uefau17.com

Cara Membuat Siluet Wajah dengan Photoshop dan Canva, Simak Tahapannya - Hot

, Jakarta Cara membuat siluet wajah adalah salah satu teknik editing fotografi yang populer digunakan oleh banyak orang. Siluet wajah adalah bentuk bayangan atau gambar yang dibuat dari sebuah foto wajah dengan menghilangkan detail yang tidak perlu dan mempertahankan kontur atau bentuk dasar wajah.

Dalam industri fotografi, cara membuat siluet wajah sering digunakan dalam foto prewedding, portraiture, dan bahkan dalam fotografi lanskap untuk menambahkan unsur drama pada foto. Kepopuleran dan kemudahan teknik editing siluet wajah menjadikannya teknik editing fotografi yang sangat diminati dan sering dilakukan.

Siluet wajah dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan alat seleksi dan penghapus pada program editing fotografi seperti Photoshop dan Canva. Teknik ini tidak membutuhkan keahlian khusus dalam editing fotografi. Cara membuat siluet wajah memberikan tampilan yang unik dan menarik pada foto. Bentuk dasar wajah yang diperlihatkan tanpa detail terlihat sangat dramatis dan membuat foto terlihat lebih artistik. Berikut cara membuat siluet wajah dengan menggunakan Photoshop dan Canva yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (11/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Siluet Wajah dengan Adobe Photoshop

Photoshop menjadi salah satu aplikasi edit foto yang banyak digunakan untuk cara membuat siluet wajah. Photoshop merupakan software editing yang dirancang untuk penggunaan professional, namun cara membuat siluet wajah dengan Photoshop dapat dilakukan siapa saja dengan memperhatikan langkah-langkah berikut. 

  1. Buka gambar yang sudah disiapkan dengan cara klik file – pen pada menu bar. Atau dapat langsung menekan Ctrl + O pada keyboard. Pilih gambar dan klik open. Sangat disarankan untuk memilih foto yang diambil dari samping wajah karena akan menampilkan detail fitur wajah secara lebih jelas.
  2. Buat layer baru dengan beberapa langkah yang dapat kita pilih. Pertama pada bagian menu bar klik layer – new – layer. Kedua dapat langsung menekan shift + ctrl + N pada keyboard.
  3. Klik ikon create a new layer pada bagian bawah layer.
  4. Jika sudah muncul jendela seperti di bawah ini klik OK.
  5. Selanjutnya seleksi bagian gambar yang akan dijadikan siluet menggunakan pen tool.
  6. Jika belum pernah menggunakan tool ini lakukanlah dengan klik titik demi titik di bagian yang akan di seleksi sampai semua garis pada pola gambar tersambung. Untuk merapikan setiap lengkung atau sudut yang tumpul tekan Ctrl dan klik kiri pada mouse atau touchpad, kemudian geser.
  7. Jika sudah terseleksi klik kanan dan pilih make selection.
  8. Setelah muncul jendela seperti di bawah ini, berikan pengaturan yang sama kemudian klik OK.
  9. Klik paint bucket tool atau tekan huruf G pada keyboard untuk memberikan warna hitam ke dalam pola gambar yang telah diseleksi. Pastikan foreground berwarna hitam.
  10. Masih dengan tool paint bucket, klik kiri di dalam pola yang sudah terseleksi. Sehingga pola di foto akan berubah warna menjadi hitam. Tekan Ctrl + D untuk menghapus garis seleksi.
  11. Buat layer baru lagi dengan menggunakan langkah yang terdapat pada nomor dua untuk mengubah warna backgroundnya. Geser layer tersebut sehingga berada di bawah layer siluet yang pertama (atau di sini bernama layer 1).
  12. Ubah foreground menjadi warna putih dengan klik kiri, pilih warna dan klik OK. Jika, sebelumnya foreground berwarna hitam dan background berwarna putih klik switch untuk langsung mengubahnya. Kemudian pilih tool paint bucket dan klik kiri di dalam area background.
  13. Untuk menggeser objek atau mengubah ukurannya pilih layer pertama atau objek siluet, klik move tool pada toolbar dan tekan Ctrl + T untuk melakukan free transform.
  14. Langkah selanjutnya adalah langkah optional, yaitu menambahkan tulisan atau mungkin mengubah backgroundnya. Mengganti warna background dapat dilakukan dengan pengaturan di gradient.
  15.  Cukup dengan klik create new fill or adjustment layer pada bagian bawah jendela layer – pilih gradient.
  16. Ketika muncul jendela,berikan pengaturan Style: Radikal, Angle:90, Scale: 387, dan centang kolom Align with layer.
  17. Cara membuat siluet wajah dengan Photoshop selesai dan file dapat disimpan.
3 dari 3 halaman

Cara Membuat Siluet Wajah dengan Canva

Berbeda dengan Photoshop, Kanva adalah aplikasi editing fotografi yang lebih mudah digunakan oleh orang awam. Canva dibuat memang diperuntukan untuk mengedit foto dengan fitur yang lebih sederhana dan mudah dioperasikan. Berikut cara membuat siluet wajah dengan Canva.

  1. Buka aplikasi Canva lalu buatlah desain baru dengan ukuran opsional. Pilih tombol + di sebelah bawah lalu masukkan ukuran desain sesuai kebutuhan. Misalnya di sini menggunakan ukuran 1080 x 1080 pixel.
  2. Setelah itu pengguna dapat menambahkan foto yang nantinya diubah menjadi siluet. Caranya, pilih tombol + di sebelah bawah desain lalu buka menu Galeri. Kemudian tambahkan foto yang ingin dibuat siluet. Sebaiknya foto yang dijadikan siluet memiliki background yang polos. Supaya efek siluet diterapkan hanya mengenai wajah saja. Apabila foto yang digunakan masih memiliki latar belakang yang bermotif, silahkan sebaiknya hapus terlebih dahulu.
  3. Setelah foto ditambahkan ke dalam desain, pilih foto tersebut lalu buka menu Efek. Kemudian pilih efek Duotone.
  4. Terdapat cukup banyak warna dari efek Duotone yang nanti dapat dijadikan sebagai siluet. Caranya, Pilih warna Sea Blue lalu buka setelan warna tersebut. Kemudian ganti warna Sorotan dan Bayangan menjadi warna hitam. Setelah itu pilih Selesai untuk menyimpan.
  5. Supaya desain terlihat lebih menarik, tambahkan sebuah background. Buka menu Latar Belakang lalu temukan tema latar belakang yang cocok dengan foto siluet yang dibuat
  6. Terakhir, tinggal menyesuaikan letak foto dengan latar belakangnya supaya terlihat rapi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat