uefau17.com

5 Doa Diberi Kesehatan dan Keselamatan Agar Tubuh Tetap Fit, Bisa Diamalkan Setiap Hari - Hot

, Jakarta Doa diberi kesehatan dan keselamatan dapat dipanjatkan setiap hari sebagai bentuk ikhtiar. Sebab setiap kehidupan manusia perlu membutuhkan campur tangan Allah SWT, termasuk perlindungan ataupun kenikmatan sehat.

Bahkan Rasulullah SAW tak pernah luput dari memanjatkan bacaan doa kesehatan dan keselamatan, supaya selalu diberi sehat dan nikmat dalam kehidupannya. Untuk itu, umat Muslim yang lain juga perlu mengamalkan bacaan doa diberi kesehatan dan keselamatan.

Selain membaca doa diberi kesehatan dan keselamatan, umat Muslim juga bisa menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga, mengonsumsi makanan yang baik, serta menjauhkan diri dari beragam penyakit hati, seperti iri, sombong, dengki dan semacamnya.

Berikut ulas mengenai bacaan doa diberi kesehatan dan keselamatan agar tubuh tetap fit yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Doa Diberi Kesehatan untuk Dibaca Pagi dan Petang

Bacaan doa diberi kesehatan ini dianjurkan oleh Rasulullah dalam diriwayat hadis dari Abdurrahman bin Abi Bakrah, dia berkata, "Saya mendengar bapakku berdoa dengan doa ini: ‘Allahumma ‘afini fi badani, allahumma ‘afini fi sam’i, allahumma ‘afini fi bashori la ilaha illa anta’, setiap pagi dan petang.

Kemudian dia berkata, ‘Wahai Anakku, saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam berdoa dengan doa ini dan saya senang untuk mengikuti kebiasaannya,"

اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَدَنِي

Arab Latin: Allahumma afini fi badani

Artinya: Ya Allah, berikanlah kesehatan untukku pada badanku.

Bacaan doa tersebut merupakan penggalan dari doa diberi kesehatan berikut ini:

اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَدَنِي، اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي سَمْعِي، اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَصَرِي، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

Arab Latin: Allahumma afini fi badani allahumma afini fi sam’i allahumma afini fi bashari la ilaha illa anta.

Artinya: "Ya Allah, berilah kesehatan untukku pada badanku. Ya Allah, berilah kesehatan untukku pada pendengaranku. Ya Allah, berilah kesehatan untukku pada penglihatanku. Tiada sesembahan kecuali engkau."

Setelah membaca doa diberi kesehatan di atas, biasanya dilanjutkan dengan membaca:

Arab Latin: Allahumma inni a’udzu bika minal kufri wal faqri. Allahumma inni a’udzu bika min ‘adzabil qabri. La ilaha illa anta.

Artinya, "Ya Allah sehatkanlah badanku. Ya Allah, sehatkan lah pendengaranku. Ya Allah, sehatkan lah penglihatanku. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kekafiran dan kefakiran. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, tiada Tuhan selain Engkau."

3 dari 6 halaman

2. Doa Memohon Kesehatan dan Perlindungan

Selain bacaan doa diberi kesehatan di atas, berikut ini ada bacaan doa memohon kesehatan dan perlindungan yang bisa anda panjatkan adalah:

Arab Latin: Allahumma inna nas alukal afwa wal adiyata wal mu'aafaatad daa'imata fiid dunyaa wal 'aakhirati wal fauzu bil jannati wannajaati minan naari.

Artinya : "Ya Allah, kami mohon ampunan, kesehatan dan perlindungan yang terus menerus di dunia dan di akhirat, kemenangan masuk surga serta keselamatan dari api neraka."

4 dari 6 halaman

3. Doa Meminta Kesehatan

Doa kesehatan yang dapat dilafalkan setiap hari berikutnya ini sebagai bentuk permohonan untuk diberi nikmat dan sehat yang senantiasa.

Dijelaskan oleh Abdullah bin Umar, ia berkata "Di antara doa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu berbunyi:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Arab Latin: Allahumma inni auudzubika min zawaali ni'matik wa tahawwuliáafiyatik wa fuhaaáti niqmatik wa jamiií sakhotik.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, dan dari segala kemurkaan-Mu." (HR. Muslim no. 2739)

5 dari 6 halaman

4. Doa Diberi Kesehatan dan Umur Panjang

Adapun bacaan doa diberi kesehatan dan umur panjang adalah sebagai berikut ini:

Arab Latin: Allaahumma thowwil umuurona, wa shohhih ajsaadana, wa nawwir quluubana, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a'maalanaa, wa wassi' arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa 'anisy-syarri ab'idnaa, waqdhikhawaa-ijana fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka 'alaa kulli syai-in qodiir.

Artinya : “Ya Allah, berilah umur yang panjang kepada kami, berilah sehat pada tubuh kami, terangilah hati kami, mantapkanlah iman kami, baguskanlah amalan kami, lapangkanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkan kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam persoalan agama, dunia, serta akhirat. Sungguh Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

6 dari 6 halaman

5. Doa Meminta Keselamatan dari Berbagai Masalah dan Bencana

Selain mengetahui bacaan doa diberi kesehatan, anda juga bisa melafalkan doa meminta keselamatan dari berbagai masalah dan bencana adalah sebagai berikut ini:

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Arab Latin: Allāhummaftah lanā abwābal khair, wa abwābal barakah, wa abwāban ni‘mah, wa abwābar rizqi, wa abwābal quwwah, wa abwābas shihhah, wa abwābas salāmah, wa wa abwābal ‘āfiyah, wa abwābal jannah. Allāhumma ‘āfinā min kulli balā’id duniyā wa ‘adzābil ākhirah, washrif ‘annā bi haqqil Qur’ānil ‘azhīm wa nabiiyikal karīm syarrad duniyā wa ‘adzābal ākhirah. Ghafarallāhu lanā wa lahum bi rahmatika yā arhamar rāhimīn. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūn, wa salāmun ‘alal mursalīn, walhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn.

Artinya: "Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Alquran yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah.

Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, Dzat Yang Maha Pengasih. Maha Suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat