uefau17.com

Tanda Kiamat Menurut Berbagai Agama di Indonesia - Hot

, Jakarta Tanda kiamat menurut berbagai Agama menggambarkan banyak kondisi menjelang akhir zaman yang mirip satu sama lain. Semua agama besar di Indonesia memberikan gambaran tentang tanda-tanda kiamat, yang menerangkan bahwa suatu hari akan tiba hari dimana dunia dan seluruh isinya akan hancur dan datanglah hari kiamat.

Dari tanda-tanda kiamat menurut berbagai agama yang ada di Indonesia, terdapat beberapa kemiripan, salah satunya adalah tanda yang menerangkan bahwa Tuhan akan mengirimkan Seorang Yang Dijanjikan yang ajarannya akan mempersatukan seluruh umat manusia. Yang Dijanjikan disebut dengan nama yang berbeda oleh agama yang berbeda. 

Sebagai contoh Orang Yahudi menantikan kehadiran kembali Nabi Musa untuk membimbing mereka. Umat ​​Hindu menantikan kembalinya Krishna. Umat ​​Kristiani menantikan kedatangan Kristus kembali. Umat ​​Buddha menunggu kedatangan kembali Buddha. Umat Muslim menantikan kehadiran Imam Mahdi juga Nabi Isa AS.

Semua agama besar di dunia memiliki tanda-tanda Kiamatnya masing-masing. Namun jika diperhatikan semua agama memiliki beberapa kesamaan seperti contoh diatas. Untuk lebih memahami tanda-tanda kiamat menurut berbagai agama di Indonesia, berikut ini telah rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (10/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tanda Kiamat Menurut Berbagai Agama

Tanda Kiamat Menurut Agama Islam

Terdapat banyak tanda-tanda kiamat yang diterangkan dalam agama Islam, tanda-tanda kiamat ini kemudian dibagi menjadi tanda kecil dan tanda besar kiamat. Dimana tanda kecil kiamat menggambarkan kemerosotan akhlak manusia. Tanda utama kiamat menunjukan peristiwa yang akan muncul diantaranya adalah Saat telah banyak tanda-tanda kiamat kecil ini muncul di dunia, maka selanjutnya akan muncul tanda-tanda kiamat besar. Dalam sebuah hadits-i sharif yang dikutip oleh Muslim, Ibnu Majah, Abu Dawud, Nasai, Tirmidzi, Imam-i Ahmad, Tabarani, Ibnu Jarir, dan Ibnu Hibban, disebutkan bahwa sepuluh tanda ini akan terjadi sebelum kiamat:

1. Imam Mahdi akan datang

Sebelum Hari Kiamat, Allahu ta'ala akan menciptakan salah satu keturunanku, yang nama dan nama ayahnya akan sama dengan namaku. Bumi, yang telah dipenuhi dengan kekejaman di hadapannya, akan dipenuhi dengan keadilan pada masanya . [Tirmidzi]

2. Dajjal akan datang

Telah dinyatakan dalam hadits sharif: Dajjal akan muncul dan akan mengklaim bahwa dia adalah tuhan. Dia yang percaya pada ketuhanannya akan menjadi kafir. [Ibn Abi Shayba]

3. Nabi Isa AS akan turun dari langit

Hal ini dinyatakan dalam hadits sharif: 'Isa akan turun dari langit sebagai hakim yang adil. Dia akan mematahkan salib [dia akan menghapus Kekristenan] , membunuh babi [dia akan melarang babi], dan melarang segala sesuatu selain Islam. [Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Ibn Abi Shayba]

4. Munculnya Binatang Dabbat-al-ard

Al-Qur'an, juga menyebutkan tentang binatang ini dalam Surah An-Naml 82

“Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.”

5. Yajuj dan Majuj akan muncul

Dinyatakan dalam Al-Qur'an Surah Al-Anbiya 96 dimana surat ini menerangkan runtuhnya tembok yang mengurung yajuj dan Majuj.

“Tembok itu akan runtuh Ya juj dan Ma juj akan turun dari setiap bukit.”

6. Asap akan keluar

Hal ini disebutkan dalam Al-Qur'an Surah Ad Dukhan 10 yang menerangkan bahwa

“Waspadalah pada hari ketika Asap keluar dari langit.” Selanjutnya, sebuah hadits menyatakan “Pengaruh Asap bagi orang mukmin itu seperti masuk angin, sedangkan bagi orang kafir itu sangat berat.” [Abu Dawud]

7. Matahari akan terbit di sebelah barat

Hal ini disebutkan dalam hadits yang berbunyi: “Kiamat tidak akan datang kepada berlalu sampai matahari terbit di barat. Semua orang akan beriman saat itu, tetapi iman mereka tidak akan berguna bagi mereka.” [Bukhari, Muslim]

8. Tanah akan runtuh

Hal ini diterangkan dalam sebuah hadits yang berbunyi : “Penghancuran tanah akan disaksikan: satu di timur, satu di barat, dan satu di Jazirah Arab.” [Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah]

9. Ka'bah akan dihancurkan

Hal ini dinyatakan dalam hadits sharif: “Seorang Abyssinian akan menghancurkan Ka'bah. Sekarang saya melihat dia mencabut batu Ka'bah satu per satu dengan tangan hitamnya.” [Bukhari, Muslim]

3 dari 5 halaman

Tanda Kiamat Menurut Berbagai Agama

Tanda Kiamat Menurut Agama Kristen

Dalam agama Kristen terdapat beberapa tanda-tanda datangnya kiamat yang diterangkan dalam Alkitab. Salah satunya adalah datangnya Yesus ke dunia untuk kedua kalinya menjadi tanda kiamat telah tiba. Yesus nantinya datang untuk menghakimi orang yang hidup dan mati di dunia. Hal tersebut tertulis dalam Matius 24:15-22 dan Lukas 21:20-33.

Berikut ini adalah tanda-tanda kiamat dengan beberapa ayat yang tertulis di dalam Alkitab.

1. Terjadi perang di mana-mana (Matius 24:6)

2. Ketakutan dan kecemasan di mana-mana (Lukas 21:25-26).

3. Datangnya mesias palsu (Matius 24:5)

4. Munculnya AntiKristus (1 Yohanes 2:18)

5. Lahir dan munculnya nabi-nabi palsu (Matius 24:11)

6. Terjadinya bencana alam dan kelaparan di mana-mana (Lukas 21 : 11), 

7. lingkungan semakin hancur (Wahyu 11:18).

8. Kemajuan pengetahuan yang sangat pesat (Daniel 12:4)

9. Tumbuhnya ajaran-ajaran sesat (2 Timotius 4:3)

10. Seks bebas dan LGBT dimana-mana (Lukas 17:28, 30)

4 dari 5 halaman

Tanda Kiamat Menurut Berbagai Agama

Tanda Kiamat Menurut Agama Katolik

Sama halnya dengan agama Kristen, dalam agama Katolik tanda-tanda yang muncul sebelum kedatangan hari kiamat ditandai dengan munculnya banyak peperangan, kerusakan, kekerasan, penghianatan terhadap gereja dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah tanda-tanda kiamat utama dengan beberapa kutipan ayat yang tertulis di dalam Alkitab yang menerangkan tanda kiamat tersebut.

1. Bencana Alam dan Kelaparan

Bencana alam dan kelaparan di berbagai tempat, sesuai dengan Matius 24:7

“Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan. Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat. Akan tetapi semuanya itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru.”

2. Gerakan-gerakan Antikristus

Kemunculan gerakan-gerakan antikristus menjadi salah satu tanda akhir zaman. Seperti yang tercatat dalam 2 Tesalonika 2:1-4 yang berbunyi : 

“Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka , yang harus binasa, yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah.”

3. Munculnya Mesias Palsu

Hal ini sebagaimana tertulis dalam Matius 24 ayat 5:

“Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang. Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.”

4. Peperangan

Terjadi peperangan di mana-mana. Hal ini seperti tercatat dalam Matius 24:6 yang berbunyi:

“Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun berawas-awaslah jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya."

 

 

5 dari 5 halaman

Tanda Kiamat Menurut Berbagai Agama

Tanda Kiamat Menurut Agama Buddha

Di agama Buddha, kiamat merupakan suatu rangkaian proses yang panjang, yang berhubungan dengan berbagai fenomena yang tidak stabil, tidak kekal, dan berubah dari waktu ke waktu. Menurut Buddha-Dhamma tanda-tanda datangnya kiamat ditandai dengan munculnya lima macam kemerosotan atau kasaya :

1. Kemerosotan pandangan atau ditthi-sakaya : dimana aneka ragam gagasan dan pandangan terbalik muncul di seluruh pelosok dunia dan menjadi dominan di dalam benak manusia.

2. Kemerosotan hawa-nafsu atau kilesa-kasaya : dimana manusia hanya mengejar kesenangan dengan menghalalkan segala cara. Segala jenis kejahatan merajalela dan perbuatan tercela dianggapnya sebagai norma-norma. Orang-orang yang melakukan kejahatan bahkan disanjung sebagai pahlawan dan dihormati di masyarakat.

3. Kemerosotan kondisi manusia atau sattva-kasaya : dimana mayoritas manusia tidak mendapatkan kepuasan batin dan kebahagiaan dalam kehidupan. Saat itu, fisik dan mental manusia jauh lebih inferior daripada saat kita hidup sekarang ini.

4. Kemerosotan jangka kehidupan manusia atau ayus-kasaya : dimana jangka kehidupan rata-rata manusia secara makro menurun hingga ke titik kritis.

5. Kemerosotan zaman-dunia atau kalpa-kasaya : dimana terjadi banyak peperangan, bencana-alam, wabah-penyakit, gagal-panen, dan kelaparan melanda dunia. Saat mengalami ini, lingkungan hidup  semakin memburuk.

 

Tanda Kiamat Menurut Agama Hindu

Dalam agama Hindu terdapat istilah Maha Pralaya sebagai hari kiamat, yang mana hal ini berkaitan erat dengan evolusi umur bumi yang disebut Yuga. Kosmologi Hindu, Mengatakan alam Semesta dibagun dari lima unsur yang disebut panca maha butha, yaitu: Pertiwi (zat padat), Apah (zat cair), Teja (plasma, api), Bayu (zat gas, udara), Akasa (ether). Brahman menciptakan alam semesta melalui tapa, saat dan setelah alam semesta tercipta, Brahman menyatu kedalam cintaanNya.

Dunia yang diciptakan pada saat penciptaan (srsti) bersifat kekal abadi karena diciptakan dari-Nya sendiri. Ajaran ini menunjukkan bahwa alam diciptakan dan akan kembali kepadaNya. Dan saat itu terjadi maka terjadilah Maha Pralaya (Kiamat) yaitu kondisi dunia tersedot atau mengalami kontraksi bersatu dengan Ida Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan) dan bumi pun dihilangkan. Serta tidak ada yang namanya surga dan neraka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat