uefau17.com

Apa Itu Virtual? Pahami Definisi dan Contoh Aplikasinya - Hot

, Jakarta Apa itu virtual sering kali kita perbicarakan dalam kehidupan sehari-hari. Apa itu virtual adalah istilah yang kita gunakan dalam berkomunikasi dengan seseorang menggunakan media perantara internet, gawai, dan aplikasi.

Virtual merupakan salah satu bentuk komunikasi yang sering dilakukan setelah berkembangnya teknologi internet. Apa itu virtual adalah mirip dengan istilah maya. Artinya sangat berkaitan erat dengan internet.

Tidak hanya mengandalkan internet, ruang komunikasi virtual adalah aplikasi. Ruang untuk melakukan banyak tipe komunikasi, baik itu teks, suara, video, dan berbagai panggilan lainnya. Apa itu virtual dapat anda ketahui dengan memahami definisi dan jenis-jenisnya.

Berikut ini ulas mengenai apa itu virtual beserta jenis dan contoh aplikasinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (16/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa Itu Virtual

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, apa itu virtual adalah memiliki tiga arti atau makna. Pertama disebut secara nyata. Kedua adalah mirip atau sangat mirip dengan sesuatu yang dijelaskan. Ketiga diartikan tampil atau hadir dengan menggunakan perangkat lunak komputer, misalnya di internet.

Dikutip dari Merriam Webster, apa itu virtual adalah maya. Maya sendiri merupakan kata sifat yang maknanya adalah sesuatu yang tampak ada, namun sebenarnya tidak benar-benar ada. Di dalam ilmu komputer, virtual merujuk pada sebuah fitur atau alat yang tidak benar-benar nyata dan disimulasikan oleh komputer. Sehingga membuat sesuatu hal yang tadinya tidak ada, menjadi seolah-olah nyata.

Penggunaan kata virtual banyak kita temui dalam berbagai hal dalam kehidupan. Bahkan kata virtual sendiri dapat digunakan secara resmi. Dengan begitu, apa itu virtual adalah untuk menggambarkan aktivitas atau komunikasi yang dilakukan secara daring alias melalui dunia maya. Aktivitas virtual ini menggunakan perantara seperti internet, device (ponsel, laptop, dll), dan aplikasi pendukung.

Dengan adanya virtual ini, maka aktivitas apa pun terutama komunikasi tidak lagi terkendala masalah jarak dan waktu. Manusia dapat melakukannya kapan pun dan di mana pun tanpa harus bertatap muka. Hal ini sangat memudahkan aktivitas manusia dalam keseharian.

3 dari 5 halaman

Bentuk Komunikasi Virtual

Komunikasi virtual adalah komunikasi yang dilakukan melalui internet. Terdapat beberapa bentuk komunikasi virtual yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut:

1. Video Call

Bentuk komunikasi virtual ini menggunakan cara video call untuk saling terhubung. Sehingga komunikator dan komunikan akan tetap mengetahui keadaan lawan bicara melalui layar smartphone ataupun layar komputer.

2. Chatting

Bentuk komunikasi virtual chatting dilakukan dengan cara berbagi chat ataupun obrolan dalam bentuk tulisan dengan lawan bicara. Saat ini pun berbagai platform menyediakan jasa komunikasi via chat, antara lain WhatsApp Chat, Line Chat, SMS atau Short Massage Service dan lain sebagainya.

3. Call

Bentuk komunikasi virtual call merupakan komunikasi yang bisa dilakukan dengan cara telepon. Jadi anda bisa menelpon seseorang yang jauh dengan menggunakan fitur yang ada pada sebuah aplikasi. Namun tak sedikit  yang memiliki ketiga bentuk komunikasi sinkron pada sebuah aplikasi.

4. Video

Berbeda dengan komunikasi virtual video call, pada komunikasi asinkron video ini, anda hanya bisa berbagi rekaman video kepada lawan bicara. Jadi bisa diartikan bahwa komunikasi asinkron video ini anda tidak bisa secara langsung mengetahui keadaan lawan bicara.

5. Email

Surat elektronik atau email adalah sarana komunikasi virtual berupa pertukaran pesan surat melalui komputer dan jaringan virtual. Email biasanya dikodekan dalam teks yang sudah distandarisasi, yakni American Standard Code for Information Interchange (ASCII).

6. Web Conferencing

Konferensi web adalah istilah yang merujuk pada berbagai jenis konferensi secara daring dan layanan kolaboratif yang dilakukan secara virtual. Bentuk komunikasi virtual ini sering digunakan dalam dunia pendidikan maupun pekerjaan. Contohnya webinar, webcast, dan web meetings.

4 dari 5 halaman

Contoh Aplikasi yang Sering Digunakan Sebagai Komunikasi Virtual

1. WhatsApp

Contoh aplikasi yang sering digunakan sebagai komunikasi virtual yang utama adalah WhatsApp. Jumlah pengguna lebih dari 2 miliar, aplikasi pesan milik Facebook ini memang sangat mudah digunakan dan dapat berfungsi di perangkat Android ataupun iOS. Menawarkan fitur end-to-end encryption, ini berarti hanya anda dan lawan bicara yang bisa membaca pesan dikirim.

Selain untuk berkirim pesan, tidak banyak orang yang mengetahui atau menggunakan WhatsApp sebagai panggilan video. Tampilan yang mudah digunakan, aplikasi ini dapat menjadi pilihan bagi anda yang ingin video call dengan satu lawan bicara.

2. Skype

Dibuat oleh Microsoft, Skype sudah tersedia untuk pengguna iOS, Android, PC Windows, dan Mac ini menawarkan panggilan video dan audio, serta chatting. Hadir sebagai salah satu pilihan pengganti Zoom, Skype mendukung obrolan hingga 50 orang panggilan audio. Sedangkan untuk video jumlahnya tergantung dari jenis perangkat yang digunakan.

Selain itu, keunggulan dari aplikasi Skype juga memungkinkan penggunanya untuk merekam, menyimpan, bahkan membagikan video call, serta menambahkan teks atau subtitle secara langsung.

3. Microsoft Teams

Microsoft Office Mobile untuk iPhone dan Android kini gratis, termasuk fitur membuat dokumen dan mengedit dokumen yang sebelumnya berbayar. Untuk perusahaan yang meluncurkan Office 365, Microsoft Teams mengabungkan fitur chat, video dan audio call, dan aplikasi Office seperti Word, Excel, dan PowerPoint ke dalam satu hub.

Bagi anda yang sudah memiliki dan berlanganan Office 365, layanan ini sudah langsung tersedia dan dapat langsung digunakan. Meski tidak punya, anda bisa mengunduh software dan aplikasi ini secara gratis. Kini, Microsoft meningkatkan batas pengguna pada versi gratis. Tak hanya itu, perusahaan juga menawarkan trial secara cuma-cuma software tersebut selama enam bulan.

4. Google Hangouts Meet

Google Hangouts Meet merupakan platform konferensi video terintegrasi dalam platform G Suite yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan meeting via web, laptop, atau aplikasi di smartphone.

Jika perusahaan anda memakai atau berlangganan Google Apps, anda dapat mengirim link meeting lewat aplikasi Google Calender. Adapun orang yang bisa bergabung ke dalam sesi Meet ini mencapai 100 orang, dan sangat sesuai dipakai untuk meeting perusahaan, perkuliahan, atau sekolah.

 

5 dari 5 halaman

Contoh Aplikasi yang Sering Digunakan Sebagai Komunikasi Virtual

5. Snapchat

Snapchat adalah aplikasi layanan pesan instan multimedia asal Amerika Serikat. Fitur utama dalam Snapchat yang menjadikannya populer adalah gambar dan pesan yang hanya muncul dalam waktu terbatas, kemudian hilang dan tidak dapat diakses lagi oleh penerima.

6. Telegram

Telegram adalah aplikasi pesan singkat berbasis cloud serta mengutamakan keamanan dan kecepatan. Layanan ini menyediakan akses obrolan dan panggilan video yang terenkripsi end to end dan memiliki fitur tambahan seperti berbagai file.

7. Instagram

Instagran adalah aplikasi yang sangat populer di kalangan masyarakat, baik muda maupun tua. Aplikasi ini juga tergolong komunikasi virtual sebab tidak hanya digunakan untuk memposting foto dan video. Kini, Instagram memiliki fitur yang dapat digunakan untuk chatting dan panggilan audio atau video.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat