uefau17.com

23 Manfaat Buah Pace untuk Kesehatan dan Kecantikan, Atasi Kolesterol hingga Jerawat - Hot

, Jakarta Manfaat buah pace memang sudah tidak diragukan lagi. Buah yang juga dikenal dengan sebutan mengkudu, kura, dan noni ini sering digunakan sebagai obat berbagai jenis penyakit.

Ini karena buah pace mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat buah pace ini karena adanya berbagai jenis senyawa seperti xeronine, plant sterosis, alizarin, lycine, sosium, caprylic acis, arginine, proxeronine, antra quininers, trace elements, phenylalanine, magnesium, dan sebagainya.

Selain itu, manfaat buah pace juga bisa dirasakan karena adanya kandungan vitamin A, vitamin C, kalsium, natrium, kalium, protein, dan sebagainya.

Maka tidak mengherankan jika manfaat buah pace sangat dipercaya untuk menjaga kesehatan bahkan sering dimanfaatkan sebagai obat berbagai penyakit. Selain itu, manfaat buah pace juga dipercaya dapat digunakan untuk kecantikan. Lalu apa saja manfaat buah pace? berikut sederet manfaat buah pace untuk kesehatan dan kecantikan, seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (25/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Meredakan Gejala Asam Urat

Manfaat buah pace salah satunya adalah dapat meredakan gejala asam urat. Buah yang memiliki sebutan Morinda Citrifolia ini memiliki efek terapeutik yang luas. Salah satunya adalah untuk menyembuhkan asam urat. Efektivitas mengkudu dalam menyembuhkan penyakit tersebut disebabkan oleh tindakan penghambatannya pada enzim xanthine oxidase yang terlibat dalam asam urat dan masalah yang terkait. Penelitian ilmiah yang dilakukan pada tahun 2009 juga mendukung efek kuratif dari mengkudu yang telah dipraktikkan selama ribuan tahun.

2. Meningkatkan Fungsi Memori

Manfaat buah pace berikutnya adalah dapat meningkatkan fungsi memori. Buah pace dapat memberikan efek perlindungan dalam menyembuhkan masalah gangguan memori. Studi penelitian yang dilakukan pada subjek dengan fungsi memori yang lemah menunjukkan bahwa konsumsi mengkudu mendorong aliran darah ke otak dan membantu meningkatkan fungsi memori.

3. Mengontrol Diabetes

Manfaat buah pace yang sudah cukup dikenal adalah dapat mengontrol diabetes. Penderita diabetes juga dapat mengambil manfaat dari kekuatan penyembuhan ekstrak mengkudu atau Morinda citrifolia ini. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian, yang telah menunjukkan efektivitas mengkudu sebagai ramuan obat untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2. Bukti ilmiah telah menunjukkan bahwa konsumsi mengkudu membantu mengurangi tingkat hemoglobin glikosilasi, trigliserida serum, dan kolesterol lipoprotein densitas rendah dalam tubuh. Selain itu, manfaat buah pace juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan merangsang penyerapan glukosa.

4. Mengobati Masalah Lambung

Manfaat buah pace yang selanjutnya adalah untuk mengobati masalah lambung. Buah pace dapat membantu dalam proses pengosongan lambung di mana makanan keluar dari lambung dan masuk ke duodenum. Hasil penelitian yang dilakukan pada buah pace mengungkapkan bahwa fitonutrien yang ada dalam mengkudu menunda pengosongan lambung yang memperlambat pencernaan yang mengakibatkan pelepasan gula yang lambat dalam aliran darah. Buah mengkudu juga dapat merangsang pelepasan enzim pencernaan, cholecystokinin tanpa mengubah volume urin, feses, dan transit usus.

3 dari 7 halaman

5. Mencegah Kanker

Selain itu, manfaat buah pace adalah dapat mencegah kanker. Dengan kandungan berbagai macam antioksidan, buah mengkudu mampu mengatasi risiko terjadinya kanker. Selain itu, buah mengkudu diketahui telah menunjukkan sifat-sifat yang merangsang kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor.

6. Menurunkan Kolesterol

Manfaat buah pace juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ini ditunjukkan oleh hasil penelitian yang diterbitkan dalam "The Scientific World Journal" edisi 2012. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa minum 29 hingga 188 mililiter jus mengkudu secara signifikan mengurangi kolesterol total dan meningkatkan kadar lipoprotein densitas tinggi, bentuk kolesterol yang baik. Mengkudu juga mengurangi lipoprotein densitas rendah, suatu bentuk kolesterol buruk.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

manfaat buah pace berikutnya adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sejak dulu, buah mengkudu telah dinilai efektifitasnya dalam melawan infeksi dan penyakit lain yang disebabkan oleh polisakarida. Komponen bermanfaat ini merangsang aktivitas sel darah putih yang memainkan peran penting dalam memberikan efek perlindungan tersebut. Scopoletin hadir dalam buah mengkudu memiliki sifat anti-bakteri, antimutagenik, anti-inflamasi, antijamur, dan anti-histamin yang secara signifikan berkontribusi untuk mempertahankan mekanisme pertahanan kekebalan tubuh.

8. Mempercepat Proses Penyembuhan

Manfaat buah pace juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Sebuah penelitian yang mengevaluasi sifat penyembuhan luka buah pace telah mengungkapkan hasil positif untuk peningkatan berat jaringan granulasi, fungsi kolagen, hidroksiprolin, dan kandungan protein. Seperti yang telah disebutkan, mengkudu membantu dalam mengurangi kadar gula darah dalam tubuh yang juga dapat dikorelasikan dengan proses penyembuhan luka yang dipercepat.

4 dari 7 halaman

9. Antioksidan

Manfaat buah pace lainnya adalah sebagai agen antioksidan. Sebuah penelitian telah mengkonfirmasi bahwa buah pace memiliki potensi anti-oksidatif yang luar biasa. Buah ini mencari radikal bebas oksigen dan menetralkan efek negatifnya. Penelitian yang dilakukan pada pasien dengan kebiasaan merokok berat membuat mereka rentan terhadap banyak penyakit. Mereka dianjurkan mengonsumsi mengkudu untuk mendapat efek perlindungan dari potensi radikal dalam tubuh dan memberikan perlindungan dari penyakit yang disebabkan oleh stres oksidatif.

10. Anti-psikotik

Manfaat buah pace yang berikutnya adalah sebagai anti-psikotik. Buah ini secara historis digunakan untuk mengurangi keparahan berbagai penyakit termasuk gangguan yang berkaitan dengan sistem saraf pusat. Studi yang menyelidiki efek antipsikotik dari buah ini telah menunjukkan peningkatan yang signifikan pada subjek terutama mengenai masalah perilaku mereka dan telah menunjukkan potensi besar untuk digunakan dalam menyembuhkan gangguan mental. Selain itu, buah mengkudu juga diketahui memiliki efek terapeutik pada kerusakan otak yang disebabkan oleh kekuatan penyembuhan komponen kimia alami. Ini dapat membantu dalam mencegah stres iskemik serebral tanpa mempengaruhi kemanjuran enzim yang baik dan antioksidan yang berfungsi dalam tubuh.

11. Meredakan Nyeri Arthritis

Manfaat buah pace yang selanjutnya adalah dapat membantu meredakan nyeri arthritis. Kekuatan penyembuhan buah cukup ampuh dalam kondisi peradangan seperti radang sendi. Evaluasi ilmiah telah memberikan bukti kualitatif mengenai sifat analgesik buah mengkudu yang membantu dalam mengurangi rasa sakit dan sensitivitas sehingga, mengurangi kerusakan sendi yang terlibat dalam kondisi nyeri arthritis. Studi juga telah menunjukkan bahwa khasiat penyembuhan mengkudu setara dengan beberapa obat analgesik yang tersedia secara komersial.

12. Menghilangkan Kelelahan

Manfaat buah pace juga dapat membantu menghilangkan rasa lelah. Buah pace adalah obat yang sudah lama digunakan secara tradisional oleh orang polinesia untuk memerangi kelemahan tubuh secara umum dan meningkatkan kualitas hidup serta meningkatkan energi. Berbagai penelitian telah menunjukkan kualitas ergogenik jus buah mengkudu yang membantu meningkatkan toleransi, elastisitas, dan kinerja fisik tubuh secara keseluruhan.

5 dari 7 halaman

13. Melindungi Organ Hati

Manfaat buah pace yang berikutnya adalah untuk membantu melindungi organ hati. Buah mengkudu juga dikenal efektif dalam melindungi penyakit hati. Seperti yang didukung oleh penelitian, buah mengkudu melatih efek hepato-protektif pada hati yang membantu melindungi organ dari paparan bahan kimia eksogen kronis dan bertahan melawan penyakit utama seperti kerusakan hati.

14. Mengurangi Kejang Otot

Manfaat buah pace juga dapat membantu mengurangi kejang otot. Konsumsi buah mengkudu dapat membantu menciptakan efek relaksasi pada otot. Studi penelitian telah mengungkapkan sifat antispasmodik buah mengkudu yang mungkin disebabkan oleh blokade saluran kalsium yang bergantung pada tegangan dan sekresi kandungan kalsium intraseluler dalam tubuh. Hal ini membantu dalam menekan kejang otot dan menenangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait dengan kejang tersebut.

15. Melindungi Kesehatan Jantung

Manfaat buah pace yang selanjutnya adalah untuk membantu melindungi kesehatan jantung. Buah pace terbukti bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Buah ini memberikan efek melebarkan pembuluh darah dengan menenangkan sel-sel otot polos di dalam dinding sel yang menghasilkan aliran darah yang lebih baik di arteri. Efek vasodilatasi dari buah mengkudu membantu mengatur tekanan darah dan membantu menjaga kesehatan jantung.

16. Mencegah Keriput

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, manfaat buah pace juga baik bagi kecantikan, seperti mencegah keriput. Sebuah studi ilmiah menyebutkan bahwa konsumsi ekstrak mengkudu dapat mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit yang ditandai dengan timbulnya keriput dari shalus.

Kandungan buah mengkudu yang dapat mencegah keriput adalah antrakuinon. Senyawa ini dapat memicu pembentukan kolagen, yang diperlukan untuk menjaga elastisitas kulit.

Vitamin C dan phytochemical yang terkandung dalam buah mengkudu akan bekerja sebagai antioksidan, penangkal radikal bebas yang menjadikan kulit kehilangan keremajaan. Selain itu buah mengkudu juga mengandung selenium yang berfungsi untuk mempertahankan elastisitas kulit dari dalam.

6 dari 7 halaman

17. Mengatasi Rambut Rontok

Ada berbagai faktor yang memicu rambut rontok, antara lain paparan polusi, faktor genetis, usia, gizi yang tidak seimbang, infeksi jamur dan bakteri di kulit kepala, atau efek samping dari bahan kimia dalam produk perawatan rambut.

Manfaat buah pace juga dapat mengatasi masalah rambut rontok. Ini karena buah pace mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu menjaga kelancaran sirkulasi darah dan nutrisi ke kulit kepala. Dengan begitu pertumbuhan rambut tidak akan terganggu dan kesehatan kulit kepala yang diperlukan untuk menahan akar rambut akan terjaga. Minum jus mengkudu secara teratur akan membuat kamu mendapatkan manfaat penuh dari mengkudu. Untuk perawatan rambut rontok dari luar, kamu juga bisa memakai daging buah mengkudu yang sudah dihaluskan untuk creambath.

18. Mengatasi Jerawat

Mengandung bahan anti-inflamasi, anti-bakteri, sekaligus anti-virus yang cukup kuat, manfaat buah pace bagi kecantikan juga dapat mengatasi jerawat. Selain itu mengkudu juga mengandung berbagai antioksidan, salah satunya vitamin C.

Antioksidan ini berfungsi melawan radikal bebas yang memicu kerusakan sel karena berbagai masalah kulit, salah satunya jerawat. Antioksidan dalam mengkudu akan melindungi kulit dari efek jerawat dan membantu memperbaiki kerusakan sel. Sementara sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, dan anti-virus dalam mengkudu akan mencegah peradangan dan infeksi lebih jauh. Ini dibutuhkan agar jerawat cepat kering, tidak berubah merah, bengkak, dan bernanah.

19. Mengatasi Ketombe

Manfaat buah pace juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah ketombe. Ini karena buah pace mengandung vitamin C dan berbagai antioksidan. Ketombe yang disebabkan oleh bakteri dan infeksi jamur bisa kamu atasi dengan mengkudu.

Selain itu sifat asam dalam mengkudu juga akan menyeimbangkan pH kulit kepala. pH yang seimbang ini diperlukan untuk menjaga ketahanan kulit dari serangan infeksi kuman dan bakteri. Kamu tinggal mengoleskan daging buah mengkudu yang sudah dihaluskan atau jus buah mengkudu di kulit kepala setiap kali keramas. Lakukan pijatan lembut di kulit kepala secara merata. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih.

20. Membantu Menjaga Sel Kulit

Manfaat buah pace bagi kecantikan berikutnya adalah membantu menjaga sel kulit. Kandungan asam lemak esensial dan zat proxeronine dalam mengkudu dapat melindungi dan memperbaiki sel yang rusak, termasuk sel kulit.

Tak hanya itu, vitamin C serta antioksidan yang terkandung di dalam mengkudu juga dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas yang berasal dari makanan dan polusi udara.

7 dari 7 halaman

21. Mengatasi Peradangan di Kulit

Manfaat buah mengkudu juga dapat mengatasi peradangan di kulit. Ini karena buah pace memiliki sifat anti-inflamasi. Sifat itulah yang membuat mengkudu bisa dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan pada kulit, entah itu karena jerawat, sengatan sinar matahari yang berlebihan, psoriasis, atau alergi.

Antihistamin dalam mengkudu juga bisa membantu menghentikan peradangan ini. Oleskan daging buah mengkudu yang sudah dihaluskan atau air perasan buah mengkudu di kulit yang mengalami masalah. Diamkan selama kurang lebih 10 menit kemudian dibilas.

22. Obat Penyakit Kulit

Mengkudu memiliki efek antibakteri dan antiradang, maka tidak mengherankan jika manfaat buah pace juga bisa digunakan sebagai obat berbagai macam penyakit kulit seperti eksim, luka bakar derajat ringan, ruam kemerahan karena alergi, dan infeksi jamur.  

Perlu diingat bahwa dalam kondisi ini, mengkudu hanya berperan sebagai penyokong dari obat-obatan yang diberikan, bukan sebagai terapi utama.

23. Mengatasi Kutu Rambut

Jus buah mengkudu telah digunakan sejak zaman dahulu sebagai pengobatan kutu. Gigitan kutu yang sering memicu infeksi pada kulit kepala bisa diatasi dengan mengkudu. Selain itu sifat antibakteri dan antivirus pada mengkudu juga dapat memerangi infeksi dengan memaksa kutu untuk menjauh. Keramas dengan jus mengkudu secara teratur akan menyingkirkan kutu berikut larva kutu sekaligus menyembuhkan infeksi yang disebabkan gigitannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat