uefau17.com

6 Ciri-Ciri Teks Prosedur yang Perlu Dipahami, Simak Pula Pengertian dan Contohnya - Hot

, Jakarta Mengetahui ciri-ciri teks prosedur dapat membedakan dengan jenis teks lainnya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian teks prosedur adalah tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas. 

Ciri-ciri teks prosedur dapat dikenali dengan mudah dari penyampaian tata cara pada topik yang sedang dibicarakan. Di mana isi dari teks prosedur tersebut kemudian harus diikuti oleh para pembacanya dengan melakukan praktik langsung sesuai dengan isi teksnya.

Peranan penting teks prosedur adalah memberikan informasi atau pedoman yang berurutan. Informasi teks prosedur adalah disajikan dalam urutan peristiwa logis yang dipecah menjadi langkah-langkah kecil berurutan. Oleh sebab itu, sangat penting mengetahui ciri-ciri teks prosedur.

Berikut ini ulas mengenai ciri-ciri teks prosedur beserta pengertian dan contohnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Teks Prosedur

Secara umum, teks prosedur adalah teks yang memaparkan langkah-langkah kegiatan atau berbagai tahapan untuk melakukan atau menghasilkan sesuatu. Teks prosedur menginstruksikan audiens tentang cara menyelesaikan tugas tertentu. 

Teks prosedur adalah umumnya menyertakan satu atau lebih foto, ilustrasi, atau diagram untuk membantu pembaca memvisualisasikan, atau melihat, bagaimana melakukan langkah-langkahnya. Contoh paling umum dari teks prosedur adalah resep.

Fungsi dari teks prosedur adalah untuk menggambarkan bagaimana sesuatu dilakukan secara lengkap melalui serangkaian langkah. Hal inilah yang menjadi salah satu ciri-ciri teks prosedur yang paling utama.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Teks Prosedur

1. Berisikan langkah-langkah suatu kegiatan

Ciri-ciri teks prosedur yang pertama adalah berisikan langkah-langkah suatu kegiatan yang sedang dibicarakan. Baik itu langkah-langkah dalam membuat suatu masakan, mencuci baju, membuat kerajinan tangan, membuat suatu, dan masih banyak lagi.  Biasanya, teks prosedur dibuat karena penulis sudah paham tentang suatu cara dan kemudian ingin membagi pengetahuannya terkait hal itu kepada orang lain yang membutuhkannya. 

2. Ditulis dalam bentuk poin-poin

Ciri-ciri teks prosedur yang berikutnya adalah menulisnya dalam bentuk poin-poin ataupun penomoran. Sehingga hal tersebut membuat teks menjadi lebih jelas dalam menjelaskan langkah ataupun tahapan dari awal hingga akhir kepada para pembaca. Akan tetapi, tidak semua penulis menggunakan teknik tersebut, karena ada juga penulis yang membuat teks prosedur dalam bentuk paragraf pada umumnya.

3. Menggunakan kalimat saran dan larangan

Ciri-ciri teks prosedur yang berikutnya adalah menggunakan kalimat saran dan larangan. Untuk kalimat saran sendiri biasanya diberikan kepada penulis untuk membantu pembaca melalui langkah-langkah dan tahapan dalam membuat sesuatu dengan benar.

Sehingga mereka akan mendapatkan hasil yang benar dan sesuai dengan harapan. Selain itu, untuk penggunaan kalimat larangan biasanya disampaikan oleh penulis dengan tujuan untuk membantu para pembaca dalam menghindari kesalahan ketika mempraktikkan cara dan juga tahapan yang sudah dijelaskan.

4 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Teks Prosedur

4. Bersifat objektif

Ciri-ciri teks prosedur yang berikutnya adalah informasi yang disajikan bersifat objektif. Sebab, hal-hal yang disajikan di dalam teks tersebut bukan berasal dari khayalan ataupun karangan dari penulisnya. Biasanya informasi tersebut berasal dari analisis, pengalaman, dan juga percobaan yang pernah dilakukan oleh penulis. Jadi, para pembaca tidak akan mendapatkan paparan dari suatu prosedur yang salah.

5. Disusun secara sistematis

Ciri-ciri teks prosedur yang berikutnya adalah disusun secara sistematis tapi tetap detail. Hal tersebut bertujuan untuk membantu para pembaca mempraktikkan langkah-langkah dan tata cara yang disajikan dengan baik dan benar.

Sebab, jika ada kesalahan dalam praktiknya, maka hal itu akan membuat hasil yang didapatkan tidak maksimal atau justru gagal. Sehingga teks prosedur memang harus disajikan dengan cara yang sistematis. Supaya para pembaca dapat mempraktekkannya dari awal hingga akhir secara berurutan dan memperoleh hasil yang maksimal.

6. Berisi bilangan angka

Ciri-ciri teks prosedur yang berikutnya adalah berisi bilangan angka atau urutan. Hal ini karena penulisan teks prosedur dibuat dan ditulis dalam bentuk poin-poin. Termasuk saat ditulis dalam bentuk paragraf, sehingga di dalamnya akan ada kalimat pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya.

5 dari 5 halaman

Contoh Teks Prosedur

1. Resep

Resep adalah teks universal. Resep merupakan teks prosedur yang paling banyak ditemui. Resep memaparkan cara memasak sesuatu, lengkap dengan bahan dan tips memasaknya.

2. Instruksi

Instruksi memaparkan bagaimana seseorang melakukan sesuatu. Contohnya seperti instruksi olahraga yang benar, atau instruksi parkir kendaraan di suatu tempat.

3. Petunjuk Arah

Petunjuk arah memberi arahan bagaimana cara seseorang mencapai suatu tempat. Instruksi yang sangat spesifik termasuk nama dan judul lokasi. Bahasa formal diperlukan dan penambahan peta akan membuat instruksi lebih mudah dimengerti.

4. Buku Manual

Buku manual termasuk teks prosedur yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Buku manual biasanya menjelaskan bagaimana cara mengoperasikan sesuatu. Manual juga bisa berisi apakah ada peringatan yang perlu diwaspadai saat menggunakan alat tersebut.

5. Aturan untuk Game

Teks prosedur juga bisa ditemukan dalam permainan game. Ini menunjukkan bagaimana cara memainkan game tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat