uefau17.com

Tanda Kiamat Yang Tidak Disadari oleh Manusia, Beserta Dalil-Dalilnya - Hot

, Jakarta Terdapat beberapa tanda kiamat yang tidak disadari oleh manusia saat peristiwa tersebut terjadi. Menurut Islam, peristiwa yang dikenal dengan Hari Kiamat atau Yaumul Qiyamah ini akan didahului oleh beberapa tanda kiamat yang menandakan akan segera datangnya akhir zaman. Sementara beberapa dari tanda-tanda ini sudah dikenali oleh umat Islam dan telah dibahas panjang lebar, ada tanda-tanda lain yang masih belum diketahui manusia. 

Tanda-tanda ini diyakini sangat dahsyat dan luar biasa sehingga berada di luar pemahaman kita, dan hanya akan terlihat ketika akhir zaman menimpa kita. Salah satu tanda kiamat yang tidak disadari oleh manusia dalam Islam adalah munculnya binatang, atau Dabbat al-Ardh. Makhluk ini diyakini sebagai hewan mengerikan yang akan muncul dari bumi dan berbicara kepada manusia, mengumumkan akan segera datangnya Hari Kiamat. 

Tanda-tanda kiamat yang tidak disadari manusia dalam Islam lainnya antara lain terbitnya matahari dari barat, munculnya Mahdi, turunnya Nabi Isa AS, tiupan terompet, dan munculnya Ya' juj dan Ma'juj. Terlepas dari ketidakpastian dan misteri seputar tanda-tanda ini, umat Islam percaya bahwa tanda-tanda ini pasti akan terjadi dan berfungsi sebagai pengingat akan sifat kehidupan yang cepat berlalu dan pentingnya persiapan untuk akhirat.

Lebih lengkapnya, berikut penjelasan tentang tanda-tanda kiamat yang tidak disadari manusia dalam Islam beserta dengan dalil-dalilnya, yang telah rangkum dari berbagai sumber, Senin (6/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanda Kiamat Yang Tidak Disadari Oleh Manusia

1. Munculnya Binatang Dabbat al-Ardh. Salah satu tanda kiamat yang tidak disadari manusia dalam Islam adalah munculnya binatang buas atau "Dabbat al-Ardh". Makhluk ini diyakini sebagai hewan mengerikan yang akan muncul dari bumi dan berbicara kepada manusia, mengumumkan akan segera datangnya Hari Kiamat.

Surat An-Naml Ayat 82

۞ وَإِذَا وَقَعَ ٱلْقَوْلُ عَلَيْهِمْ أَخْرَجْنَا لَهُمْ دَآبَّةً مِّنَ ٱلْأَرْضِ تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ ٱلنَّاسَ كَانُوا۟ بِـَٔايَٰتِنَا لَا يُوقِنُونَ

Artinya: Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.

 

2. Terbitnya matahari dari barat. Tidak disadari oleh manusia, tanda ini juga dianggap sebagai tanda utama kiamat dalam Islam. Diyakini bahwa matahari akan terbit dari barat, bukan dari timur, dan ini menandakan akhir dunia.

Surat At-Takwir Ayat 1-13

إِذَا الشَّمْسُ كُوِّرَتْ ○ وَإِذَا النُّجُومُ انْكَدَرَتْ ○ وَإِذَا الْجِبَالُ سُيِّرَتْ ○ وَإِذَا الْعِشَارُ عُطِّلَتْ ○ وَإِذَا الْوُحُوشُ حُشِرَتْ ○ وَإِذَا الْبِحَارُ سُجِّرَتْ ○ وَإِذَا النُّفُوسُ زُوِّجَتْ ○ وَإِذَا الْمَوْءُودَةُ سُئِلَتْ ○ بِأَيِّ ذَنْبٍ قُتِلَتْ ○ وَإِذَا الصُّحُفُ نُشِرَتْ ○ وَإِذَا السَّمَاءُ كُشِطَتْ ○ وَإِذَا الْجَحِيمُ سُعِّرَتْ ○ وَإِذَا الْجَنَّةُ ○

Artinya : Ketika matahari digulung, (1) dan ketika bintang-bintang berjatuhan, (2) dan ketika gunung-gunung dihancurkan, (3) dan ketika unta-unta bunting ditinggalkan, (4) dan ketika hewan-hewan liar dikumpulkan, (5 ) dan ketika lautan memanas, (6) dan ketika roh bertemu. (7) Ketika dikuburkan bayi perempuan dihidupkan kembali dan ditanya (8) untuk dosa apa dia dibunuh, (9) dan ketika catatan dibuka, (10) dan ketika langit dilenyapkan, (11) dan ketika api neraka dinyalakan, (12) dan ketika langit didekatkan (13)

3 dari 4 halaman

Tanda Kiamat Yang Tidak Disadari Oleh Manusia

3. Munculnya Sang Mahdi. Sang Mahdi adalah sosok yang dinubuatkan dalam eskatologi Islam yang akan muncul sebelum akhir dunia. Ia diyakini sebagai keturunan Nabi Muhammad dan akan memimpin umat Muslim dalam pertempuran terakhir melawan kekuatan jahat.

Surat Az-Zumar Ayat 41-42

إِنَّا أَنزلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ لِلنَّاسِ بِالْحَقِّ فَمَنِ اهْتَدَى فَلِنَفْسِهِ وَمَنْ ضَلَّ فَإِنَّمَا يَضِلُّ عَلَيْهَا وَمَا أَنْتَ عَلَيْهِمْ بِوَكِيلٍ (41) اللَّهُ يَتَوَفَّى الأنْفُسَ حِينَ مَوْتِهَا وَالَّتِي لَمْ تَمُتْ فِي مَنَامِهَا فَيُمْسِكُ الَّتِي قَضَى عَلَيْهَا الْمَوْتَ وَيُرْسِلُ الأخْرَى إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ (42)

Artinya: Sesungguhnya Kami menurunkan kepadamu Al-Kitab(Al-Qur'an) untuk manusia dengan membawa kebenaran; siapa yang mendapat petunjuk, maka (petunjuk itu) untuk dirinya sendiri; dan siapa yang sesat, maka sesungguhnya dia semata-mata sesat buat (kerugian)dirinya sendiri, dan kamu sekali-kali bukanlah orang yang bertanggung jawab terhadap mereka. Allah memegang jiwa (orang)ketika matinya dan (memegang)jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahan jiwa(orang)yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berpikir.

 

4. Turunnya Nabi Isa AS. Diyakini bahwa Nabi Isa AS akan kembali ke bumi sebelum akhir dunia dan akan membantu Mahdi dalam pertempuran terakhir melawan kekuatan jahat.

Surat An-Nisa Ayat 159

وَإِن مِّنْ أَهْلِ ٱلْكِتَٰبِ إِلَّا لَيُؤْمِنَنَّ بِهِۦ قَبْلَ مَوْتِهِۦ ۖ وَيَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ يَكُونُ عَلَيْهِمْ شَهِيدًا

Artinya: Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya (Isa) sebelum kematiannya. Dan di hari kiamat nanti Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka.

4 dari 4 halaman

Tanda Kiamat Yang Tidak Disadari Oleh Manusia

5. Peniupan terompet. Menurut ajaran Islam, seorang malaikat akan meniup terompet untuk menandai akhir dunia. Ini akan menyebabkan semua makhluk hidup mati dan gunung serta bumi hancur.

Surat Az-Zumar Ayat 68

وَنُفِخَ فِى ٱلصُّورِ فَصَعِقَ مَن فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَن فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا مَن شَآءَ ٱللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنظُرُونَ

Artinya: Dan tiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).

 

6. Munculnya Ya'juj dan Ma'juj. Ini diyakini sebagai dua suku orang yang akan mendatangkan malapetaka di bumi sebelum akhir dunia. Mereka akan ditahan di balik tembok, tetapi pada akhirnya mereka akan menerobos dan menyebabkan kehancuran.

Surat Al-Anbiya Ayat 96

حَتَّىٰٓ إِذَا فُتِحَتْ يَأْجُوجُ وَمَأْجُوجُ وَهُم مِّن كُلِّ حَدَبٍ يَنسِلُونَ

Artinya: Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya'juj dan Ma'juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi.

Ayat-ayat ini dan ayat-ayat lain yang serupa menekankan pentingnya iman dan perbuatan baik dalam mempersiapkan akhir zaman, sekaligus mengakui misteri dan ketidakpastian tanda-tanda kiamat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat