uefau17.com

Malam Nisfu Syaban Tiba, Waktunya Perbanyak Istigfar - Health

, Jakarta Malam Nisfu Syaban adalah salah satu malam yang mulia, penuh berkah, dan rahmat. Di 2023 ini, Nisfu Syaban atau pertengahan bulan Syaban jatuh pada 8 Maret 2023.

Malam Nisfu Syaban juga disebut sebagai waktu pembebasan dari neraka, pelepasan dari segala penderitaan, dan pengampunan segala dosa. Hal tersebut disebutkan dalam sebuah hadits Rasulullah saw berikut.

عن معاذ بن جبل رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه و سلم قال يطلع الله الى جميع خلقه ليلة النصف من شعبان فيغفر لجميع خلقه الا لمشرك او مشاحن

Artinya:

"Allah menghadirkan malam Nisfu Syaban kepada semua makhluk-Nya dalam rangka Allah SWT mengampuni segala dosa dan kesalahan yang telah diperbuat semua makhluk-Nya tersebut, kecuali orang yang musyrik (menyekutukan Allah) dan musyahin (orang yang menyebabkan permusuhan),” (HR Imam Thabrani dan Ibnu Hibban sebagaimana dikutip Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki, Maa Dzaa fi Syaban) seperti melansir NU Online, Selasa (7/3/2023).

Mengingat keistimewaan tersebut, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak memohon ampunan kepada Allah SWT atau beristigfar.

Sebagaimana diketahui, istigfar memberikan banyak faedah kepada pengamalnya, apalagi hal tersebut dilakukan sebanyak mungkin. Bukan saja diampuni oleh Allah SWT dari segala macam dosa, tetapi juga banyak hal positif dan manfaat lain yang bisa didapatkan dari beristigfar.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Istigfar

Menurut tokoh Islam Sayyid Muhammad al-Maliki, istighfar dapat memperlancar rizki, melebur segala dosa, melepaskan penderitaan, menghilangkan kesusahan, dan menolak gundah gulana.

Hal tersebut didasarkan pada banyak hadits Rasulullah SAW. Di antaranya, hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Daud, Imam Ibnu Majah, Imam An-Nasai, dan Imam Al-Hakim berikut:

قال النبي صلى الله عليه و سلم: من لزم الاستغفار جعل الله له من كل هم فرجا ومن كل ضيق مخرجا ورزقه من حيث لا يحتسب

Artinya:

Nabi Muhammad saw bersabda: "Siapa yang melanggengkan istigfar, Allah SWT akan menjadikan untuknya, dari setiap kesulitan menjadi kebahagiaan, dari setiap kesempitan menjadi solusi jalan keluar, dan rizkinya dari hal yang tak diduga-duga."

3 dari 4 halaman

Bagi yang Gemar Beristigfar

Maka tidak aneh bila Rasulullah SAW menegaskan kebahagiaan bagi mereka yang gemar beristigfar sebagaimana termaktub dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah disebutkan, bahwa Rasulullah saw bersabda:

"Berbahagialah orang yang dalam catatan amalnya terdapat banyak istigfar."

Adapun lafal istigfar yang paling mudah dan biasa dibaca adalah sebagai berikut:

 أَسْتَغْفِرُ اللّٰهَ الْعَظِيْمَ

Astaghfiru llâhal 'adhim

Artinya:

"Saya memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung."

4 dari 4 halaman

Baca Surat Yasin 3 Kali

Di malam Nisfu Syaban, banyak juga masyarakat yang membaca Surat Yasin tiga kali disertai dengan memperbanyak berdoa.

Yasin pertama diniatkan untuk panjang umur dalam kondisi taat dan patuh pada Allah. Yasin kedua diniatkan untuk tolak bala dalam seumur hidup. Sementara Yasin ketiga diniatkan untuk minta kekayaan dan kecukupan selama hidup.

Sementara esoknya, umat Islam juga disunnahkan untuk berpuasa. Hal ini selaras dengan sebuah hadits Rasulullah saw,

"Apabila tiba malam Nisfu Syaban, maka hidupkan malamnya dan berpuasalah di siang harinya” (HR Ibnu Majah dalam as-Sunan dan al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat