uefau17.com

18 Manfaat Sedekah Dalam Islam Berdasarkan Al Quran dan Hadist - Hot

, Jakarta Manfaat sedekah dalam Islam dijelaskan dalam Al Quran dan Hadist, sedekah menjadi salah satu amalan yang disukai oleh Allah SWT. Sedekah sendiri adalah perbuatan memberi kepada orang lain secara cuma-cuma tanpa melihat jumlah atau waktu yang telah dikeluarkan.

Terdapat banyak manfaat sedekah yang bisa didapat oleh seorag muslim yang mengamalkannya. Tidak hanya mendapatkan banyak pahala, sedekah juga dapat mendatangkan keberkahan dari Allah SWT. Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Peringatan itu mengingatkan kita akan pentingnya memberi.

Jika kita termasuk orang yang mampu, kita perlu melakukan amalan sedekah. Memberikan sebagian harta kita kepada orang yang benar-benar membutuhkannya. Dan anda tidak perlu khawatir, karena sedekah tidak akan membuat anda kekurangan, hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan menambah wibawa kepada Allah”. (HR.Muslim)

Banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan amalan sedekah, berikut ini rangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/10/2022). Tentang manfaat sedekah dalam Islam berdasarkan Al Quran dan hadist.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Sedekah Dalam Islam

1. Sedekah menyembuhkan penyakit dan mencegah kematian

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Obatilah orang sakitmu dengan sedekah.” (Shahih al-Jami).

Adalah baik untuk bersedekah ketika orang yang dicintai jatuh sakit untuk membantu menyembuhkan penyakit dan mencegah nasib buruk. Nabi Muhammad SAW juga mengatakan bahwa

“Sedekah meredakan kemarahan Tuhan dan mencegah kematian yang jahat.” (Tirmidzi)

 

2. Sedekah memudahkan kesulitan dan menghilangkan bencana

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Bersedekahlah segera, karena itu menghalangi bencana.” (Tirmidzi)

Sebagai Muslim, kami percaya bahwa Allah SWT telah menciptakan kehidupan ini sebagai ujian iman dan kesetiaan kami melalui kesulitan. Memberi sedekah selama masa sulit menunjukkan iman yang kuat dan rasa syukur kepada Allah SWT. Hanya rahmat Allah SWT yang tak terbatas yang dapat mengubah situasi dan bersedekah adalah cara untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

 

3. Sedekah adalah investasi di dunia dan akhirat

Pengembalian investasi bukanlah sesuatu yang biasanya anda kaitkan dengan sumbangan amal. Meskipun demikian, Allah SWT berjanji kepada kita bahwa Dia akan meningkatkan kekayaan, rezeki dan membawa kita sukses dalam hidup ini dan di akhirat ketika kita bersedekah.

“Sesungguhnya laki-laki yang mengamalkan zakat dan para wanita yang mengamalkan zakat dan [mereka yang] telah meminjamkan Allah pinjaman yang baik - itu akan dilipat gandakan untuk mereka, dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.” (Al Hadist 57:18)

 

4. Sedekah menebus dosa kita

Nabi (saw) berkata: "Sedekah memadamkan dosa seperti air memadamkan api." (Ibn Majah)

Pada hari kiamat, setiap orang akan dimintai pertanggungjawaban atas dosa-dosanya, baik yang besar maupun yang kecil. Memberi sedekah secara teratur adalah cara sederhana untuk membantu menebus dosa yang telah kita lakukan secara sadar dan tidak sadar. 

 

3 dari 5 halaman

Manfaat Sedekah Dalam Islam

5. Sedekah membuka pintu surga

Hanya orang-orang mukmin yang dermawan dan bersedekah di jalan Allah, kepada orang tua, anak yatim, janda, orang sakit dan yang membutuhkan yang akan diizinkan masuk melalui Baab As-Sadaqah, salah satu dari 8 pintu menuju Jannah.

“Tetapi orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya akan digiring ke surga secara berombongan sampai mereka mencapainya, sedangkan pintu-pintunya telah dibuka dan pemeliharanya berkata, “Assalamu'alaikum; kamu telah menjadi murni; maka masuklah ke dalamnya untuk kekal di dalamnya.” (QS 39:73)

 

6. Sedekah memberikan naungan di hari kiamat

Pada Hari Penghakiman, matahari yang membakar akan berada tepat di atas kepala kita dan semua orang akan ingin duduk di bawah naungan Allah SWT. Orang yang bersedekah tersembunyi adalah salah satu dari tujuh orang yang akan diberi naungan.

Nabi Muhammad SAW berkata: "Warna orang mukmin pada hari kiamat akan menjadi amalnya." (Tirmidzi)

 

7. Sedekah memurnikan Nafs

Kekayaan kita, tidak peduli seberapa besar atau kecil, adalah hadiah dari Allah SWT dan dalam beberapa kasus bahkan bisa menjadi beban. Kita bertanggung jawab atas bagaimana kita membelanjakannya dan harus berusaha membelanjakannya dengan bijak. Menghabiskan kekayaan kita untuk amal memadamkan keinginan duniawi dan mencapai pahala di akhirat. 

“Kamu sekali-kali tidak akan mencapai kebenaran kecuali kamu memberikan (dengan cuma-cuma) dari apa yang kamu cintai. Dan apa pun yang Anda belanjakan; sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya.” (Al Imran 3:92)

 

8. Sedekah adalah cara menerima Do'a

Seorang Muslim dapat meminta Allah SWT untuk menerima Doa mereka berdasarkan perbuatan baik mereka termasuk sedekah yang mereka berikan. Contohnya adalah Hadits Sahih yang diriwayatkan dalam Muslim dan Bukhari, tentang tiga orang yang memasuki sebuah gua, tetapi jalan keluar mereka terhalang oleh batu yang jatuh. Mereka meminta kepada Allah SWT untuk menyelamatkan mereka, dengan kebajikan perbuatan baik mereka.

4 dari 5 halaman

Manfaat Sedekah Dalam Islam

9. Sedekah menciptakan keseimbangan dan manfaat bagi seluruh masyarakat

Sedekah bermanfaat bagi seluruh masyarakat dan memastikan bahwa yang paling rentan, termasuk anak yatim, janda, orang sakit dan membutuhkan, memiliki kedudukan yang sama di masyarakat. Ingat, setiap tindakan kebaikan adalah sedekah, bukan hanya uang.

Nabi bersabda: “Senyummu untuk saudaramu adalah sedekah. Penghapusan Anda dari batu, duri, atau tulang dari jalan orang adalah sedekah. Bimbinganmu terhadap orang yang tersesat adalah sedekah” (HR Bukhari).

 

10. Sedekah adalah cara untuk mendapatkan pahala setelah kematian.

Dengan memberikan Sadakah Jariyah atas nama anda atau orang yang anda cintai yang telah meninggal, Anda dapat memperoleh pahala yang berkelanjutan sekarang dan di akhirat. Contoh shadaqah jariyah antara lain membangun sumur, sekolah, rumah sakit, atau masjid. Keindahan shadaqah jariyah adalah mendapatkan pahala setiap digunakan, selama digunakan.

Nabi Muhammad SAW berkata: “Ketika seseorang meninggal, terputuslah amalannya kecuali tiga hal: Sedekah Jariyah (sedekah yang tiada henti); ilmu yang bermanfaat, atau anak shaleh yang mendoakannya (bagi yang meninggal).

 

11. Mensucikan dan meningkatkan kekayaan

Manfaat sedekah yang selanjutnya adalah mensucikan kekayaan artinya, jika seseorang bersedekah atas kekayaannya, maka ini akan melindunginya dari hawar dan Allah Yang Maha Kuasa menambah rezekinya karena amal ini. Oleh karena itu, disebutkan dalam hadits:

“Harta tidak berkurang karena sedekah.” [Muslim]

Disaksikan dengan jelas bahwa harta orang kikir dapat ditimpa musibah yang dapat merusaknya atau sebagian besar hartanya karena kebakaran, kerugian besar atau penyakit yang memaksanya berobat yang menghabiskan banyak hartanya. 

 

12. Keselamatan dari panasnya Hari Kebangkitan.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Setiap manusia akan berada dalam naungan amalnya pada hari kiamat.” [Ahmad]

Selanjutnya beliau bersabda tentang tujuh golongan orang yang Allah Ta'ala akan naungi dengan naungan yang Dia ciptakan pada hari yang tidak ada naungan selain naungan-Nya: “Seseorang yang bersedekah secara sembunyi-sembunyi sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang tangan kanannya menghabiskan;” [Al-Bukhari dan Muslim]

 

13. Sedekah membuat seseorang mencapai peringkat mukmin yang sempurna.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidak beriman salah seorang di antara kalian sampai dia mencintai saudaranya seperti dia mencintai dirinya sendiri.” [Muslim]

Jadi, sebagaimana seseorang suka diberi uang untuk memenuhi kebutuhannya, ia juga harus senang memberikannya kepada saudaranya. Dengan demikian, seseorang akan memiliki iman yang sempurna.

 

 

5 dari 5 halaman

Manfaat Sedekah Dalam Islam

14. Allah melipatgandakan sedekah 700 kali lipat

Sungguh Allah Maha Pemurah. Dia berjanji untuk melipatgandakan pahala anda sebanyak 700 kali lipat, atau bahkan lebih bagi siapa yang Dia kehendaki ketika anda bersedekah karena Allah.

“Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah seperti sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir; di setiap lonjakan adalah seratus butir. Dan Allah melipatgandakan [pahala-Nya] bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui. (Qur'an 2:261)

 

15. Membantu umat Islam untuk mencapai taqwa

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an, "Yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah yang paling bertaqwa di antara kamu." (Qur'an 49:13)

Taqwa atau takut kepada Allah lah yang mendorong umat Islam untuk mematuhi perintah Allah dan menjaga mereka dari melakukan kejahatan dan apa yang dilarang. Dengan bersedekah, kita mampu mencapai taqwa, dan menjadi yang paling mulia di mata Allah.

“Anda tidak akan pernah mencapai ketakwaan sampai Anda menyumbangkan sebagian dari apa yang Anda hargai. Dan apa saja yang kamu berikan pastilah diketahui Allah.” (Qur'an 3:92)

 

16. Melatih melepaskan cinta pada dunia

“Kamu sekali-kali tidak akan memperoleh [pahala] yang baik sampai kamu menafkahkan (di jalan Allah) dari apa yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu belanjakan, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui.” (Al-Imran 3:92)

Cara terbaik untuk berlatih melepaskan cintamu untuk dunia ini adalah dengan melepaskannya. Lepaskan dengan bersedekah. Anda dapat menilai diri sendiri dan mencari tahu apa yang paling anda sukai.

 

17. Meningkatkan status di sisi Allah SWT

“Sedekah itu tidak mengurangi harta, tidak ada yang memaafkan kecuali Allah SWT meninggikan kehormatannya, dan tidak seorang pun merendahkan diri karena Allah SWT kecuali Allah SWT mengangkat derajatnya.” (Sahih Muslim)

Sangat wajar untuk berpikir bahwa kekayaan kita akan berkurang karena kita memberi lebih banyak sedekah kepada orang lain, tetapi Allah berfirman tidak demikian halnya dengan-Nya. Jika anda bersedekah dengan tulus karena-Nya, Allah akan menambah anda tidak hanya dalam kekayaan tetapi juga status anda di sisi-Nya.

 

18. Memadamkan dosa masa lalu

“Sedekah itu menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (Tirmidzi)

Bahkan jika kita memiliki dosa sebesar Gunung Uhud yang mungkin kita semua miliki di beberapa titik, kita dapat secara proaktif menghapus dosa kita dengan memberikan sedekah kepada orang lain secara konsisten.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat