uefau17.com

Apa Itu Introvert dan Ciri-Cirinya, Ketahui Lebih Mendalam Kepribadiannya - Hot

, Jakarta - Apa itu introvert dan ciri-cirinya ini penting diketahui untuk mengenali kepribadian diri sendiri serta orang lain. Apa itu introvert adalah jenis kepribadian yang lebih suka menyendiri daripada bersosialisasi.

Psikologi Universitas Medan Area (UMA) menjelaskan apa itu introvert adalah mereka yang termasuk dalam kepribadian interoversion. Introvert cenderung fokus pada pikiran, perasaan, serta suasana hati yang asalnya dari dalam diri sendiri.

Mereka seorang introvert bukan pemalu, tetapi hanya tidak begitu menyukai keramaian karena ini bisa menguras energinya. Ciri-ciri introvert ini sangat berkebalikan dengan ciri-ciri ekstrovert yang cenderung menghasilkan banyak energi setelah bersosialisasi.

Agar lebih memahaminya, berikut ulas lebih mendalam tentang apa itu introvert dan ciri-cirinya, Jumat (14/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Itu Introvert dan Ciri-Cirinya?

Apa itu introvert? Introvert adalah jenis kepribadian tertutup. Seseorang dengan kepribadian introvert, lebih suka menyendiri daripada berada di keramaian. Meski suka menyendiri, ini bukan berarti seorang introvert tidak pandai bersosialisasi.

Kepribadian introvert memiliki kecenderungan merasa kehabisan energi ketika bersosialisasi. Kemudian, kepribadian introvert memiliki kecenderungan merasa energinya bisa penuh kembali setelah menghabiskan waktu sendiri.

Banyaknya waktu bersosialisasi seorang dengan kepribadian introvert lebih sedikit daripada mereka yang berkepribadian ekstrovert. Ini karena ektrovert kebalikan dari introvert yang bisa memulihkan energinya dengan bertemu banyak orang.

Psikologi Universitas Medan Area (UMA) menjelaskan apa itu introvert adalah mereka yang termasuk dalam kepribadian interoversion. Introvert cenderung fokus pada pikiran, perasaan, serta suasana hati yang asalnya dari dalam diri sendiri.

Seorang dengan kepribadian introvert sangat berbeda dengan mereka si pemalu. Meski suka dengan kesendirian, introvert bukanlah pemalu. Dijelaskan lebih mendalam, pemalu dengan introvert ini berbeda karena pemalu lebih mengarah pada gangguan kecemasan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menjelasan pemalu cenderung merasa berat atau segan melakukan interaksi sosial. Terutama interaksi yang dilakukan dengan orang yang tidak dikenalinya.

Dalam kegiatan sosial, seorang dengan kepribadian introvert lebih suka membicarakan hal-hal mendalam daripada melakukan obrolan ringan. Health Line menjelaskan seorang introvert tidak terlalu suka obrolan yang ringan, tetapi lebih suka obrolan yang berkualitas dan bermakna.

Setiap orang dengan kepribadian introvert memang terlihat berbeda, tetapi jika ditelisik lebih mendalam orang-orang dengan kepribadian introvert memiliki pola perilaku (ciri-ciri) yang mirip atau sama persis.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Introvert dan Penjelasannya

Apa itu introvert bisa diamati dari kepribadiannya. Seseorang dengan kepribadian introvert pun bisa diketahui dengan melakukan tes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) atau proyek SAPA.

lansir dari berbagai sumber, ada sebelas ciri-ciri introvert yang perlu diketahui. Ini penjelasannya:

1. Suka Menyendiri

Ciri-ciri introvert adalah suka menyendiri. Pada orang introvert, berada di rumah sendiri bisa sangat mengasyikkan. Periode kesendirian ini sangat penting untuk kesehatan dan kebahagiaan seorang introvert. Menghabiskan waktu untuk beristirahat atau terlibat dalam suatu aktivitas akan sangat melegakan.

2. Cenderung Lelah Berinteraksi

Ciri-ciri introvert adalah memiliki kecenderungan mudah lelah sata berinteraksi. Introvert akan merasa lelah ketika berada dalam banyak interaksi sosial. Introvert tahu kapan mereka sudah maksimal dan perlu mengisi ulang tenaga mereka saat berinteraksi.

3. Berpikir Sebelum Berbicara

Ciri-ciri introvert adalah mereka cenderung suka berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara. Seorang introvert suka memikirkan apa yang ingin dikatakan dan mencari fakta sebelum menyampaikan pendapat.

4. Suka Bekerja Sendiri

Ciri-ciri introvert adalah suka bekerja dalam kesendirian. Introvert sering kali bekerja paling baik saat sendiri. Isolasi membuat seorang dengan kepribadian apa itu introvert mampu fokus secara mendalam dan menghasilkan karya berkualitas tinggi.

Ini tidak berarti bahwa seorang introvert tidak bekerja dengan baik dengan tim. Mereka lebih suka fokus pada tugas yang ada, daripada menavigasi aspek sosial bekerja dalam kelompok.

5. Lingkaran Pertemanan Dekat

Ciri-ciri introvert adalah memiliki lingkaran pertemanan yang sangat dekat. Faktanya, introvert adalah orang yang senang berbicara dan mengenal orang lain. Introvert juga lebih suka masuk dalam lingkaran pertemanan kecil. Hubungan berkualitas tinggi adalah kunci kebahagiaan bagi introvert.

6. Pendengar Baik

Ciri-ciri introvert adalah mereka yang cenderung suka menjadi pendengar yang baik. Introvert lebih suka mendengarkan dan menyerap apa yang terjadi di sekitarnya daripada banyak bicara.

7. Suka Menghindari Konflik

Ciri-ciri introvert adalah mereka lebih suka menghindari konflik. Seorang introvert tidak memulai percakapan dengan orang yang tidak mereka kenal baik, atau bahkan dengan orang yang mereka kenal baik.

Ini bisa berhubungan dengan preferensi untuk dialog internal dan refleksi. Tapi ketidaksukaan pada konflik bisa berperan. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang dengan kepribadian introvert seringkali memiliki kepekaan yang lebih tinggi terhadap umpan balik negatif.

8. Membatasi Diri

Ciri-ciri introvert adalah suka membatasi diri. Introvert sering kali “melarikan diri” dari suatu situasi dengan membatasi diri atau membuat zonanya sendiri. Ini cara untuk meninggalkan situasi yang terasa terlalu kacau atau tidak nyaman; itu semacam mekanisme bertahan hidup. Tetapi bagi orang lain, introvert mungkin tampak tidak fokus.

9. Mawas Diri dan Ingin Tahu

Ciri-ciri introvert adalah cenderung lebih mawas diri dan ingin tahu. Introvert memiliki proses berpikir batin yang sangat aktif. Itu juga menuntun mereka menuju refleksi diri dan penelitian.

10. Suka Menulis daripada Berbicara

Ciri-ciri introvert adalah lebih suka menulis daripada berbicara. Introvert lebih suka memikirkan tanggapannya karena gaya komunikasi terfokus dan perhatian.

11. Pandai Soal Visualisasi

Ciri-ciri introvert adalah cukup pandai soal visualisasi. Teman dan orang terdekat seseorang dengan kepribadian introvert mungkin menganggap ia selalu berada di dunianya sendiri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat