uefau17.com

Hiatus adalah Istirahat Sejenak, Kenali Konteks Penggunaannya - Hot

, Jakarta Hiatus adalah istilah yang sudah sering kamu dengar. Namun, sebagian orang masih belum paham arti kata satu ini. Hiatus merupakan istilah yang digunakan dalam berbagai macam konteks, namun lebih dikenal dalam menjelaskan sebah jeda.

Arti hiatus pada setiap konteksnya bisa saja berbeda. Bahkan, penggunaan hiatus yang dipahami oleh orang-orang di media sosial dengan yang ada pada KBBI pun berbeda. Jadi, kamu perlu memahami benar penggunaannya.

Hiatus adalah istilah yang berkaitan dengan jeda atau rehat sejenak. Kerap kali istilah ini digunakan oleh seniman yang biasanya rutin mengeluarkan karya, kemudian beristirahat sejenak untuk menenangkan pikiran dan kembali lagi pada waktu yang diinginkan.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/7/2022) tentang hiatus.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hiatus adalah

Hiatus adalah istilah yang memiliki makna berbeda pada setiap konteksnya. Penggunaan hiatus yang lebih dikenali yaitu merujuk pada jeda atau istirahat sejanak. Arti hiatus adalah berhubungan dengan perasaan ingin beristirahat untuk menenangkan pikiran dan perasaan yang kacau.

Menurut Cambridge Dictionary, hiatus adalah jeda atau rehat sejenak, tidak ada sesuatu yang terjadi. Umumnya, istilah hiatus dipakai untuk berhenti dari aktivitas sehari-hari dalam waktu yang ditentukan.  Hiatus adalah ketidakhadiran untuk sementara waktu. Penggunaan hiatus ini juga bisa dipakai saat kamu ingin rehat sejenak dari media sosial.

Hiatus adalah istilah yang kerap kali digunakan dalam konteks perpisahan sementara. Berdasarkan vocabulary.com, hiatus adalah istilah yang berasal dari bahasa Latin “gap”, yang artinya jeda atau ketidakhadiran sementara. Hiatus adlaah istilah yang bisa disamakan dengan istilah “break” dalam bahasa Inggris, yang berarti jeda atau istirahat.

Sementara itu, dalam konteks lainnya, hiatus juga digunakan dalam ilmu linguistik. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hiatus adalah peralihan di antara dua monoftong yang berdampingan, yang membentuk dua suku yang berurutan tanpa jeda atau konsonan antara. Dalam Oxford Languages, arti hiatus adalah jeda antara dua vokal yang datang bersamaan tetapi tidak dalam suku kata yang sama, seperti telinga yang saling bekerja sama untuk mendengar. Dalam Fonologi, arti hiatus atau dieresis (ejaan bahasa Inggris Amerika) adalah hasil dari dua bunyi vokal yang muncul dalam suku kata yang berdekatan, tanpa konsonan intervening. Ketika dua bunyi vokal yang berdekatan muncul dalam suku kata yang sama, hasilnya adalah sebuah sineresis.

3 dari 4 halaman

Penggunaan Kata Hiatus yang Dikenal

Penggunaan kata hiatus ini mungkin sudah sering kamu lihat di dunia entertainment. Hal ini merujuk pada seorang artis atau grup yang memasuki fase tertentu dalam hidupnya atau kehidupan berkeseniannya. Hiatus adalah suatu tindakan yang umumnya dilakukan karena pertimbangan kondisi kesehatan fisik dan mental, di mana para seniman memerlukan istirahat sejenak dari gemerlapnya dunia hiburan. Artis dan figur publik yang terjerat kasus juga pada akhirnya banyak yang memutuskan untuk hiatus sambil menunggu situasi pelik yang menyelimuti hidupnya mereda. Kebanyakan, para artis yang hiatus akan kembali lagi ke dunia hiburan dengan karya atau sesuatu yang baru dan lebih fresh.

Tidak hanya pada seniman atau artis, hiatus juga sering digunakan pada sebuah kegiatan atau aktivitas rutin yang biasanya terjadi namun dihentikan secara sementara. Contoh, seorang pelajar biasanya menonton anime hampir setiap hari. Namun, karena waktu telah mendekati musim ujian kelulusan, maka ia memutuskan untuk hiatus dari hobinya menonton anime sampai selesai ujian kelulusan nanti karena akan fokus belajar.

Contoh lain hiatus yaitu saat acara TV favorit kamu sedang dalam masa jeda atau istirahat, itu artinya acara TV tersebut tidak akan memproduksi episode baru untuk sementara waktu dan akan kembali lagi suatu saat. Tak hanya itu, contoh lainnya yaitu sebuah grup band harus mengambil jeda atau hiatus jika penyanyi utamanya mengalami kecelakaan. Jadi, pada dasarnya hiatus adalah gangguan terhadap sesuatu yang sedang terjadi, tetapi gangguan atau jeda tersebut tidak bersifat permanen.

4 dari 4 halaman

Perbedaan Hiatus dengan Vakum

Hiatus adalah istilah yang kerap kali disamakan dengan kata vakum. Hal ini tidak terlepas dari makna keduanya yang memang hampir sama, yaitu merujuk ada istirahat dalam berkarya bagi para seniman atau artis. Namun, ada perbedaan yang sangat terlihat dari kedua istilah ini.

Hiatus adalah jeda yang ditentukan masanya, sedangkan vakum adalah jeda yang tidak ditentukan masanya dan memiliki kesan yang tidak direncanakan. Hiatus adalah istilah yang mirip dengan kegiatan yang harus ditunda dalam waktu tertentu karena suatu hal.

Vakum sendiri merupakan jeda waktu kosong antara saat ini dan waktu yang akan datang serta cenderung tidak direncanakan hingga berapa lama jeda waktu tersebut akan berlangsung. Sementara itu, hiatus adalah jeda waktu kosong antara waktu sekarang dan nanti yang sudah ditentukan berapa lama waktu kosong tersebut berlangsung.

Jadi, perbedaan mendasar dari kedua istilah tersebut adalah pada waktu kembalinya. Hiatus memiliki waktu yang sudah direncanakan, sementara vakum tidak ada.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat