uefau17.com

Bukan Merayap, Ular Ini Lompat dan Terbang dari Atap Setinggi 5 Meter - Hot

, Jakarta Ular memang sering ditemukan di tempat yang tersembunyi. Diibaratkan seperti tikus, ular bisa mencari jalan dan celah sempit untuk mencari tempat yang aman. Tubuhnya yang panjang memungkinkan ular untuk bisa merayap bahkan bersembunyi di tempat yang tak bisa dijangkau manusia sekalipun. 

Dikenal sebagai reptil merayap, sebuah video yang tengah viral sukses menghebohkan netizen. Siapa sangka, tak hanya merayap, ular bisa melompat dari atap hingga ke jalan. Bahkan tingginya kurang lebih sekitar 5 meter layaknya atap rumah pada umumnya. Rekaman ular pohon hijau ini membuktikan kemampuan unik lain dari ular. 

Melansir dari Msn.com aksi ular melompat dari atap itu terjadi di sebuah rumah di Pathum Thani, Thailand. Kejadian unik ini direkam pada 24 Januari 2023 lalu.

Kemampuan ular melompat dari atas atap menuju jalanan ini terlihat sempurna. Tak seperti tupai atau kucing yang punya kaki yang seimbang, ular justru mendaratkan seluruh tubuhnya berbenturan dengan aspal. Berikut merangkum keunikan ular bisa melompat ini melansir dari berbagai sumber, Jumat (27/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ular Bisa Melompat dan “Terbang”

Siapa sangka, para ahli mengungkapkan kemampuan unik ular memang bisa melompat. Bahkan ada juga jenis ular yang bisa dalam tanda kutip terbang hingga 100 meter. Ular yang bisa “terbang” inilah merupakan jenis ular pohon dari genus Chrysopelea. Tubuhnya ramping, tak seperti ular berukuran besar layaknya piton. 

Ukuran tubuhnya yang mungill tapi panjang inilah yang membuat ular hijau yang punya habitat di pohon ini bisa “terbang”. Bahkan di alam liar, ular jenis ini bisa menyeberang dari satu pohon ke pohon lain untuk berburu hingga mencari tempat aman. 

Ular Chrysopelea termasuk dalam kategori berbisa ringan, meskipun racunnya hanya berbahaya bagi mangsa kecilnya. Ular ini tersebar di Asia Tenggara, Cina paling selatan, India, dan Sri Lanka. 

Seorang peneliti bernama Isaac Yeaton dari Virginia Tech mengungkap fakta unik ular terbang. Tubuh ular akan terlihat merayap saat terbang layaknya merayap di tanah. Sama halnya seperti ular meliuk-liuk saat berenang. Sama halnya dalam video ular yang meloncat dan terbang dari atap setinggi lima meter tersebut. 

 

3 dari 3 halaman

Ular Terbang Tahan Benturan

Dalam video yang tengah viral menunjukkan ular hijau “aneh” itu bisa melompat dari atas atap. Diduga ular hijau yang panjangnya lebih dari satu meter itu merasa tertekan. Hingga akhirnya ular memilih melompat dari atas atap.

Kendati melihat ada pohon besar di depannya, ular tersebut tak bisa sampai. Alhasil tubuh ular yang melompat itu jatuh ke tanah dan akhirnya membentur cor beton. Tak disangka, meski tubuh ular berbenturan keras sampai menimbulkan suara, ular tetap bisa selamat dan menuju semak-semak yang aman.

Menurut para ahli, ular hijau pohon ini juga mengandalkan kemampuannya melompat dan terbang untuk mencari mangsa. Ular biasanya melompat untuk menerkam mangsa meski berada jauh dari jangkauan tubuhnya.

Video berdurasi 3 detik itu seketika membuat kaget netizen dan warga sekitar yang awam tentang ular. Ular yang biasanya merayap ternyata juga bisa melompat dan terbang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat