uefau17.com

10 Daya Tarik Wisata Indonesia yang Terkenal, Favorit Wisatawan Mancanegara - Hot

, Jakarta Daya tarik wisata Indonesia memang tidak ada habisnya, dikenal sebagai salah satu negara dengan banyak daya tarik wisata. Indonesia menjadi salah satu negara favorit pada wisatawan mancanegara. Kepulauan Indonesia adalah kumpulan pulau yang menyimpan harta karun yang tak terhitung dalam keanekaragaman budaya, lanskap, dan kota.  

Dengan lebih dari 17.000 pulau, daya tarik wisata Indonesia menawarkan petualangan dan atraksi untuk semua orang, mulai dari menjelajahi candi kuno dan mendaki gunung berapi aktif hingga menyelam di perairan yang sebagian besar belum tersentuh.

Anda dapat menjelajahi jalan-jalan Jakarta yang sibuk atau mengunjungi desa-desa terpencil di Tanah Toraja, menikmati kebahagiaan Bali atau menjelajahi langsung alam Anak Krakatau yang menantang. Apapun pilihan anda, daya tarik wisata yang ada di Indonesia akan memberi anda pengalaman yang tidak dapat anda temui di tempat lain.

Langsung saja, berikut ini rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (23/11/2022). Daftar daya tarik wisata di Indonesia yang terkenal di kalangan wisatawan mancanegara dan dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Daya Tarik Wisata Indonesia yang Terkenal

1. Pantai Bali

Daya tarik wisata Indonesia yang pertama adalah pantai-pantai di Bali. Bali memiliki sejumlah landmark budaya dan atraksi yang membuat kunjungan ke sini sangat berharga bagi para wisatawan. Bali adalah pulau pantai yang indah. 

Kuta adalah pantai yang paling terkenal, dan sangat bagus untuk mereka yang suka memadukan matahari, selancar, dan bersosialisasi. Karena popularitasnya, anda tidak akan menemukan kekurangan restoran dan aktivitas di sini. Jika anda sedang mencari sesuatu yang sedikit lebih tenang dan sepi, Nusa Dua dapat menjadi pilihan yang tepat.

 

2. Borobudur

Candi kuno ini adalah salah satu landmark paling terkenal dan penting secara budaya di Indonesia. Borobudur dibangun pada abad ke-8 dan dibangun dalam bentuk mandala Buddha tradisional. Borobudur adalah salah satu situs Warisan Dunia UNESCO dan dianggap sebagai salah satu situs Buddha terbesar di dunia.

Candi besar itu terlupakan selama berabad-abad. Tapi untungnya ditemukan kembali pada tahun 1800-an dan saat ini merupakan salah satu daya tarik utama di Jawa. Kunjungi saat matahari terbit untuk memanjat cahaya obor ke kuil dan untuk pengalaman menakjubkan menyaksikan kompleks bermandikan sinar matahari. 

3 dari 6 halaman

Daya Tarik Wisata Indonesia yang Terkenal

3. Kepulauan Gili

Kepulauan Gili adalah daya tarik wisata utama di Lombok, yang semakin populer di kalangan backpacker dan turis mancanegara. Pulau-pulau indah ini menawarkan pantai-pantai yang keindahannya tidak dapat ditemukan ditempat lain, serta kesempatan untuk menyelam dan bahkan snorkeling di penangkaran penyu.

Jika Anda mencari lebih banyak aksi kura-kura, anda dapat melihat penangkaran kura-kura tempat ratusan makhluk ini lahir setiap tahun. Kayak juga populer di Gili dan jika anda ingin berlibur ke pulau yang tenang. Kepulauan Gili memberikan alternatif yang lebih santai, dan tetap memberikan sensasi tidak terlupakan.

 

4. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo merupakan salah satu situs Warisan Dunia UNESCO, meliputi tiga pulau utama dan beberapa pulau kecil, serta kawasan laut di sekitarnya. Perairan di pulau-pulau ini termasuk yang terkaya dan paling beragam di dunia.

Komodo adalah tujuan utama wisatawan mengunjungi pulau ini, tetapi pengunjung juga dapat mendaki, snorkeling, bermain kano atau mengunjungi desa-desa kecil di pulau-pulau tersebut. Taman nasional ini juga memiliki Pantai Pink yang terkenal. 

4 dari 6 halaman

Daya Tarik Wisata Indonesia yang Terkenal

5. Gunung Bromo

Daya tarik wisata Indonesia yang berikutnya adalah Gunung Bromo. Indonesia berada di Ring of Fire, daerah dengan beberapa gunung berapi paling aktif di dunia. Gunung Bromo termasuk yang paling terkenal, sebagian besar berkat pemandangannya yang luar biasa, terutama jika dilihat berdiri di atas kaldera saat matahari terbit. 

Gunung Bromo merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang didalamnya juga termasuk Gunung Semeru, yang merupakan puncak tertinggi di Pulau Jawa. Taman ini adalah rumah bagi orang-orang Tengger, sebuah kelompok etnis terpencil yang memegang budaya nenek moyang mereka dari kerajaan Majapahit kuno.

 

6. Tana Toraja

Kunjungan ke Tana Toraja di Provinsi Sulawesi Selatan tidak hanya akan membuat anda merasa seperti melangkah jauh ke masa lalu, tetapi juga menawarkan kekayaan dan keragaman budaya Indonesia yang telah lama ada. Gaya arsitektur Tongkonan, rumah berbentuk perahu dan bangunan lainnya membuat surga alam ini begitu istimewa. 

Selain alamnya, daya tarik wisata lain disini adalah upacara kematian khas toraja. Upacara kematian Toraja adalah salah satu penghormatan dan perayaan. Pemakaman adalah upacara rumit yang melibatkan banyak makanan dan tarian tradisional, dan orang mati dimakamkan di kuburan yang dibangun di gua-gua sekitarnya.

5 dari 6 halaman

Daya Tarik Wisata Indonesia yang Terkenal

7. Danau Toba

Keajaiban alam Indonesia lainnya adalah Danau Toba. Danau yang berada di dalam kawah ini terbentuk antara 69.000 dan 77.000 tahun yang lalu dan diyakini merupakan hasil dari letusan dahsyat. Danau ini memiliki luas 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter.

Danau Toba adalah tempat tentang keindahan dan kekuatan dahsyat yang pernah terjadi di masa lampau. Di sini, anda bisa berenang, bermain ski air, bermain kano atau memancing, anda juga bisa tetap menjelajahi daerah sekitarnya dengan berjalan kaki atau bersepeda.

 

8. Raja Ampat

Tanah cantik berupa pulau-pulau subur berbentuk kerucut dengan latar perairan biru kehijauan adalah salah satu pemandangan paling spektakuler di Indonesia. Ratusan pulau dan pulau karang membentuk surga tropis ini, tetapi keindahannya juga terpancar di bawah permukaan.

Ikan berwarna-warni dan beragam biota laut tumbuh subur di perairan yang hangat dan jernih. Bahkan, terumbu karang di sini adalah salah satu yang paling beraneka ragam di seluruh dunia, menjadikan Raja Ampat tempat yang populer untuk menyelam di Indonesia.

6 dari 6 halaman

Daya Tarik Wisata Indonesia yang Terkenal

9. Gunung Rinjani

Daya tarik wisata Indonesia yang berikutnya adalah Gunung Rinjani. Gunung Rinjani adalah daya tarik wisata lain di Lombok. Dahulu letusannya yang membentuk kaldera pada akhir abad ke-13 diyakini sebagai salah satu yang paling dahsyat dalam sejarah manusia. Sebuah danau terletak di kaldera Rinjani, dan di dalam danau terdapat Gunung Baru.

Di Taman Nasional Rinjani, anda dapat melihat hewan seperti lutung hitam langka, kera ekor panjang, kakatua jambul belerang dan spesies eksotik lainnya. Trek berpemandu tersedia dan anda juga dapat berkemah semalaman di taman. Trek pendakian cukup berat, sehingga kondisi kesehatan fisik yang baik dan bersiaplah yang lengkap sangat disarankan.

 

10. Kalimantan

Sebagai salah satu tempat yang paling beragam secara ekologis di dunia, Kalimantan adalah rumah bagi orangutan, burung eksotis, badak sumatera, gajah kerdil dan berbagai makhluk lainnya. Di Kalimantan, anda dapat mengunjungi desa masyarakat adat Dayak dan mengamati pengaruh asing di pelabuhan dan kota di Kalimantan.

Anda juga dapat melakukan trekking di hutan hujan untuk dapat melihat beberapa satwa liar Kalimantan yang terkenal secara langsung. Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya adalah kawasan konservasi di Kalimantan Barat yang mencakup dua gunung tertinggi di Kalimantan dan mendukung satwa liar seperti orangutan, beruang madu, dan banyak spesies lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat