uefau17.com

Model Mukenah Populer di Indonesia, Ini Tips Memilih Mukenah Terbaik - Hot

, Jakarta Mukenah merupakan busana dan peralatan ibadah shalat yang diperuntukkan untuk perempuan. Mukenah adalah pakaian yang digunakan untuk sholat bagi masyarakat Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Menurut sejarah, para walisongo dulunya dalam berdakwah, dan karena masih dalam tahap awal masuknya Islam di Indonesia, mereka membuat cara agar masyarakat menerima dan tidak terlalu memberatkan dalam menjalankan ibadah. 

Kondisi pakaian wanita pada masa sebelum Islam datang dan dikenal di Nusantara sebagai pakaian wanita Jawa yaitu berupa kemben atau kain batik panjang yang dililitkan di badan tanpa jahitan. Banyak dari mereka juga bekerja di ladang membantu suami mereka. Maka dibuatlah kesepakatan, dimana pada saat shalat hendaknya memakai pakaian tertutup, sedangkan di luar dipersilakan beraktivitas seperti biasa.

Inilah awal mula pakaian yang digunakan untuk sholat, menjadi mukenah yang kita kenal dan gunakan saat ini. Seiring dengan perkembangan jaman, bentuk mukenah pun makin beragam dengan model yang kian beragam juga, namun terdapat tiga model mukenah yang paling populer dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Lebih lengkapnya, berikut ini telah rangkum dari berbagai sumber pada pada Rabu (22/2/2023). Tiga model mukenah paling populer di Indonesia, beserta tips cara memilih mukenah terbaik.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Model Mukenah Populer di Indonesia

Model Mukenah Populer di Indonesia

Sejalan dengan perkembangan jaman, model dan juga desain mukenah juga turut berkembang mengikuti dengan kebutuhan para penggunanya. Namun secara umum, terdapat tiga model mukenah yang populer dan banyak digunakan oleh masyarakat muslim di Indonesia, yaitu two pieces, terusan, dan ponco. Dimana setiap model memiliki kelebihan dan ciri khasnya, berikut penjelasannya

1. Model Mukenah Two Pieces

Model mukenah yang pertama adalah model mukenah two pieces, yang terdiri dari atasan dan bawahan yang terpisah. Biasanya bagian kepalanya dan juga pada bagian pinggang dilengkapi tali ikat atau karet agar saat melakukan gerakan sholat mukenah tidak jatuh atau terlepas saat beribadah. 

Model mukenah ini tidak lekang oleh zaman sehingga banyak diminati oleh wanita dari berbagai rentang usia. Banyak produk mukenah two pieces yang bermotif bunga atau polos dengan warna yang cantik dan menarik. Namun, karena kurang praktis, model ini lebih cocok untuk digunakan di dalam rumah.

2. Model Mukenah Terusan 

Model mukenah yang kedua adalah model mukenah terusan, model terusan merupakan tipe yang sering dipakai oleh orang tua. Namun, seiring berkembangnya zaman, variasi motif dan gayanya menjadi lebih trendi sehingga banyak anak muda yang memakainya. 

Mukenah model ini terdiri dari satu potong terusan yang mirip gamis dengan tambahan tudung kepala. Mukenah terusan juga dikenal lebih praktis dan ringkas untuk dibawa pergi kemana saja, jadi sangat direkomendasikan untuk digunakan saat bepergian.

3. Model Mukenah Ponco 

Model mukenah yang ketiga adalah model mukenah ponco, yang juga dikenal dengan nama mukenah abaya ini  didesain berlubang di daerah leher tanpa tambahan penutup kepala. Ada dua jenis mukenah ponco, yaitu model terusan dan model two pieces.

Mukenah ponco terbilang cukup unik dan sangat praktis jika dipakai. Sehingga saat anda di luar rumah, anda tidak perlu repot-repot merapikan jilbab lagi. Namun, model ini tidak disarankan untuk yang tidak menggunakan jilbab karena anda perlu menggunakan jilbab secara terpisah.

3 dari 3 halaman

Tips Memilih Mukenah Terbaik

Tips Memilih Mukenah Terbaik

Setiap model mukenah tentu memiliki kelebihan dan ciri khasnya masing-masing, yang membuatnya diminati oleh banyak orang. Namun tentu dibalik model dan desainnya yang menarik, mukenah merupakan peralatan yang digunakan untuk beribadah, sehingga dalam pemilihannya diperlukan standar yang patut dipenuhi. 

Berikut ini adalah beberapa tips memilih mukenah terbaik untuk anda beribadah.

1. Pilih Model sesuai Kebutuhan

Dari ketiga model mukenah populer yang telah dijelaskan sebelumnya, anda bisa memilih model mukenah mana yang paling anda sukai dan sesuai dengan aktivitas dan kegiatan anda sehari-hari. Anda bebas memilih mukenah yang terdiri dari dua potong, yakni atasan dan bawahan dengan karet atau tali di bagian kepala. Atau mukena dua potong tanpa bagian penutup kepala, atau mukenah terusan yang menyerupai gamis.

2. Kenyamanan

Poin utama selain model yang sesuai dengan kebutuhan, adalah kenyamanan. Setiap orang tentu memiliki standar kenyamanan mukenah masing-masing. Oleh karena itu, pilihlah potongan mukenah yang sesuai dan nyaman dengan tubuh anda. Pastikan mukenah yang anda pilih tidak membuat anda kesulitan saat melakukan ibadah, dan bahkan dapat memudahkan anda dalam beribadah. 

3. Memilih Bahan yang Tidak Menerawang

Pertimbangan penting lainnya dalam memilih mukenah adalah bahannya. Pastikan untuk memilih mukenah dengan bahan yang ringan namun tidak menerawang. Sebab ibadah shalat umumnya dilakukan berjamaah. Beberapa bahan yang terkenal nyaman dan tidak transparan untuk mukenah adalah katun, rayon, dan sutra. Bahan mukenah yang nyaman juga akan membuat ibadah anda nyaman

4. Memilih Ukuran yang Pas

Faktor berikutnya yang harus diperhitungkan adalah ukuran mukenah. Pastikan ukuran mukenah yang anda pilih pas dengan tubuh anda, tidak kebesaran ataupun kekecilan. Meski kebanyakan mukenah dijual dalam ukuran all size, tetap ada perbedaan ukuran, terutama untuk panjang mukenah. Jadi pastikan untuk mencoba terlebih dahulu sebelum membelinya.

5. Memiliki Jahitan yang Rapi

Sama seperti busana, mukenah adalah pakaian yang kita pakai. Sehingga untuk memilih mukenah yang berkualitas, anda juga bisa melihatnya dari jahitannya apakah terlihat rapi atau tidak. Jahitan yang rapi juga membuat mukenah tidak cepat rusak. Sehingga awet dan aman dikenakan saat beribadah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat