uefau17.com

Daftar Menu Lezat di Gala Dinner KTT ASEAN 2023, Selain Kepiting Andaliman dari Sumut - Health

, Jakarta - Pemilihan menu dalam Gala Dinner KTT ASEAN 2023 pada Rabu 6 September 2023 malam menjadi hal krusial. Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, turun langsung mengecek sajian yang dihidangkan sebelum hari H gala dinner berlangsung.

Chef Arnold Poernomo membeberkan menu yang disajian kepada para kepala negara dan tamu Gala Dinner KTT ASEAN bertema 'Nusantara on The Forest', yang meramu berbagai jenis masakan dari sejumlah daerah di Indonesia. 

Arnold yang terpilih untuk memimpin tim ini bertugas menentukan menu makanan yang dihidangkan pada makan malam yang diadakan di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK), yang berada di Kompleks Stadion GBK Senayan.

Dalam daftar menu, disebutkan menu pembuka (appetizer) bagi tamu-tamu VVIP yang merupakan kepala negara dan pemimpin organisasi internasional adalah Kepiting Andaliman dari Sumatra Utara, yang terdiri dari mudcrab salad (salad kepiting), buah semangka, andaliman pepper aioli (saus aioli andaliman), pumpkinseeds (kuaci), dan baby spinach (bayam).

Bebek Betutu Tart untuk Tamu VIP

Sebagaimana rilis resmi Tim Komunikasi Media dan KTT ASEAN 2023, Rabu (6/9/2023), untuk tamu-tamu VIP disajikan ASEAN Assiette (piring ASEAN).

Ini berupa chicken mushroom terrine (ayam jamur dimasak terrine seperti kornet), bebek betutu tart (tar bebek betutu), beef curry puff (karipap sapi), dan seafood roulade (seafood gulung).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daging Kecap, Nasi Campur sampai Rawon

Selanjutnya, untuk hidangan utama (main course) bagi tamu VVIP berupa daging kecap dari Jawa, terdiri dari soy glazed Lampung wagyu cheek (daging pipi sapi masak kecap Lampung), kenikir chimichurri (saus kenikir), kentang, dan kubis brussel.

Sedangkan, menu serupa untuk VIP adalah nasi campur Nusantara dari Sumatra Barat dan rawon dari Jawa Timur. Sajiannya terdiri dari nasi kemangi, braised beef short rib (iga sapi) dengan kuah rawon, acar timun, sosis ayam, dan sambal ayam pop.

Untuk menu penutup (dessert) disajikan Nusantara Urban Forest (IKN) terdiri dari cokelat, spiced banana (pisang berbumbu), jasmine apple (apel melati), dan matcha moss (saus teh hijau).

3 dari 4 halaman

Menu Khusus Vegetarian

Bagi para tamu Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN 2023 yang memilih menu vegetarian, disajikan menu pembuka (appetizer) berupa salad semangka dari Sumatra Utara terdiri dari keju ricotta, kuaci, saus mustard, dan daun kale.

Menu ini khusus bagi tamu-tamu VVIP. Menu penutupnya sama seperti yang non-vegetarian.

Rujak Buah

Untuk tamu-tamu VIP, menu vegetarian yang disiapkan adalah rujak buah Jawa berisi compressed mango (manisan mangga), pickled young papaya (acar pepaya muda), pomelo (jeruk bali), pomegranate (delima), lime gel (agar-agar lemon), tapioca crackers (opak).

4 dari 4 halaman

Sajian Sup

Kemudian, menu utama versi vegetarian bagi VVIP adalah vichyosse (sup) dari Jawa terdiri dari kentang, kubis brussel, raisin (kismis), cauliflower (bunga kol).

Sementara untuk tamu VIP disiapkan nasi campur nusantara dan rawon, sama seperti pada menu VIP non vegetarian.

Olahan Ikan

Disiapkan pula menu berisi olahan ikan untuk yang menyukai pescetarian, yakni nasi campur nusantara dan coconut curry (kari santan) yang merupakan masakan Sumatera Barat dan Jawa. Terdiri dari nasi kemangi, gulai seabass, acar timun, jamur saus kelapa, sambal pop, opak, dan minyak daun kari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat