uefau17.com

Mengenal Sedekah Subuh, Tata Cara, dan Keutamaannya bagi Umat Islam - Hot

, Jakarta Sedekah Subuh merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Sedekah subuh memiliki banyak sekali manfaat untuk pemberi ataupun penerima sedekah. Seperti yang telah diketahui, sedekah dapat menyucikan harta dan jiwa.

Nabi Muhammad SAW bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam, “Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.” (HR Imam Baihaqi).

Tak hanya itu, anjuran untuk bersedekah juga diperintahkan oleh Allah SWT seperti termaktub dalam surat Al-Baqarah Ayat 261, yang artinya: "Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui."

Bersedekah tidak harus berpatokan di waktu-waktu tertentu, kamu bisa menebar kebaikan kapan saja dan di mana saja. Namun, salah satu waktu yang terbaik untuk bersedekah adalah di waktu subuh. Sedekah subuh memiliki keistimewaan yang sangat besar bagi umat Islam. Kamu tentunya dapat mengamalkannya secara rutin.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Kamis (10/11/2022) tentang sedekah subuh.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tata Cara Sedekah Subuh

Sedekah subuh bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Amalan sedekah subuh ini memang tidaklah sulit dilakukan. Berikut tata cara sedekah subuh yang bisa kamu praktikkan setiap hari secara rutin:

1. Setelah menunaikan sholat subuh di masjid, kamu bisa mengisi kotak amal yang tersedia. Berapa pun sedekah yang kamu berikan, akan sangat berarti dan memberi manfaat bagi orang-orang yang membutuhkan. 

2. Di waktu setelah sholat subuh, kamu bisa mengantarkan sumbangan berupa bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan secara langsung.

3. Memberikan makanan kepada tetangga, panti asuhan, atau pondok pesantren setelah melaksanakan sholat subuh. Waktunya sangat tepat karena untuk sarapan pagi.

4. Menabung koin di toples kecil setiap subuh kemudian jika dirasa sudah cukup banyak, kamu bisa menyalurkannya di saat subuh. Hal yang dipandang sepele seperti ini akan sangat besar artinya jika seorang muslim melakukannya secara ikhlas.

5. Mentransfer uang atau bersedekah secara online tepat pada setelah sholat subuh. Kamu bisa mentransfer dana kepada orang tua, sahabat yang membutuhkan, lembaga sosial, atau melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

3 dari 3 halaman

Keistimewaan Sedekah Subuh

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sedekah subuh memiliki keistimewaan yang sangat besar bagi seorang muslim. Keistimewaan sedekah subuh atau bersedekah di waktu subuh adalah malaikat yang turun ke bumi akan segera mendoakan orang yang bersedekah tersebut. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam bersabda:

"Setiap pagi, dua malaikat turun mendampingi seorang hamba. Yang satu mendoa: Wahai, Tuhan! Berikanlah ganti rugi bagi dermawan yang menyedekahkan hartanya. Dan Malaikat yang satu lagi berkata: `Ya Allah, musnahkanlah harta orang-orang yang bakhil." (HR Bukhori & Muslim).

Dalam hadis tersebut dijelaskan bahwa setiap subuh akan ada malaikat yang mendoakan agar rezeki kamu terus mengalir dan lancar. Namun malaikat yang satunya lagi mendoakan agar kamu miskin sebab karena enggan untuk bersedekah.

Selain itu, ketika kamu berniat dan sungguh-sungguh dalam meminta, Allah SWT pasti akan mengabulkannya. Niatkan dengan khusyuk ketika kamu ingin melaksanakan sedekah subuh, misalnya sebagai berikut:

“Ya Allah..dengan sedekah ini, aku ingin terbebas dari hutang dan dilancarkan rezekiku.”

Sedekah subuh ini berbeda dengan waktu lainnya. Hal ini karena saat kamu sedang bersedekah untuk mendapatkan ridho-Nya, sebagian orang masih terlelap. Pada saat sedekah subuh, malaikat langsung menyampaikan doa kamu kepada Allah SWT.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat