uefau17.com

5 Biang Keladi Sakit Tenggorokan yang Sembuhnya Lama, Salah Satunya karena Iritasi - Health

, Jakarta - Sakit tenggorokan (sore throat) yang tidak sembuh-sembuh dalam beberapa hari lamanya tentu sangat meresahkan aktivitas Anda sehari-hari. Bahkan sakit tenggorokan bisa terasa menyakitkan dan menjengkelkan.

Sebenarnya, sebagian besar sakit atau nyeri tenggorokan disebabkan oleh penyakit ringan dan dapat sembuh tanpa perawatan medis.

Namun, bagi Anda yang mengalami sakit tenggorokan yang berlangsung lebih dari seminggu sering kali disebabkan oleh iritasi atau cedera.

Secara rinci, beberapa penyebab sakit tenggorokan yang tak jua hilang, sebagaimana dikutip HealthLink British Columbia (BC) pada Kamis (10/8/2023), antara lain:

  1. Iritasi tenggorokan akibat kelembaban rendah, merokok, polusi udara, berteriak atau drainase hidung ke bagian belakang tenggorokan (post-nasal drip). Tersedak makanan, minuman, air, atau benda asing yang tersangkut di tenggorokan juga bisa menyebabkan tenggorokan cedera hingga mengalami iritasi.
  2. Bernapas melalui mulut ketika Anda memiliki alergi atau hidung tersumbat.
  3. Asam lambung yang naik kembali ke tenggorokan, yang mungkin merupakan gejala penyakit refluks gastroesofagus (GERD). Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah suatu kondisi di mana asam dari lambung naik ke tenggorokan. Zat asam ini bisa membakar esofagus (saluran pencernaan yang terhubung dengan tenggorokan) sehingga menyebabkan gejala sakit tenggorokan dan nyeri di bagian atas perut. Meskipun GERD sering terjadi dengan nyeri ulu hati, rasa asam di mulut, atau batuk, terkadang sakit tenggorokan termasuk satu-satunya gejala.
  4. Setiap cedera yang menimbulkan luka di bagian leher bisa menyebabkan rasa sakit di tenggorokan. Cedera pada bagian belakang tenggorokan, seperti luka atau tusukan akibat terjatuh dengan benda runcing di dalam mulut. Selain jatuh, terbentur, atau mengalami kecelakaan, Anda bisa terkena cedera tenggorokan akibat berteriak, berbicara keras, atau bernyanyi untuk jangka waktu yang lama.
  5. Encephalomyelitis myalgic atau sindrom kelelahan kronis, suatu kondisi yang menyebabkan kelelahan ekstrem.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perhatikan Penggunaan Antibiotik

Infeksi virus

Sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh penyakit virus, seperti:

●      Flu biasa, jenis infeksi virus yang paling umum

●      Infeksi pada kotak suara (radang tenggorokan)

●      Infeksi virus lainnya, seperti gondongan, herpes atau influenza

Infeksi bakteri

Infeksi bakteri juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Hal ini dapat terjadi karena:

●      Radang tenggorokan, yang biasanya tidak disertai hidung tersumbat atau batuk

●      Peradangan atau infeksi amandel (tonsillitis) dan kadang-kadang kelenjar gondok (adenoiditis)

●      Infeksi pada jaringan di sekitar amandel (abscess peritonsillar)

●      Peradangan pada epiglotis (epiglottitis)

●      Peradangan pada uvula (uvulitis) ***

Infeksi jamur

Infeksi jamur di mulut, tenggorokan, atau saluran makanan juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat menelan. Jamur bisa tumbuh di luar kendali jika kondisi sistem kekebalan tubuh melemah. Penyebab umum infeksi jamur adalah bakteri Candida. Gejala tambahan mungkin terjadi antara lain:

- Kehilangan indera pengecap

- Bercak putih di lidah

- Kemerahan di sudut mulut

Perhatikan Penggunaan Antibiotik

 

Perawatan untuk sakit tenggorokan tergantung pada penyebabnya. Anda mungkin dapat menggunakan perawatan di rumah untuk meredakannya.

Untuk nyeri tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi ringan dari pilek atau flu, sebenarnya tidak ada obat khusus untuk mengatasinya. Umumnya, kondisi Anda akan segera membaik dalam beberapa hari.

Apalagi infeksi virus adalah penyebab paling umum dari sakit tenggorokan, maka penting untuk tidak menggunakan antibiotik untuk mengobatinya. Antibiotik tidak mengubah perjalanan infeksi virus.

Penggunaan antibiotik yang tidak perlu membuat Anda berisiko mengalami reaksi alergi dan efek samping antibiotik, misal mual, muntah, diare, ruam, dan infeksi jamur. Antibiotik juga dapat membunuh bakteri baik dan mendorong perkembangan bakteri yang kebal terhadap antibiotik yang berbahaya.

Untuk sakit tenggorokan yang disebabkan oleh radang (strep), pengobatan dengan antibiotik mungkin diperlukan.

Perawatan di Rumah

Perawatan di rumah biasanya merupakan perawatan yang diperlukan untuk sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus. Kiat-kiat berikut ini dapat membantu Anda merasa lebih baik.

1. Berkumurlah dengan air garam hangat untuk membantu mengurangi pembengkakan dan meredakan rasa tidak nyaman:

  1. Berkumurlah setidaknya sekali setiap jam dengan 1 sdt garam yang dilarutkan dalam 240 mL air hangat.
  2. Jika Anda mengalami postnasal drip, berkumurlah sesering mungkin untuk mencegah iritasi tenggorokan.

2. Mencegah dehidrasi. Cairan dapat membantu mengencerkan sekresi dan menenangkan tenggorokan yang teriritasi. Mengonsumsi makanan dan minuman hangat seperti sup kaldu, air hangat, atau teh herbal yang dicampur madu dapat membantu mengurangi iritasi tenggorokan. 

3. Gunakan alat penguap atau pelembab udara di kamar tidur Anda.

  1. Udara hangat atau dingin dapat membantu Anda merasa lebih nyaman. Hal ini juga dapat meredakan suara serak. Tetapi jangan biarkan kamar Anda menjadi sangat dingin atau sangat lembab.
3 dari 3 halaman

Gunakan Pelega Tenggorokan

4. Jangan merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya dan hindari perokok pasif.  

5. Jika Anda menduga bahwa masalah dengan asam lambung mungkin menyebabkan sakit tenggorokan Anda, silakan konsultasi ke dokter.

6. Gunakan pelega tenggorokan tanpa resep.

  1. Permen pelega tenggorokan atau semprotan obat mengandung obat (anestesi lokal) yang membuat tenggorokan mati rasa untuk meredakan nyeri.
  2. Pikirkan untuk membeli jenis yang bebas gula.

7. Gunakan dekongestan atau semprotan hidung steroid jika Anda mengalami hidung tersumbat (hidung tersumbat).

  1. Obat-obatan ini membuat bernapas lebih mudah dengan mengecilkan selaput lendir yang membengkak di hidung, sehingga udara dapat masuk. Obat-obatan ini juga membantu meredakan pilek dan tetesan pasca-infeksi hidung, yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan.
  2. Obat-obatan ini mungkin tidak aman untuk anak kecil atau orang yang memiliki masalah kesehatan tertentu. Sebelum Anda menggunakannya, periksalah labelnya. Jika Anda menggunakan obat-obatan ini, selalu ikuti petunjuk tentang berapa banyak yang harus digunakan berdasarkan usia.

Jika beragam cara mengatasi sakit tenggorokan secara alami sudah dicoba tapi masalah kesehatan ini tak kunjung sembuh, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat