uefau17.com

Mengenal Activity Snacking, Jalan Kaki 3 Menit Setiap Setengah Jam Bantu Kontrol Kadar Gula Darah - Health

, Jakarta Berjalan kaki selama tiga menit setiap setengah jam bisa membantu mengontrol kadar gula darah, khususnya bagi orang yang menderita diabetes tipe 1. Ini disebut activity snacking.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa activity snacking juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan risiko komplikasi bagi mereka yang menderita diabetes tipe 2.

Hal ini dikarenakan dengan beraktivitas, jumlah gula darah yang digunakan oleh otot akan meningkat. Ini membantu tubuh menggunakan insulin lebih efektif, seperti melansir WION News.

Diabetes UK, sebuah organisasi di Inggris yang berfokus mendukung orang-orang penderita diabetes, telah melakukan studi baru tentang hal ini.

Peneliti Matthew Campbell mengungkap dampak activity snacking pada orang yang menderita diabetes tipe 1.

Penelitian menemukan bahwa beristirahat dengan jalan-jalan secara teratur dapat menghasilkan rata-rata kadar gula darah yang lebih rendah selama 48 jam, dibandingkan dengan duduk terus-menerus. 

“Yang lebih penting lagi, strategi ini tidak meningkatkan risiko kadar glukosa darah yang sangat rendah dan berbahaya, yang sering terjadi pada jenis aktivitas fisik dan olahraga yang lebih tradisional,” kata Campbell.

Activity snacking juga dapat membantu orang dengan diabetes tipe 1 untuk mengelola kadar gula darah mereka, serta mengurangi risiko komplikasi yang berkaitan dengan diabetes.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jawaban Bagi Anda yang Masih Sulit Berolahraga

Aktivitas fisik sangat penting dalam menjaga kesehatan. Namun, memang sulit untuk memasukkan olahraga ke dalam rutinitas sehari-hari.

Menurut direktur penelitian Elizabeth Robertson, mengelola kadar gula darah sehari-hari merupakan tugas yang sangat berat bagi orang yang menderita diabetes tipe 1.

Activity snacking merupakan jawaban bahwa perubahan sederhana dan praktis juga dapat memberikan dampak yang besar pada kadar gula darah.

Penemuan ini dapat memotivasi mereka yang masih kesulitan untuk berolahraga setiap hari. 

Campbell menyarankan untuk memulai dengan sesuatu yang sederhana seperti menelpon sambil berjalan.

“Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melakukan perubahan kecil dapat dilakukan sambil menerima panggilan, berjalan atau mengatur pengingat untuk beristirahat sangat berdampak pada kadar gula darah,” kata Campbell kepada BBC.

3 dari 4 halaman

Bisa Dilakukan oleh Siapa Saja

Campbell menjelaskan bahwa activity snacking ini dapat dilakukan oleh siapa saja, baik yang berolahraga secara teratur atau tidak.

“Bagi beberapa orang, activity snacking dapat menjadi langkah penting menuju aktivitas fisik atau olahraga yang lebih teratur. Sedangkan bagi orang lain, ini bisa menjadi intervensi sederhana dan mudah diterapkan untuk membantu mengendalikan kadar gula darah," jelas Campbell.

Dengan cara ini, kita bisa menghindari duduk dalam waktu yang lama dan mencegah masalah kesehatan yang lebih serius.

4 dari 4 halaman

Tak Perlu ke Gym, Bisa Dilakukan Dimana Saja

Tidak perlu gym atau alat bantuan apapun, Anda bisa melakukan activity snacking dimana pun dan kapan pun.

Activity snacking adalah latihan singkat yang hanya berlangsung selama satu atau dua menit. Ini merupakan cara yang mudah, cepat, dan efektif untuk berolahraga.

Cukup dengan luangkan tiga menit setiap setengah jam, kesehatan Anda akan meningkat. 

Walaupun konsep ini mungkin baru bagi Gen Z, tetapi sebenarnya ini bukan hal yang baru.

Banyak penulis terkenal, termasuk Dan Brown, penulis The Da Vinci Code, meluangkan waktu beberapa menit setiap jam untuk berjalan atau melakukan beberapa push up. Mereka percaya bahwa ini meningkatkan produktivitas dan membantu mengatasi blokade penulis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat