uefau17.com

Anomali adalah Penyimpangan dari yang Sudah Ada, Pahami Contohnya - Hot

, Jakarta Anomali adalah istilah yang mungkin masih asing bagi sebagian orang. Kata ini memang cukup jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Anomali merupakan istilah yang merujuk pada sesuatu yang tidak umum atau suatu yang berbeda dari kondisi umum.

Anomali adalah istilah yang dipakai untuk menjelaskan keadaan yang tidak biasa, tidak normal, atau menyimpang. Anomali digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang aneh, ganjil, dan menyimpang dari suatu hal yang umum terjadi.

Anomali memiliki dua dimensi, yaitu dimensi fisik dan perilaku. Dimensi fisik adalah suatu keadaan yang dinilai menyimpang atau penyimpangan bisa dilihat secara fisik, yakni berkaitan dengan tubuh manusia. Sementara itu, dimensi perilaku yakni anomali dipandang dari ilmu Psikologi, Sosiologi, ataupun ekonomi.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Kamis (3/11/2022) tentang anomali.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anomali adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), anomali adalah tidak seperti yang pernah ada. Anomali adalah penyimpangan dari yang sudah ada. Kata anomali adalah istilah yang kerap digunakan untuk menjelaskan suatu keadaan yang aneh, tidak normal, ataupun tidak biasa.

Pengertian anomali ini juga perlu kamu lihat dari berbagai bidang lainnya. Dalam linguistik, anomali adalah penyimpangan atau kelainan baik itu dipandang dari sudut konvensi gramatikal atau semantis suatu bahasa. Sementara itu, dalam eknik, anomali adalah penyimpangan dari keseragaman sifat fisik serta sering menjadi perhatian eksplorasi.

Pengertian anomali adalah suatu keganjilan, keanehan atau penyimpangan dari keadaan biasa/normal yang berbeda dari kondisi umum dalam suatu lingkungan. Jadi, pada kesimpulannya anomali adalah istilah yang menjelaskan suatu keadaan yang tidak biasa, penyimpangan, keanehan, ketidaknormalan. Tidak heran istilah ini kerap dipakai dalam berbagai situasi, baik untuk menjelaskan suatu keadaan ilmiah, perilaku, cuaca, dan lain sebagainya.

Menurut C.P. Chaplin, anomali adalah suatu penyimpangan secara individu maupun sosial. Contoh anomali misalnya saja dilihat dalam bidang ekonomi, yaitu menjelaskan suatu harga yang dinilai menyimpang dari harga normal. Jadi, anomali sebenarnya tidak jauh dari kehidupan sehari-hari tiap orang. Kamu tentunya perlu memahami istilah ini.

3 dari 4 halaman

Contoh Penggunaan Anomali dalam Berbagai Bidang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, anomali adalah istilah yang digunakan dalam berbagai bidang. Berikut beberapa contoh penggunaan anomali dalam berbagai bidang:

Anomali Data

Contoh penggunaan anomali yang pertama yaitu di bidang teknologi atau komputer. Anomali ini berkaitan dengan data. Anomali data adalah data-data yang menyimpang yang tidak diharapkan yang timbul dari proses-proses tertentu.

Anomali Air

Contoh penggunaan anomali berikutnya yaitu terkiat dengan air. Anomali air adalah ketidakteraturan air dalam proses menyusut dan memuai, yaitu jika air dipanaskan sampai diatas suhu 4 derajat Celcius maka air akan memuai, tetapi air justru menyusut jika di panaskan diantara 0 derajat Celcius sampai dengan 4 derajat Celcius.

Anomali Pasar

Anomali pasar adalah anomali yang tentunya digunakan dalam bidang ekonomi. Anomali pasar adalah suatu fenomena di pasar yang terdapat hal-hal yang tidak seharusnya atau terdapat suatu keadaan yang menyimpang dari hipotesis pasar yang efisien. Beberapa contoh anomali pasar yaitu Firm Anomalies (Anomali Perusahaan), Seasonal Anomalies (Anomali Musiman), Event Anomalies (Anomali Peristiwa atau Kejadian), dan Accounting Anomalies (Anomali Akuntansi).

Anomali Cuaca

Anomali cuaca adalah kondisi tidak teraturnya cuaca yang menyimpang dari keadaan normalnya secara rata-rata. Pendek kata, arti anomali cuaca adalah fenomena cuaca yang tidak seperti biasanya. Contoh anomali cuaca yaitu badai salju yang menghantam Amerika Selatan.

Anomali dalam Dunia Kedokteran

Dalam dunia kedokteran, digunakan berbagai kata yang menggunakan istilah anomali ini, di antaranya:

- Anomali penyisipan. Anomali penyisipan adalah eror atau kesalahan yang terjadi sebagai akibat operasi menyisipkan record pada sebuah relasi.

- Anomali penghapusan. Anomali penghapusan adalah eror atau kesalahan yang terjadi sebagai akibat operasi penghapusan terhadap record dari sebuah relasi.

- Anomali Peremajaan. Anomali peremajaan adalah eror atau kesalahan yang terjadi sebagai akibat operasi perubahan record dari sebuah relasi.

4 dari 4 halaman

Anomali adalah Lawan Kata dari Normal

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, anomali adalah adalah tidak seperti yang pernah ada. Anomali adalah penyimpangan dari yang sudah ada. Sementara itu, lawan kata dari anomali adalah normal. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), normal adalah menurut aturan atau menurut pola yang umum. Normal adalah sesuai dan tidak menyimpang dari suatu norma atau kaidah.

Normal adalah lawan dari anomali, di mana normal artinya sesuai dengan keadaan yang biasa. Hal ini tentunya sangat bertolak belakang dengan istilah anomali ini. Anomali memiliki makna tidak menurut atauran dan tidak menurut pola yang umum. Anomali artinya adalah tidak biasa ada, atau menyimpang dari sesuatu yang sudah ada.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat