uefau17.com

10 Arti Bahasa Tubuh yang Bisa Tunjukkan Sifat Asli Seseorang, Mulai dari Miringkan Kepala hingga Gigit Bibir - Health

, Jakarta - Tahukah kamu bahwa bahasa tubuh bisa memerlihatkan bagaimana sifat asli seseorang? Bahkan, ketimbang memercayai omongan yang keluar dari mulutnya, semua informasi tentang apa yang ada di pikirannya bisa kamu ketahui dari gestur atau bahasa tubuhnya.

Bahasa tubuh adalah komunikasi non verbal yang berhubungan dengan ekspresi wajah dan gerakan tubuh yang bisa mengekpresikan apa yang sebenarnya ada di pikiran orang lain. Dengan begitu komunikasi jauh lebih efektif.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bagi kamu mengetahui atau memahami sejumlah gestur atau arti bahasa tubuh seperti di bawah ini dikutip dari Best Life pada Jumat, 29 Desember 2023.

1. Tolak Pinggang

Menurut jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, arti bahasa tubuh tolak pinggang menandakan sosok yang mendominasi dan terus terang.

2. Tangan Menutup Wajah

Seorang pelatih komunikasi, Dr Nick Morgan, mengimbau agar seseorang tidak menutup wajah ketika berbicara. Apalagi dalam wawancara kerja, karena ini menunjukan kegugupan yang dialami.

"Menggunakan tangan sebagai penghalang wajah menunjukkan kegugupan dan kepribadian introvert," katanya.

3. Berjabat Tangan Tegas

Berdasarkan catatan Journal of Applied Psychology, orang yang berjabat tangan tegas lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

Hal ini ada kaitannya dengan tingkat percaya diri seseorang. Sehingga, perekrut pun menandainya sebagai orang yang layak untuk dipekerjakan.

4. Memiringkan Kepala

Arti bahasa tubuh memiringkan kepala ketika berbicara dengan seseorang digambarkan sebagai pendengar yang baik. Menurut pakar bahasa tubuh, Carol Kinsey Goman PhD, ini merupakan gestur terbaik seseorang dalam berbicara.

"Condongkan tubuh ke depan, mengangguk, dan memiringkan kepala, cenderung menyampaikan pesan terbaik bahwa kita benar-benar tenggelam dalam percakapan yang sedang berlangsung," katanya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5. Arti Bahasa Tubuh Mengigit Bibir

Bagi sebagian orang, rasa gugup itu muncul dan spontan disalurkan dalam bentuk menghisap atau menggigit bibir.

Menurut pakar bahasa tubuh pun tindakan ini mengatakan bahwa seseorang sedang menahan sesuatu.

6. Banyak Bergerak

Banyak bergerak menandakan seseorang sedang dalam kegelisahan. Alhasil biasanya mereka kerap kali teledor dan melakukan kesalahan.

Ketika lawan bicara melihat ini, mereka secara otomatis akan berpikir bahwa orang tersebut ingin beranjak dari sini.

7. Menghindari Kontak Mata

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences, orang yang menghindari kontak mata cenderung dianggap sebagai orang yang pemalu, cemas dalam pergaulan, bahkan kurang cerdas.

8. Suara Kuat tapi Halus

Kebiasaan vokal termasuk dalam kategori bahasa tubuh yang luas. Kebiasaan ini sama jelasnya dengan gerakan seseorang.

Faktanya, menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Quantified Communications, orang-orang yang berbicara dengan dengan suara rendah, kuat, dan terdengar halus, digambarkan karakter kesuksesan, kecerdasan, dan kemampuan bersosialisasi.

 

3 dari 3 halaman

9. Arti Bahasa Tubuh Kaki Menyilang

Menurut psikolog, Dr Travis Bradberry, posisi ini dapat menandakan bahwa seseorang tertutup secara mental, emosional, dan fisik.

Gestur ini menurut Travis bukanlah yang ideal dalam hal negosiasi dan transaksi bisnis. Sehingga lebih baik gunakan posisi lain saja.

Perlu diketahui, gestur tubuh di atas telah diuji secara penelitian dan dikatakan oleh ahlinya. Sehingga, tidak perlu ragu untuk menganalisis dan pelajari gestur tersebut untuk diri sendiri.

10. Senyum dengan Mata Mengerut

Senyuman ini ditandai dengan kerutan di sekitar mata dan seringai lebar. Sehingga orang yang melihatnya akan menilai orang tersebut tulus.

Hal ini dicatat oleh sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti di University of Western Ontario. Mereka menemukan bahwa orang yang memiliki senyum kerutan cenderung dianggap lebih tulus dan dapat dipercaya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat