uefau17.com

Viral Pengunjung Taman Safari Beri Makan Kuda Nil dengan Sampah Plastik, Warganet: Harus Ditangkap - Health

, Jakarta Video pengunjung Taman Safari memberi makan kuda nil dengan sampah plastik viral di media sosial.

Dalam video singkat yang diunggah ulang oleh akun X @txtdaribogor terlihat dua pria melakukan tindakan tidak terpuji.

Keduanya adalah pengunjung Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor yang memberi makan satwa lewat jendela mobil silver berplat B itu. 

Tindakan dua wisatawan itu direkam oleh pengunjung lain dari arah belakang. Perekaman dilakukan lantaran gelagat dua wisatawan itu sudah terjadi sebelum pelemparan sampah.

Video awal menunjukkan bahwa kedua wisatawan hendak memberikan wortel ke hewan di pinggir jalan. Alih-alih memasukkan wortel ke mulut hewan, wisatawan tersebut malah memasukkannya ke lubang hidung. Hewan semacam rusa besar itu pun terlihat kaget dan menjauh.

“Sumpah nih orang beneran masukin tuh wortel enggak ke mulut woy, tapi ke idung hewannya. Lihat aja reaksi hewannya,” tulis pengunggah video di Instagram avindadip.

Tak puas mengusili satu jenis hewan, kedua pengunjung Taman Safari dalam mobil silver itu pun mendekati seekor kuda nil.

Dari dalam mobil, satu pria menjulurkan tangannya untuk memberikan wortel. Namun, setelah mulut kuda nil terbuka lebar untuk memakan wortel, pengunjung itu malah melemparkan sampah plastik ke mulutnya. Kuda nil malang itu pun sempat mengunyah plastik yang dilemparkan ke mulutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dilaporkan ke Petugas Taman Safari

Pengunjung yang merekam video mengatakan bahwa dirinya dan sang suami mengaku kesal melihat tingkah kedua orang yang ada di depan mereka.

Suami pemilik video adalah seorang pencinta satwa yang kemudian melaporkan kejadian tersebut ke petugas Taman Safari.

“Suami gue tuh pencinta binatang makanya kesel banget kalau ada manusia begini. Akhirnya kita lapor ke petugasnya. Kasihan banget sumpah kalau kita enggak lapor,” jelas pemilik video.

3 dari 4 halaman

Netizen Ikut Geram

Melihat aksi dua pria dalam video, warganet pun geram dan menyatakan bahwa itu adalah tindakan yang salah.

“Enggak perlu pintar untuk punya hati nurani. Hewan juga makhluk hidup. Coba yang lempar plastik, disuruh makan plastik dulu. Keselek nggak tuh,” kata warganet.

“Harus ditangkap, kalau plat nomornya enggak kerekam di situ, udah jelas mobilnya, tinggal dicek CCTV-nya pas awal masuk bayar tiket.”

“Mau dia ormas, tentara, anak pejabat, atau apapun. Ini wajib ditangkap dan mempertanggungjawabkan kelakuannya. Sangat mudah untuk mengusutnya. Tinggal kinerja aparat saja kita lihat seperti apa,” ujar warganet lain.

4 dari 4 halaman

Bukan Kasus Pertama

Ini bukan kali pertama pengunjung Taman Safari memberi makan kuda nil dengan sampah. Pada Maret 2021, pengunjung asal Cicalengka, Kabupaten Bandung kedapatan melempar botol plastik ke mulut kuda nil.

Pelempar itu diketahui seorang perempuan bernama Khadijah. Dalam tayangan akun Instagram @Taman_Safari, Khadijah mengaku tak sengaja melakukan perbuatannya.

"Saya melempar, enggak sengaja itu," kata Khadijah, Selasa (9/3/2021).

Selain itu, ia mengaku baru pertama kali datang ke Taman Safari Indonesia, Bogor. Dengan adanya kejadian itu, ia pun menyesali perbuatannya dan meminta maaf kepada masyarakat Indonesia.

"Iya, saya minta maaf sekali. Iya menyesali, minta maaf seluruh Indonesia sama seluruh Taman Safari, saya minta maaf sekali. Saya khilaf," ujarnya.

Akibat perbuatannya, nenek usia 64 itu diancam hukuman penjara selama 3 bulan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat