Doa mohon ampunan untuk orang tua:

"Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa"

Artinya:

"Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil."

6 dari 6 halaman

5. Doa untuk Orang Tua yang Telah Meninggal

Doa untuk orang tua yang sudah meninggal tulisan Arab:

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Doa untuk orang tua yang sudah meninggal Latin:

Allaahummaghfirlahu warham hu wa'aafi hii wa'fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi' madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa 'aidz hu min 'adzaabil qobri wa fitnati hi wa min 'adzaabin naar.

Arti doa untuk orang tua yang sudah meninggal:

“Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya dan dari siksa api neraka.”

 

6. Doa Kesembuhan untuk Orang yang Sedang Sakit

Doa kesembuhan orang tua bisa juga dengan melafalkan doa satu ini. Rasulullah SAW membaca doa menjenguk orang sakit ini ketika menjenguk Salman Al-Farisi RA. Doa ini juga bisa kamu baca untuk mendoakan orang sakit yang sedang dijenguk:

Syafakallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘afāka fī dīnika wa jismika ila muddati ajalika.

Artinya:

"Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia."

 

7. Doa Menjenguk Orang Sakit

Doa menjenguk orang sakit Latin:

Syafakillah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba'dahu saqaman.

Artinya:

“Semoga Allah menyembuhkanmu secepatnya, dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya.”

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat