uefau17.com

22 Wisata Ubud Bali dan Sekitarnya yang Indah, Cocok Buat Healing - Hot

, Jakarta Wisata Ubud Bali menawarkan keindahan alam dan budaya yang kental. Berkunjung ke Ubud merupakan jaminan untuk mendapatkan kenyamanan dan ketenangan saat liburan, baik bagi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

Dengan segala keindahannya, tidak heran banyak wisatawan luar negeri yang begitu gemar datang ke Bali, dan mengunjungi Ubud sebagai salah satu destinasi utama. Budaya yang unik serta alam yang tenang dan membuat nyaman semakin memperkuat keinginan wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini.

Wisata Ubud Bali menjadi salah satu destinasi yang paling populer di Indonesia. Alam hijau, tempat sakral, hingga daerah yang masih menjunjung tinggi budaya aslinya merupakan daya tarik utama dari kecamatan yang berada di Kabupaten Gianyar ini.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/8/2022) tentang wisata Ubud Bali.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata Ubud Bali Pura

Pura Taman Saraswati

Pura Taman Saraswati atau dikenal dengan Istana Air Ubud merupakan sebuah pura Hindu di Ubud yang didedikasikan untuk dewi Saraswati. Wisata Ubud Bali ini terkenal dengan kolam teratainya yang menawan. Pura ini berada di Jl. Kajeng, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

Pura Tirta Empul Tampaksiring

Pura Tirta Empul Tampaksiring berada di Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Pura ini termasuk wisata Ubud Bali yang sering dikunjungi wisatawan. Pura Tirta Empul Tampaksiring terkenal dengan air sucinya di mana orang Hindu Bali mencari penyucian.

Istana Kerajaan Ubud

Istana Kerajaan Ubud atau juga dikenal dengan Puri Agung Ubud dahulunya merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Ubud. Tempat ini juga dijadikan pusat kegiatan seni budaya dan adat, yang diadakan tepat di depan puri. Puri Ubud masih memiliki tata ruang dan bangunan yang dipertahankan seperti aslinya. Wisata Ubud Bali ini bisa ditempuh dengan 3 menit jalan kaki dari Pasar Seni Ubud.

Pura Gunung Lebah

Berada di bawah jembatan sungai Campuhan Ubud, membuat Pura Gunung Lebah ini cukup unik untuk dikunjungi. Apalagi, kamu tidak perlu membayar uang seperserpun untuk masuk. Namun, kamu tentunya harus mematuhi aturan berpakaian yang berlaku di pura ini. Lokasinya berada di Jalan Raya Ubud, Sayan, Kabupaten Gianyar, dekat dengan Museum Blanco Renaissance.

3 dari 6 halaman

Wisata Ubud Bali Tempat Sakral

Candi Tebing Gunung Kawi

Candi Tebing Gunung Kawi merupakan situs purbakala yang dilindungi di Bali. Wisata Ubud Bali ini berada di Sungai Pakerisan, Dusun Penaka, Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Candi Tebing Gunung Kawi merupakan bangunan candi yang dibangun dari pahatan dinding tebing batu di tepi sungai.

Monkey Forest Ubud

Monkey Forest Ubud atau Wanara Wana merupakan kawasan hutan sakral yang berada di desa adat Padangtegal, Ubud. Hutan ini terkenal dengan ratusan kera yang menghuni kawasan ini selama ratusan tahun. Wisata Ubud Bali ini juga memiliki Pura Dalem Padangtegal, yang didirikan pada awal abad ke-20. Ada juga mata air suci di bawah Patung Komodo yang tersembunyi, yg mana bila diminum, dipecaya dapat menyembuhkan segala jenis penyakit.

Goa Gajah

Goa Gajah merupakan gua buatan yang berfungsi sebagai tempat ibadah. Gua ini berada di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali. Sebutan Gua Gajah mungkin berasal dari pahatan wajah raksasa di atas mulut gua, yang dianggap menyerupai muka gajah.

4 dari 6 halaman

Wisata Ubud Bali Alam Hijau dan Air Terjun

Sawah Terasering Tegalalang

Salah satu wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi adalah Sawah Terasering Tegalalang. Terasering di Tegalalang sangat unik, karena lerengnya yang sangat miring. Sawah di kawasan ini berundak-undak dengan warna hijau yang sangat asri.

Bukit Campuhan

Bukit Campuhan atau yang biasa dikenal dengan Campuhan Ridge Walk menyuguhkan panorama alam yang sangat indah. Hamparan rumput hijau dan pepohonan bisa kamu nikmati dengan menyusuri jalan setapak yang panjangnya mencapai 2 kilometer. Biasanya wisatawan suka berjalan kaki, bersepeda, atau jogging untuk menikmati indahnya bukit Campuhan.

Air Terjun Kanto Lampo

Wisata Ubud Bali selanjutnya adalah air terjun Kanto Lampo. Air terjun Kanto Lampo memiliki undakan-undakan kecil yang membuat air jatuh dengan eksotis. Dulunya air di air terjun ini merupakan sumber irigasi warga. Air ini kemudian tersumbat dan meluap. Luapan tersebut akhirnya menjadi sebuah air terjun. Air Terjun Kanto Lampo berada di Banjar Kelod Kangin, Desa Beng, Kecamatan Gianyar, Bali.

Air Terjun Tegenungan Kemenuh

Air terjun Tegenungan berada di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Air terjun memiliki ketinggian 15 meter. Debit airnya yang deras serta air yang bersih dan bening menjadi daya tarik wisata alam bagi para wisatawan.

Air Terjun Manuaba

Air Terjun Manuaba berada di Kendran, Tegalalang, Gianyar. Wisata Ubud Bali ini masih tergolong jarang dikunjungi wisatawan. Air terjun terpencil ini menawarkan suasana tenang yang cocok bagi mereka yang ingin bersantai setelah melewati hari yang melelahkan.

Arung Jeram Sungai Ayung

Ubud memiliki sungai Ayung yang sering digunakan untuk aktivitas arung jeram dan kayak. Banyak jasa wisata air atau agen perjalanan yang menawarkan pengalaman arung jeram di sungai yang mengalir sepanjang 68,5 km ini.

5 dari 6 halaman

Wisata Ubud Bali Museum

Museum Puri Lukisan

Museum Puri Lukisan merupakan sebuah museum yang menyajikan perkembangan seni rupa di Ubud, baik seni lukis maupun seni pahat. Museum ini merupakan museum seni tertua di Bali yang menyimpan koleksi sejak tahun 1930 hingga saat ini. Wisata Ubud Bali ini berada di Jl. Raya Ubud, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

Museum Arma Ubud

Museum Arma Ubud atau Agung Rai Museum of Art merupakan salah satu museum seni rupa di Bali yang menyimpan berbagai koleksi lukisan yang berasal dari pelukis-pelukis ternama baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Selain sebagai museum seni lukis, Museum Seni Agung Rai juga menampilkan pertunjukan tari dan teater serta pameran dari seniman karya masyarakat Bali, Indonesia, dan seniman asing.

Museum Neka Ubud

Museum Neka Ubud berada di Jalan Raya Sanggingan Campuhan, Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Tempat wisata di Ubud ini dibuka sejak 1976 dan diresmikan pada 7 juli 1982. Bangunan museum bukan berupa satu gedung besar melainkan sebuah kompleks yang terdiri dari tujuh bagian didesain berdasarkan pola tradisional Bali.

Museum Blanco Renaissance

Museum Blanco Renaissance berada di Jl. Raya Campuhan, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Museum ini berdiri dari keinginan seorang pelukis, Antonio Blanco. Museum Blanco adalah sebuah kompleks yang menyediakan fasilitas untuk perjalanan seni. Pengunjung dapat menemukan studio, galeri, toko suvenir, perpustakaan, kafe, amfiteater, dan kuil keluarga Blanco.

6 dari 6 halaman

Wisata Ubud Bali Lainnya

Pasar Seni Sukawati

Pasar Seni Sukawati merupakan tempat barang-barang seni khas Bali. Banyak wisatawan mencari oleh-oleh di pasar ini. Di pasar seni ini ada ratusan pedagang seni berkumpul menjajakan barang kerajinan, mulai dari patung kayu, lukisan, kaos, celana pendek, tas, sandal, dan banyak lagi.

Pasar Seni Ubud

Pasar Seni Ubud menjadi wisata Ubud Bali yang wajib dikunjungi. Di sini terdapat beraneka ragam barang-barang kesenian atau kerajinan khas Bali yang jarang ditemui di tempat lain. Produk segar seperti buah-buahan, sayuran, unggas dan makanan ringan lokal juga dapat ditemukan di pasar ini.

Bali Safari and Marine Park

Bali Safari and Marine Park berada di di sebelah tenggara Ubud, Bali. Wisata Ubud Bali ini memiliki lebih dari 100 spesies satwa liar, seperti komodo, orangutan, dan burung jalak Bali. Selain itu, Bali Safari juga menawarkan berbagai paket wisata yang dapat dipilih.

Nyuh Kuning Village

Kalau ke Ubud, sempatkan untuk berkunjung ke Nyuh Kuning Village. Ini merupakan kawasan desa wisata di Ubud, Bali. Wisata Ubud Bali yang satu ini bakal membawa kamu menyaksikan kehidupan asli masyarakat Bali. Namun untuk berkunjung ke sini, kamu membutuhkan sedikit perjuangan. Soalnya letak desa ini agak sulit untuk dicapai karena kondisi alam.

Desa Petulu

Desa Petulu adalah salah satu wisata Ubud Bali yang memiliki pesona unik. Tempat ini merupakan habitat burung bangau, tak heran kamu akan menemukan banyak sekali burung ini di Desa Petulu. Bahkan, burung bangau yang jumlahnya ribuan ini telah hidup menyatu dengan warga Desa Petulu sendiri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat