uefau17.com

9 Cara Melahirkan Normal dan Mudah Tanpa Operasi, Ikuti Tipsnya - Hot

, Jakarta Cara melahirkan normal, perlu diketahui terutama oleh ibu yang sedang mengandung dan menginginkan agar proses kelahiran sang buah hati dapat berjalan lancar, mudah dan minim dengan rasa sakit. Bahkan jika memungkinkan setiap ibu ingin melahirkan secara normal tanpa adanya jahitan dalam proses persalinannya. 

Kenyataannya melahirkan dengan normal yang minim rasa sakit dapat dilakukan, dengan meminimalisir segala faktor yang dapat membuat proses melahirkan menjadi tidak lancar seperti kondisi tubuh yang tidak fit atau sehat saat akan melahirkan. Sehingga penting untuk mengetahui cara melahirkan normal dan tips-tipsnya.

Cara melahirkan normal bisa dilakukan dengan melakukan beberapa persiapan sebelum dan saat melahirkan. Sayangnya masih banyak ibu hamil yang masih belum tau tentang tips-tip yang bisa dilakukan untuk memperbesar peluang melahirkan secara normal.

Sebagai sumber informasi bagi ibu hamil, berikut rangkum dari berbagai sumber cara melahirkan normal dan tips-tips yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan proses persalinan agar berjalan lancar. Rabu (3/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Melahirkan Normal dan Mudah

1. Melakukan Aktivitas Fisik

Tips cara melahirkan normal yang bisa dilakukan pertama adalah rajin melakukan aktivitas fisik selama mengandung. Meski aktivitas yang berat dilarang dilakukan oleh ibu hamil, namun penting bagi ibu hamil untuk tetap beraktivitas fisik secara rutin agar proses persalinan dapat berjalan lancar.

Aktifitas fisik yang dapat dilakukan ibu hamil antara lain seperti jalan-jalan ringan hingga senam ringan dan pemanasan. Jika kehamilan terbilang lemah konsultasikan terlebih dahulu pada dokter jenis aktivitas fisik yang bisa dilakukan.

 

2. Latihan Pernapasan Secara Rutin

Hal yang perlu diperhatikan agar proses persalinan dapat berjalan dengan normal dan lancar adalah pernapasan. Untuk itu sangat disarankan ibu hamil untuk melakukan latihan pernapasan secara rutin, agar saat persalinan tidak mengalami sesak napas atau kesulitan dalam pernapasan.

Pernapasan yang baik selama proses persalinan diketahui mampu mengurangi rasa sakit berlebih saat melahirkan. Selain itu, asupan oksigen yang cukup bagi ibu hamil juga dapat meningkatkan kesehatan dan tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

 

 3. Menghindari Dehidrasi

Faktor penting berikutnya yang perlu diperhatikan agar proses melahirkan dapat berjalan normal adalah tubuh yang terjaga dan tidak mengalami dehidrasi. Cairan air merupakan perantara yang baik untuk meredakan rasa sakit dan nyeri saat melahirkan secara normal.

Selama masa kehamilan dan sebelum proses melahirkan normal dimulai, sangat disarankan bagi ibu hamil untuk membiasakan minum air putih untuk menjaga tubuh tetap terdehidrasi. Selain itu, berendam di dalam air panas juga merupakan solusi yang tepat sebelum bersalin.

3 dari 4 halaman

Cara Melahirkan Normal dan Mudah

4. Menghindari Stres

Cara melahirkan normal yang selanjutnya adalah dengan menjaga dan menghindari stress. Stres dapat mempengaruhi kondisi kesehatan ibu hamil selama masa kehamilan dan saat proses melahirkan serta dapat menyebabkan gangguan saat proses persalinan.

Jika mengalami stres berlebih, secara tidak langsung hal tersebut dapat menurunkan kesempatan ibu hamil untuk melahirkan normal. Maka dari itu, kelola stres agar tidak berpengaruh pada kandungan dan kondisi ibu hamil.

 

5. Konsumsi Makanan Bergizi

Cara melahirkan normal yang sudah banyak diketahui adalah selalu mengonsumsi makanan yang bergizi untuk menjaga kesehatan bayi dan ibu. Asupan makanan yang sehat dan bergizi bagi ibu selama masa kehamilan dan menjelang persalinan wajib dikonsumsi agar tubuh dapat bekerja dengan baik.

Konsumsi buah-buahan dan sayuran segar bisa menjadi pilihan makanan bergizi yang tepat untuk dikonsumsi setiap hari oleh ibu hamil. Selain melancarkan proses melahirkan normal, mengonsumsi makanan bergizi juga dapat membantu tumbuh kembang janin.

 

6. Hindari Epidural

Epidural adalah obat yang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit. Konsumsi epidural saat kehamilan dan menjelang persalinan sangat tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan tahap mendorong atau kontraksi yang lebih lama, dan meningkatkan risiko proses persalinan yang perlu dibantu dengan alat medis.

4 dari 4 halaman

Cara Melahirkan Normal dan Mudah

7. Latihan Rutin Simulasi Melahirkan

Prose melahirkan normal membutuhkan energi dan stamina yang tidak sedikit. Anda dapat menggunakan waktu 9 bulan kehamilan untuk mempersiapkan energi untuk persalinan dengan berolahraga secara teratur dan simulasi saat persalinan untuk mendorong bayi keluar.

Disarankan juga untuk melatih fleksibilitas, terutama di pinggul yang mana akan membantu ketika tiba saatnya untuk mendorong bayi dan juga latihan sesi peregangan seperti yoga dapat meregangkan tubuh dan terbiasa dengan kegiatan mengejang.

 

8. Belajar Menghadapi Kontraksi

Salah satu rahasia kelahiran normal adalah kemampuan untuk rileks sebagai respons terhadap rasa sakit berupa kontraksi. Saat terjadi kontraksi biasanya reaksi tubuh adalah menjadi kaku dan memperburuk ketidaknyamanan selama proses melahirkan,

Sehingga penting untuk belajar menghadapi kontraksi dengan berusaha untuk tetap rileks saat menghadapi kontraksi yang kuat, anda dapat mencoba latihan yang dapat melemaskan tubuh untuk mengendurkan otot-otot daripada mengencangkannya sebagai respons terhadap rasa sakit.

 

9. Tetap Santai

Hormon utama yang membuat persalinan dapat berjalan normal adalah oksitosin. Oksitosin tidak akan bekerja dengan baik jika anda takut atau stres dengan proses persalinan. Saat kadar adrenalin meningkat, kadar oksitosin turun. Sehingga penting untuk tetap santai dan tidak takut agar hormon oksitosin dapat membantu proses melahirkan yang normal dan lancar.

Saat anda melahirkan, endorfin juga akan membantu anda mengatasi rasa sakit saat persalinan yang semakin kuat. Dikenal sebagai opiat alami tubuh, endorfin dapat membantu anda masuk ke dalam keadaan seperti yang stabil dan mudah untuk tubuh melakukan pekerjaannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat