uefau17.com

4 Golongan Orang yang Kekal Selamanya di Neraka, Ini Dalil-Dalilnya - Hot

, Jakarta Dalam Islam, salah satu keyakinan mendasar adalah konsep akhirat, di mana individu akan dimintai pertanggungjawaban atas perbuatannya di dunia ini. Akhirat ini termasuk konsep Surga dan Neraka, di mana individu akan diberi ganjaran atau hukuman berdasarkan perbuatannya selama hidupnya. Beberapa individu dihukum di Neraka untuk waktu yang terbatas, dan ada golongan orang yang kekal di neraka.

Golongan orang yang kekal di neraka ini adalah orang-orang yang menolak petunjuk Allah dan tetap bertahan dalam ketidaktaatan dan kesalahan mereka. Al-Qur'an menggambarkan hukuman yang akan mereka hadapi sebagai hukuman yang berat dan abadi, tanpa kemungkinan penebusan atau pelarian.

Keyakinan akan golongan orang yang abadi di Neraka berfungsi sebagai pengingat bagi umat Islam untuk mengambil tindakan mereka dengan serius dan berjuang menuju kebenaran dan perbuatan baik. Hal ini juga untuk menekankan pentingnya mencari pengampunan dan pertobatan atas dosa-dosa seseorang sebelum terlambat.

Lantas siapa saja golongan orang yang kekal di neraka? Lebih lengkapnya, berikut ini telah rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (1/3/2023). Daftar golongan orang yang diyakini akan abadi di neraka, beserta dengan dalil-dalilnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konsep Neraka Abadi

Dalam Islam, ada konsep neraka abadi yang dikenal dengan istilah "Jahannam". Menurut kepercayaan Islam, Jahannam adalah tempat hukuman bagi mereka yang menolak iman kepada Allah dan melakukan dosa selama hidup mereka tanpa mencari pertobatan dan pengampunan. Diyakini bahwa mereka yang masuk Jahannam akan tinggal di sana selama-lamanya, dan penderitaan mereka akan sangat hebat dan abadi.

Namun, penting untuk dicatat bahwa ajaran Islam menekankan rahmat dan pengampunan Allah. Diyakini bahwa Allah Maha Penyayang dan Pengampun, dan mereka yang mencari taubat dan kembali kepada-Nya dengan tulus akan diampuni dan diberikan surga sebagai ganti Jahannam. Oleh karena itu, tidak tepat untuk mengatakan bahwa semua orang yang melakukan dosa pasti akan berakhir di Jahannam untuk selama-lamanya.

Sehingga penting juga untuk dicatat bahwa konsep hukuman abadi di Neraka tidak dimaksudkan untuk mencegah individu mencari pengampunan atau percaya bahwa Allah tidak berbelas kasih. Dalam Islam, diyakini bahwa Allah Maha Pengampun dan Penyayang dan bahwa pertobatan yang tulus dan mencari pengampunan selalu mungkin, tidak peduli seberapa besar dosa seseorang.

Secara keseluruhan, kepercayaan pada golongan manusia yang abadi di Neraka dalam Islam berfungsi sebagai pengingat yang kuat akan konsekuensi dari tindakan seseorang dan pentingnya berjuang menuju kebenaran dan mencari pengampunan dalam hidup ini.

 
3 dari 4 halaman

Golongan Orang yang Kekal Di Neraka

Dalam ajaran Islam, ada beberapa golongan manusia yang dianggap kekal di neraka. Beberapa golongan tersebut dapat ditemukan dalam Al-Quran, di antaranya:

1. Golongan Ahlul-Bid'ah: yaitu orang-orang yang melakukan inovasi dalam agama tanpa adanya dasar dari ajaran Islam yang sahih. Mereka akan kekal di neraka sebagai hukuman atas tindakan mereka yang menyesatkan.

"Sesungguhnya orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu surga dan mereka tidak akan masuk surga hingga unta masuk ke lubang jarum. Demikianlah Kami membalas orang-orang yang berdosa." (QS. Al-A'raf: 40)

2. Golongan Ahlul-Kaba'ir: yaitu orang-orang yang melakukan dosa besar seperti membunuh, memperkosa, meminum minuman keras, dan zina. Mereka akan kekal di neraka sebagai hukuman atas tindakan mereka yang melanggar hukum Allah.

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni dosa yang selain dari syirik bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah tersesat sejauh-jauh kesesatan." (QS. An-Nisa': 48)

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan mati dalam keadaan kafir – tidak akan pernah [seluruh] isi bumi dalam emas diterima dari salah satu dari mereka jika dia [berusaha] menebus dirinya dengan itu. Bagi mereka akan ada siksaan yang menyakitkan. hukuman, dan mereka tidak akan memiliki penolong." (QS. Ali-Imran: 91)

3. Golongan Munafiq: yaitu orang-orang yang menyatakan iman tetapi tidak sepenuhnya memegang prinsip-prinsip Islam dan tidak melaksanakan ajaran-ajarannya dengan baik. Mereka akan kekal di neraka sebagai hukuman atas kemunafikan mereka. Mereka yang mengaku sebagai Muslim tetapi tidak benar-benar beriman di dalam hatinya atau tidak menjalankan Islam dengan tulus dianggap sebagai orang-orang munafik.

"Sesungguhnya munafik itu ada di bagian terbawah neraka dan kamu tidak akan mendapat seorang penolongpun untuk menolongnya." (QS. An-Nisa': 145)

4. Golongan Ahlul-Laghw : yaitu orang-orang yang terlalu asyik dengan kesenangan dunia dan mengabaikan kewajiban mereka sebagai hamba Allah. Mereka akan kekal di neraka sebagai hukuman atas tindakan mereka yang menyimpang dari ajaran Islam. Mereka yang sombong dan tidak merendahkan diri di hadapan Allah dianggap sebagai orang yang paling berdosa dan dihukum berat di neraka. 

"Sesungguhnya orang-orang yang menolak untuk beriman pada ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, maka pintu-pintu langit tidak akan dibukakan bagi mereka dan mereka tidak akan masuk surga sampai unta masuk ke dalam lubang jarum. Demikianlah Kami membalas orang-orang yang berdosa." (QS. Al-A'raf: 40)

Al-Qur'an menyatakan dalam, "Dan orang-orang yang memberikan apa yang mereka berikan sementara hati mereka takut karena mereka akan kembali kepada Tuhannya - itu adalah orang-orang yang berlomba-lomba untuk berbuat baik, dan mereka akan menjadi yang pertama untuk mencapai (itu)." (QS. Al-Muminun: 60)

4 dari 4 halaman

Bentuk Siksa Neraka

Dalam Islam, neraka digambarkan sebagai tempat hukuman dan siksaan yang intens bagi mereka yang telah melakukan dosa seumur hidup dan tidak bertobat atau mencari pengampunan dari Allah. Al-Quran dan Hadits menjelaskan berbagai bentuk siksaan di neraka, antara lain:

1. Api: Salah satu gambaran neraka yang paling menonjol dalam Islam adalah bahwa itu adalah tempat api. Dalam Al-Qur'an dijelaskan, "Tetapi bagi orang-orang kafir, pakaian api akan dipotong untuk mereka; cairan mendidih akan dituangkan ke atas kepala mereka" (QS. Al-Hajj: 19-20).

2. Air mendidih: Selain api, air mendidih juga disebutkan sebagai hukuman di neraka. Dalam Al-Qur'an dijelaskan, "Dan mereka akan diberi minum secangkir [anggur] yang campuran jahe, mata air di dalam surga bernama Salsabeel. Akan beredar di antara mereka anak laki-laki yang dibuat abadi. Ketika Anda melihat mereka, Anda akan mengira mereka [seindah] mutiara yang tersebar. Dan ketika Anda melihat ke sana [di Surga], Anda akan melihat kesenangan dan kekuasaan yang besar. Pada penduduknya akan ada pakaian hijau dari sutra halus dan brokat. Dan mereka akan dihiasi dengan gelang perak, dan Tuhan mereka akan memberi mereka minuman yang mensucikan” (QS. Al-Insaan: 17-21).

3. Rantai dan kerah besi: Al-Qur'an juga menyebutkan bahwa penghuni neraka akan diikat dengan rantai dan kerah besi. Dalam Al-Qur'an dijelaskan, "Sesungguhnya, Kami telah menyediakan untuk orang-orang kafir rantai dan belenggu dan kobaran api. Sungguh, orang-orang saleh akan minum dari secangkir [anggur] yang campurannya adalah Kafur, mata air di dalam Surga yang bernama Salsabeel" (QS. Al-Insaan: 4-6).

4. Duri: Bentuk hukuman lain di neraka adalah disiksa dengan duri. Dalam Al-Qur'an dijelaskan, "Tetapi orang-orang kafir akan memotong untuk mereka pakaian dari api. Dituang ke atas kepala mereka akan menjadi air panas. Yang melelehkannya di dalam perut dan kulit [mereka]. Dan untuk [menyerang] mereka adalah gada dari besi. Setiap kali mereka ingin keluar dari Neraka dari derita, mereka akan dikembalikan ke sana, dan [akan dikatakan], 'Rasakan siksa Api yang Membara!' Dan Allah akan menjadikan sebagai contoh orang-orang yang beriman istri Firaun, ketika dia berkata, 'Tuhanku, bangunkan untukku di dekat-Mu sebuah rumah di Surga dan selamatkan aku dari Firaun dan perbuatannya dan selamatkan aku dari orang-orang yang zalim'" (At-Tahrim: 6-11).

5. Kegelapan: Neraka juga digambarkan sebagai tempat kegelapan, di mana penghuninya tidak dapat melihat apapun. Dalam Al-Qur'an dijelaskan, "Dan siapa pun yang Allah beri petunjuk - dia adalah [benar] dibimbing; dan siapa pun yang Dia sesatkan - Anda tidak akan pernah menemukan bagi mereka pelindung selain Dia, dan Kami akan mengumpulkan mereka pada Hari Kebangkitan [jatuh] di wajah mereka. - buta, tuli dan bisu. Tempat perlindungan mereka adalah Neraka; setiap kali mereda Kami meningkatkan mereka dalam nyala api " (QS. Al-Isra: 97).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat