uefau17.com

Cara Membuat Avatar di WhatsApp, Bisa Jadi Foto Profil dan Sticker - Hot

, Jakarta Avatar memang bukan merupakan hal yang baru di media sosial. Bahkan belakangan ini viral di media sosial mengenai avatar AI, yakni avatar yang dibuat dengan Artificial Intelligence berdasarkan foto seseorang.

Sekarang, WhatsApp (WA) memiliki fitur baru yang memungkinkan penggunanya untuk membuat avatar. Dilansir dari situs resmi WhatsApp, avatar adalah versi digital dari diri kita sebagai pengguna WA. Avatar ini dapat dibuat dari miliaran kombinasi berbagai gaya rambut, fitur wajah, dan pakaian.

Di WhatsApp, kamu bisa menggunakan avatar sebagai foto profil. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan avatar WA sebagai sticker yang dapat mewakili ekspresi dan perasaan.

Mengirimkan avatar sebagai sticker adalah cara yang menyenangkan untuk berbagi perasaan dengan teman dan keluarga. Ini juga bisa menjadi cara yang bagus untuk mewakili diri sendiri tanpa menggunakan foto asli sehingga terasa lebih pribadi.

Fitur avatar di WA ini sebenarnya sudah ada sejak 7 Desember 2022. Lalu bagaimana cara membuatnya? Berikut adalah cara membuat avatar di WA, seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (13/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Avatar di WA

Avatar adalah gambar yang mewakili Anda dalam game online, ruang obrolan, dll. Cara membuat avatar di WA sebenarnya cukup sederhana. Kamu hanya cukup mengkombinasikan beberapa pilihan gaya rambut, warna kulit, pakaian, dan banyak fitur lainnya yang sesuai dengan kepribadian kamu. Adapun cara membuat avatar di WA adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi WA di ponsel kamu. Pastikan kamu aplikasi WA sudah diperbaharui di versi yang terbaru.

2. Ketuk tiga titik di kanan atas. Lalu pilih Settings/Setelan.

3. Ketuk Avatar, lalu ketuk Create Your Avatar/Buat Avatar Anda.

4. Ketuk Start/Mulai

5. Atur avatar kamu dengan memilih berbagai fitur yang tersedia, mulai dari warna kulit, gaya rambut, gaya berpakaian, bentuk mata, alis, dan sebagainya. Kalau sudah selesai mengatur avatar, ketuk Done/Selesai.

 

Cara Menggunakan Avatar sebagai Foto Profil

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, avatar di WA dapat digunakan sebagai foto profil. Untuk menjadikan avatar sebagai foto profil caranya adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi WA di ponsel kamu. Pastikan kamu aplikasi WA sudah diperbaharui di versi yang terbaru.

2. Ketuk tiga titik di kanan atas. Lalu pilih Settings/Setelan.

3. Ketuk foto profil Anda.

4. Ketuk ikon bentuk pensil.

5. Ketuk Gunakan Avatar.

Pengaturan privasi foto profil kamu saat ini akan berlaku untuk foto profil avatar baru Anda. Agar avatar yang kamu gunakan sebagai foto profil dapat dilihat semua orang, atur ulang privasi.

3 dari 4 halaman

Cara Mengedit Avatar di WA

Seandainya saja kamu tidak cukup puasa dengan avatar yang telah kamu buat semula, kamu juga bisa mengedit avatar kamu di WA. Cara mengedit avatar di WA adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi WA di ponsel kamu. Pastikan kamu aplikasi WA sudah diperbaharui di versi yang terbaru.

2. Ketuk tiga titik di kanan atas. Lalu pilih Settings/Setelan.

3. Ketuk Avatar, lalu ketuk ikon gambar pensil.

4. Pilih bagian-bagian yang ingin kamu ubah. Setelah selesai melakukan perubahan, ketuk Done/Selesai.

5. Avatar telah selesai diedit.

Cara Menggunakan Avatar sebagai Stiker di WA

Tidak hanya dapat digunakan sebagai foto profil, avatar yang telah selesai dibuat di WA dapat dikirimkan sebagai sticker. Adapun cara mengirimkan avatar sebagai sticker adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi WhatsApp kamu.

2. Pilih kepada siapa kamu ingin mengirimkan avatar sebagai sticker.

3. setelah masuk chat window, ketuk kolom ketik pesan.

4. Ketuk ikon emoji, lalu ketuk Avatar yang ingin kamu kirimkan.

Saat kamu mengirimkan avatar sebagai sticker ke pengguna lain, mereka dapat bereaksi dengan emoji, membalas, atau meneruskan pesan ke orang lain.

4 dari 4 halaman

Pengembangan Avatar WhatsApp

Saat ini, fitur avatar di WA masih terus dikembangkan sehingga avatar tidak hanya sebatas digunakan sebagai foto profil dan sticker saja. Sekarang Meta tengah melakukan pengembangan agar pengguna WA dapat menggunakan avatar saat video call di WhatsApp dan Messenger.

Jadi, alih-alih menampilkan wajah kamu sendiri, avatar ini nantinya dapat ditampilkan ketika kamu sedang melakukan video call dengan orang lain.

Diperkirakan, Meta akan mulai meluncurkan fitur Avatar ke Reels, WhatsApp, Messenger ini pada tahun depan. Selain itu, perusahaan juga kembali mengungkap komitmen mereka dalam pengembangan teknologi dan fitur di metaverse.

Jika pengembangan ini selesai, kita bisa melakukan video call tanpa harus menunjukkan wajah kita sendiri jika memang tidak ingin. Namun kita bisa menunjukkan wajah kita versi avatar yang telah kita buat di WA.

Meta pertama kali memperkenalkan avatar 3D ke Instagram Stories dan DM pada awal tahun 2022 lalu, untuk beberapa pengguna di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Meta juga memperbarui tampilan avatar di Facebook dan Messenger.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat