uefau17.com

Shalat Sunnah Qobliyah Subuh Jadi Syafaat dan Jalan Menuju Surga di Akhir Zaman - Health

, Jakarta Shalat qobliyah subuh adalah shalat sunnah yang dilakukan sebelum melaksanakan shalat fardu subuh. Seperti shalat subuh, qobliyah subuh biasanya dilaksanakan dalam dua rakaat.

Shalat sunnah qobliyah subuh memiliki keutamaan, salah satunya sebagai jalan masuk surga.

Shalat sunnah ini dicontohkan langsung oleh Rasulullah SAW. Dan setiap amalan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah tentunya menjadi jalan yang akan membawa diri menuju surga. Termasuk menjalankan shalat sunnah sebelum subuh.

Ibadah ini akan menjadi tabungan amal kebaikan serta pelindung diri agar terhindar dari berbagai penyakit hati, seperti dikutip dari Islami , Rabu (24/1/2024).

Anjuran untuk melaksanakan sholat sunnah juga disebutkan dalam hadis berikut,

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنْ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Artinya:

“Dua rakaat shalat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya,” (HR. Muslim).

Diriwayatkan dalam hadis Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma yang berbunyi:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam dalam dua rakaat shalat sunnah subuh membaca ayat قُولُواْ آمَنَّا بِاللّهِ وَمَا أُنزِلَ إِلَيْنَا  (Al Baqarah 136) pada rakaat pertama dan membaca آمَنَّا بِاللّهِ وَاشْهَدْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ  (Ali Imran 52) pada rakaat kedua” ( HR. Muslim 727).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mendapat Kebaikan di Akhirat

Dilansir dari berbagai sumber, disebut bahwa setiap yang melakukan shalat sunnah subuh dan shalat subuh dengan tepat waktu dan istiqomah, di hari kiamat nanti akan mendapat syafaat dari Rasulullah. Sehingga, ia terlindung dari segala bahaya di hari kiamat.

Diriwayatkan dalam hadis Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu yang berbunyi:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca dalam dua rakaat shalat sunnah subuh surat Al Kafirun dan surat Al Ikhlas” (H.R Muslim 726).

Bagi yang senantiasa melaksanakan sholat sunnah sebelum subuh disertai menjaga amalan lainnya dengan baik maka akan mendapatkan kebaikan di akhirat dan terhindar dari siksa neraka.

3 dari 4 halaman

Shalat Sunnah Terbaik

Shalat sunnah subuh juga memiliki keutamaan sebagai penyempurna shalat fardhu. Sekaligus menjadi shalat terbaik di antara shalat sunnah lainnya. Ini telah disebutkan pada hadis sebelumnya, yakni shalat sunnah subuh lebih baik dari dunia dan seisinya.

“Hal ini karena sholat subuh sendiri adalah shalat wajib yang terkadang sulit dilakukan karena sulitnya bangun pagi oleh sebagian orang, melakukan shalat sunnah subuh akan menguatkan dan mendisiplinkan waktu sholat subuh.”

4 dari 4 halaman

Membentuk Disiplin dan Rutinitas Mulia

Dalam hadis berikutnya, disebutkan bahwa Rasulullah SAW selalu melaksanakan shalat subuh diawali dua rakaat sunnah qobliyah subuh.

“Ketika terbit fajar subuh, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam tidaklah sholat kecuali dengan dua rakaat yang ringan” (HR. Muslim no. 723).

Dengan begitu, melakukan shalat sunnah sebelum subuh adalah rutinitas yang mulia sebab tidak semua orang mampu melakukannya. Shalat sunnah sebelum subuh dapat mendekatkan diri pada setiap kebaikan seperti disiplin di waktu shalat dan terbiasa beraktivitas sejak pagi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat