uefau17.com

Kehilangan Hewan Peliharaan, Begini Cara Mengatasi Kesedihan yang Dialami - Health

, Jakarta - Kehilangan hewan peliharaan adalah hal yang menyedihkan dan menyakitkan. Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing hanya memiliki sebagian kecil dari umur kebanyakan orang, dan ironisnya, memiliki hewan peliharaan justru dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Kesedihan karena kehilangan itu adalah hal yang wajar, meskipun beberapa orang akan sangat sedih dan terpukul saat kehilangan hewan peliharaannya.

“Kesedihan adalah apa yang kita rasakan di dalam hati, reaksi alami kita, dalam menanggapi kehilangan," kata Juliet Kuehnle, terapis berlisensi dan penulis Who You Callin' Crazy?.

Mengapa Kehilangan Hewan Peliharaan Sangat Menyakitkan?

Kehilangan adalah kehilangan, entah itu manusia atau hewan, dan itu sangat berat. "Membentuk hubungan dan koneksi dengan hewan peliharaan tidak berbeda dengan membentuk hubungan dengan manusia lain," kata Kuehnle.

Hubungan antara hewan peliharaan dan pemiliknya itu sangat murni. Hewan peliharaan mencintai pemiliknya tanpa alasan atau kekhawatiran. Mereka selalu berada di sisi pemiliknya, apa pun yang terjadi, baik suka maupun duka. Bagi banyak orang di luar sana, hewan peliharaan adalah cinta yang paling tak bersyarat.

Memiliki hewan peliharaan baik untuk kesehatan fisik dan mental kita. Kehilangan hewan peliharaan adalah kehilangan sumber kegembiraan dan cinta yang luar biasa, dan bagi pemiliknya pasti akan merasakan kesedihan yang mendalam.

Pembahasan pada artikel ini akan membantu Anda memahami bagaimana mengatasi kesedihan karena kehilangan hewan peliharaan dan bagaimana cara paling efektif untuk menyembuhkannya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berapa Lama Kesedihan Berlangsung?

Tidak ada jawaban pasti tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengatasi kehilangan hewan peliharaan. Menurut Kuehnle, setiap individu memiliki perjalanan kesedihan yang unik dan tidak ada rumus atau garis waktu yang pasti.

"Kesedihan adalah pengalaman yang sangat personal dan tidak bisa disembuhkan atau diatasi secara terburu-buru, tetapi sesuatu yang dapat kita pelajari untuk dihadapi dengan cara yang berbeda seiring berjalannya waktu," kata Kuehnle.

Jika Anda baru saja kehilangan hewan peliharaan, Anda mungkin berharap ada waktu di mana hal itu tidak terlalu membuat Anda sedih. Namun, untuk melalui perasaan tersebut, Anda harus melewatkannya dengan proses yang membutuhkan waktu.

Kehilangan hewan peliharaan memang tidak menyenangkan, tetapi pada akhirnya, kesedihan akan mereda dan Anda akan merasa lebih baik lagi. 

3 dari 4 halaman

Cara Terbaik untuk Menghadapi Kesedihan

Meskipun tidak dapat menghilangkan rasa sedih secara keseluruhan, Anda dapat menerapkan strategi untuk mengatasi perasaan kehilangan tersebut. Hal ini akan membantu Anda melewatinya, sedikit demi sedikit.

Akan sangat membantu jika orang-orang membiarkan diri mereka untuk merasakan kesedihan dengan sepenuh hati, memahami emosi dan penyebab kesedihan yang dirasakan tersebut," kata Kuehnle.

Kuehnle merekomendasikan untuk menenangkan diri dan melatih mengelola emosi. Dia juga menyarankan latihan pernapasan, dan meluangkan waktu untuk memahami perasaan kehilangan. Selain itu, membuat jurnal tentang perasaan yang dialami juga dapat membantu Anda melaluinya.

Anda tidak harus melewati kesedihan karena kehilangan hewan peliharaan sendirian. Cobalah bicarakan kepada keluarga atau menemui terapis. Mereka bisa menjadi pendengar yang baik untuk Anda kapan saja dibutuhkan.

4 dari 4 halaman

Mengenang Hewan Peliharaan dengan Berbagai Cara

Jika Anda merasa bingung untuk menentukan langkah kedepannya tanpa hewan peliharaan, Kuehnle menyarankan untuk bersikap lembut dan bersabar dengan diri sendiri.

"Anda memiliki semua waktu di dunia untuk mengenang hewan peliharaan Anda, dan Anda akan tahu apa yang harus dilakukan pada saat yang tepat," katanya.

Kehilangan hewan peliharaan adalah kehilangan yang serius, Anda mungkin akan merasa sedih selama beberapa waktu, dan perasaan itu mungkin akan surut dan mengalir. Anda bisa selalu mengingat hewan peliharaan Anda sebagai memori yang indah, dan ada banyak cara untuk mengenang mereka.

"Mungkin hewan peliharaan Anda senang berjalan-jalan ke tempat tertentu, lalu Anda pergi ke sana dan meninggalkan bunga. Selain itu mungkin Anda memiliki kenangan indah saat mendengar suara dari kalung hewan Anda, jadi Anda menyimpan kalung itu di rak Anda."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat