uefau17.com

13 Macam Desain dan Penjelasannya yang Lengkap, Kenali Perbedaannya - Hot

, Jakarta Macam desain perlu dipahami oleh setiap orang yang tertarik menggelutinya. Desain sendiri merupakan salah satu bidang dalam ilmu pengetahuan. Desain adalah istilah yang sering digunakan dalam bidang seni, arsitektur, interior, dan karya kreatif lainnya. 

Desain tidak hanya tentang membuat sesuatu terlihat cantik, jauh dari itu, ilmu desain bisa menembus banyak aspek kehidupan. Desain merupakan konsep yang sangat luas dan artinya dapat sangat bervariasi dari satu bidang ke bidang lainnya.

Macam desain ada 13, yang masing-masingnya memiliki pembahasan yang berbeda-beda. Desain bisa ada di mana saja dalam kehidupan sehari-hari. Desain juga mengacu pada rencana untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, kamu perlu memahaminya.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Minggu (10/7/2022) tentang macam desain.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Desain

Sebelum mengenal macam desain, kamu perlu memahami pengertiannya terlebih dahulu. Desain berasal dari kata latin designare yang berarti menggambar sebuah rencana. Secara etimologi, desain juga diyakini berasal dari bahasa Italia, "designo". Designo artinya untuk membuat sketsa awal, untuk merencanakan dan melaksanakan percobaan, atau terbentuk dalam pikiran.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), desain adalah kerangka bentuk; rancangan. Ia juga diartikan sebagai motif; pola; corak. Desain merupakan proses membayangkan dan merencanakan pembuatan karya. Desain terdiri dari serangkaian proses berpikir terus-menerus tentang orang-orang terutama, mengidentifikasi tujuan, dan merencanakan cara untuk mencapainya.

Dalam istilah luas, desain yaitu rancangan yang dapat diterapkan untuk membuat struktur, produk, layanan, fitur, dan proses. Tujuan desain jauh lebih erat terkait dengan strategi daripada estetika.

3 dari 5 halaman

Pengertian Desain Menurut Para Ahli

- Archer. Desain adalah salah satu bentuk kebutuhan badani dan rohani manusia yang dijabarkan melalui pelbagai bidang pengalaman, keahlian dan pengetahuannya yang mencerminkan perhatian pada apresiasi dan adaptasi terhadap sekelilingnya, terutama yang berhubungan dengan bentuk, komposisi, arti, nilai dan pelbagai tujuan benda buatan manusia.

- Widagdo. Desain adalah salah satu manifestasi kebudayaan yang berujud dan merupakan produk nilai-nilai untuk kurun waktu tetentu.

- Beta. Desain merupakan suatu proses kreatif dalam memecahkan suatu permasalahan dalam hal yang menyangkut perancangan suatu objek yang bersifat fungsional atau estetis. Yang pada prinsipnya melihat aspek teknis, fungsi, material, tanpa melepaskan unsur warna, garis, tekstur, keseimbangan komposisi, dan bentuk.

- Industrial Designers Society of America (IDSA). Desain adalah layanan profesional dalam menciptakan dan mengembangkan konsep dan spesifikasi yang mengoptimalkan fungsi, nilai, dan tampilan produk dan sistem untuk saling menguntungkan antara pengguna dan produsen.

4 dari 5 halaman

Macam Desain

Desain interior

Macam desain yang pertama yaitu desain interior. Desain interior adalah kegiatan merancang lingkungan fisik interior dan eksterior yang digunakan oleh manusia. Profesional dalam pekerjaan ini bekerja dengan ruang interior untuk meningkatkan keamanan, fungsionalitas, dan daya tarik estetika area tersebut. Mereka memilih skema warna, furnitur, lantai, pencahayaan, dan semua elemen lain dari sebuah ruangan atau bangunan.

Desain grafis

Macam desain selanjutnya adalah desain grafis, yaitu desain visual seperti tata letak majalah. Para profesional ini membuat desain untuk jaminan pemasaran, ilustrasi produk, identitas merek, dan situs web menggunakan perangkat lunak komputer seperti Adobe. Mereka menggabungkan keterampilan teknis dengan kemampuan artistik untuk menciptakan desain yang sesuai dengan audiens yang diinginkan.

Desain busana

Macam desain ini ditujukan untuk merancang pakaian dan aksesoris. Profesional di bidang ini merancang pakaian dan aksesori baru. Desain dibuat sketsa di atas kertas atau perangkat digital, dan kemudian warna, bahan, dan tekstur produk akhir ditentukan. Perancang busana mempelajari tren mode dengan meninjau majalah dan menghadiri peragaan busana.

Desain teknik

Desain teknik merupakan kategori luas desain yang berlaku untuk struktur, infrastruktur, teknologi, dan mesin yang direkayasa. Desain teknik adalah metode yang digunakan insinyur untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah.

Arsitektur

Macam desain ini ditujukan untuk merancang dan merekayasa bangunan dan struktur. Desain arsitektur adalah konsep yang menitikberatkan pada komponen atau elemen dari suatu struktur. Ini juga mencakup integrasi alam dan arsitektur untuk menciptakan hal-hal seperti taman dan kebun.

Desain perangkat lunak

Desain perangkat lunak adalah proses di mana agen menciptakan spesifikasi artefak perangkat lunak yang dimaksudkan untuk mencapai tujuan, menggunakan seperangkat komponen primitif dan tunduk pada batasan. Macam desain ini menguraikan struktur, komponen, objek, dan metode yang memecahkan masalah dengan perangkat lunak.

Desain User interface (UI)

Desain antarmuka pengguna (UI) adalah proses yang digunakan desainer untuk membangun antarmuka dalam perangkat lunak atau perangkat terkomputerisasi, dengan fokus pada tampilan atau gaya. Macam desain ini merancang antarmuka yang digunakan orang untuk mengontrol dan berinteraksi dengan teknologi.

5 dari 5 halaman

Macam Desain

Desain gim

Desain gim terkait dengan merancang dunia virtual yang menarik. Macam desain gim adalah bidang yang luas, menggambar dari bidang ilmu komputer/pemrograman, penulisan kreatif, dan desain grafis.

Desain User experience (UX)

Macam desain ini melihat end-to-end pengalaman dari perspektif pelanggan termasuk hal-hal seperti produk, jasa, lingkungan dan interaksi. Desainer UX membuat situs web, aplikasi seluler, perangkat lunak, dan video game lebih mudah dinavigasi dan lebih intuitif bagi pengguna untuk berinteraksi.

Desain pencahayaan

Desain pencahayaan adalah sebuah proses mengintegrasikan cahaya ke dalam struktur arsitektur. Desainer pencahayaan merancang lingkungan cahaya untuk arsitektur malam, interior, teater dan film. Perancang Pencahayaan akan bekerja dengan Direktur, Direktur Artistik, dan/atau Teknisi Pencahayaan untuk membuat visual pencahayaan, laser, strobo, bintik, dan terkadang layar video untuk sebuah pertunjukan.

Desain suara

Macam desain ini ditujukan untuk merancang lingkungan dan produksi suara. Desain suara adalah seni dan praktik menciptakan trek suara untuk berbagai kebutuhan. Ini melibatkan menentukan, memperoleh atau membuat elemen pendengaran menggunakan teknik dan alat produksi audio.

Desain produk

Macam desain berikutnya yaitu desain produk. Hampir setiap benda yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah karya seorang desainer produk. Sama seperti desainer UX, desainer produk memperhatikan estetika dan fungsionalitas suatu produk, dan ada banyak kesamaan dalam cara kerjanya.

Desain industri

Desain Industri adalah proses pemecahan masalah strategis yang mendorong inovasi, membangun kesuksesan bisnis, dan mengarah pada kualitas hidup yang lebih baik melalui produk, sistem, layanan, dan pengalaman yang inovatif. Macam desain industri berarti merancang produk untuk produksi massal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat