uefau17.com

12 Manfaat Teripang Emas Untuk Kesehatan, Memperbaiki Fungsi Ginjal - Hot

, Jakarta Teripang adalah salah satu hewan laut yang tidak bertulang belakang serta bertubuh panjang, dan paling banyak ditemukan di daerah Asia Pasifik. Teripang ini  banyak diolah dan menjadi makanan khas di daerah Tiongkok juga Jepang.

Manfaat teripang salah satunya teripang emas, memberikan dampak baik untuk kesehatan, serta memberikan efek baik untuk ginjal. Salah satu kelebihan dari teripang emas adalah mampu melakukan regenerasi sel, sehingga dianggap bisa menyembuhkan sejumlah penyakit. 

Manfaat teripang untuk kesehatan ini sudah didukung oleh beberapa penelitian medis yang mengatakan bahwa teripang emas efektif untuk menangani berbagai macam penyakit. Dikarenakan dalam dinding tubuh teripang emas juga terdapat berbagai protein seperti glisin, alanin, asam glutamate, dan arginin. Tingginya kualitas teripang dapat membantu mengurangi kolesterol dalam darah.

Berdasarkan hasil penelitian, teripang emas kaya akan kondroitin sulfat, glikosida triterpene, protein, asam lemak, kalsium, magnesium, zat besi, seng, serta vitamin A,B1,B2,B3 dan C. Dengan banyaknya kandungan baik tersebut, manfaat teripang bagi tubuh manusia akan terpenuhi. Selain digunakan sebagai bahan dasar konsumsi manusia di beberapa negara, teripang emas juga sudah lama digunakan sebagai bahan obat-obatan tradisional di Asia.  

Berikut ini manfaat teripang yang rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/7/2022). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Teripang

1. Mencegah Hipertensi

Manfaat teripang salah satunya untuk mencegah penyakit hipertensi. Meskipun pembuktianya belum terlalu kuat, akan tetapi beberapa sumber mengatakan jika kandungan teripang emas mampu mencegah hipertensi.

2. Mencegah Keriput Kulit

Manfaat teripang emas selain mencegah hipertensi, sangat berguna untuk kesehatan kulit. Zat peptida yang terkandung dalam teripang emas membantu mencegah kulit keriput. Dikutip dari Prevention, sebuah studi di Inggris menemukan bahwa teripang memiliki manfaat untuk kulit. Teripang yang diekstrak dapat mengatasi kulit tipis, garis-garis halus, dan kering pada kulit orang dewasa. Zat peptida yang terkandung dalam teripang memiliki kolagen yang berfungsi untuk melembutkan jaringan kulit dan menjaga kulit terhindar dari kerusakan.

3. Melawan HIV dan Herpes Simpleks

Manfaat teripang emas selanjutnya dapat melawan HIV dan Herpes simpleks. Kandungan asam lemak yang terkandung dalam teripang sangat penting untuk memperbaiki jaringan tubuh. Selain itu, terdapat pula zat-zat lain, seperti glikosida triterpenoid, berbagai enzim, amilosa, asam lemak, dan sitotoksin. Manfaat yang terkandung berpotensi meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi jaringan saraf, dan mengurangi rasa sakit. Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa ekstrak teripang memiliki sifat antivirus dalam melawan virus HIV dan herpes simpleks.

3 dari 5 halaman

Manfaat Teripang

4. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Dengan mengonsumsi teripang emas, membantu mencegah pertumbuhan sel kanker yang ada di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan teripang yang mengandung komponen dan dianggap dapat melawan tumor juga kanker. Bahan aktif antitumor ini bekerja dengan baik dalam menghambat proses pertumbuhan sel kanker.

5. Menurunkan Kolesterol

Manfaat teripang emas selanjutnya, menurunkan kolesterol. Teripang sendiri merupakan bahan makanan yang mengandung lemak sehat, sehingga dianggap mampu mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa kadar kolesterol yang berlebih di dalam tubuh bisa menjadi sumber awal berbagai penyakit bermunculan.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat teripang emas mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Teripang merupakan bahan makanan yang baik, karena memiliki kandungan asam amino sehingga mampu melindungi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa tingginya kadar dan kualitas protein teripang ini diduga dapat membantu mengurangi trigliserida dan kolesterol dalam darah.

4 dari 5 halaman

Manfaat Teripang

7. Mencegah Gangguan Hati

Meski belum ada penelitian yang valid tentang hal ini, namun teripang emas diyakini mampu membantu mencegah penyakit gangguan hati. Kandungan Phenol dan antioksidan yang terdapat di dalam tubuh teripang emas mampu mencegah gangguan hati. 

8. Mencegah Diabetes

Sebesar sekitar 86,8% teripang emas sarat akan kandungan protein. Hal ini menjadikan teripang emas sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Kandungan protein yang dimiliki oleh teripang, dinilai mampu untuk mengontrol gula darah yang ada di dalam tubuh.

9. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Diketahui bahwa teripang emas memiliki kadar asam docosahexanat yang tinggi, sehingga zat ini diyakini ampuh untuk mengurangi trigliserida darah yang pada umumnya menjadi salah satu penyebab penyakit jantung.

5 dari 5 halaman

Manfaat Teripang

10. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat teripang emas salah satunya dapat mempercepat penyembuhan luka. Kandungan yang dimiliki oleh teripang memiliki kolagen yang merupakan zat pembentuk lapisan kulit serta asam lemak tak jenuh. Kandungan ini tentu bermanfaat untuk menumbuhkan jaringan tubuh saat terluka. Hal ini tidak hanya berlaku untuk luka luar tetapi juga bisa untuk mengobati luka yang terdapat di dalam tubuh seperti infeksi pada usus atau lambung.

11. Mengatasi Nyeri Sendi

Manfaat teripang yang berikutnya, dapat mengatasi nyeri pada sendi. Kandungan kondroitin sulfat yang terkandung dalam teripang berfungsi sebagai pelumas sendi, sehingga dapat membantu mengatasi nyeri pada sendi.

12. Memperbaiki Fungsi Ginjal

Dikutip dari healtline, sebuah penelitian membuktikan bahwa teripang emas mampu mengontrol tingkat oksidasi pada tubuh, sehingga berpotensi mengganggu kinerja ginjal. Oleh sebab itu bagi penderita yang mengalami gangguan fungsi ginjal sangat bagus untuk mengonsumsi teripang emas ini. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat