uefau17.com

Jalan Mundur, Apa Dampaknya bagi Kesehatan? - Health

, Jakarta - Berjalan kaki diketahui membawa banyak dampak positif bagi kesehatan. Bagi banyak orang, jalan kaki merupakan bentuk olahraga low-impact termudah dan termurah. Setiap langkah bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan bahkan mengurangi rasa bersalah ketika makan terlalu banyak. 

Berjalan kaki ke depan tentu lazim dilakukan. Lalu bagaimana dengan berjalan kaki mundur ke belakang? Apakah berjalan kaki dengan cara ini juga memberi dampak bagi kesehatan?

Meski terdengar tak biasa, berjalan mundur atau ke belakang ternyata mempunyai dampak kesehatan seperti menguatkan pikiran, otot, hingga sendi.

Salah satu manfaat berjalan mundur adalah dapat membantu memperkuat pikiran dan koordinasi Anda.

“Melakukan sesuatu seperti menantang tubuh untuk berjalan mundur sebenarnya membutuhkan banyak koordinasi, cukup banyak usaha, dan meminta otak Anda untuk melakukan sesuatu yang tidak biasa dilakukannya,” kata McNamara.

Dia mencatat bagaimana memulihkan korban stroke, yang belajar kembali cara berjalan, dapat mengambil manfaat dari latihan rehabilitasi yang mencakup berjalan mundur. Dengan menguasai tugas menantang berjalan mundur, mereka memperkuat keterampilan koordinasi mereka dan dapat meningkat dalam bentuk gerakan yang kurang menantang, berjalan maju.

Manfaat lain dari berjalan mundur adalah penguatan otot dan persendian, dilansir New York Post.

Menurut McNamara, saat Anda mundur selangkah, dua dari empat otot utama di paha kita cenderung bekerja sedikit lebih keras daripada jika Anda melangkah maju. Karena kedua otot itu bekerja sedikit lebih banyak, mereka menjadi sedikit lebih kuat, yang membantu memberikan stabilitas pada lutut dan mengurangi tekanan pada lutut.

Ini kadang-kadang bisa berarti peningkatan kualitas hidup dan mengurangi rasa sakit bagi mereka yang menderita osteoartritis lutut, kata McNamara. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalan Mundur Bakar Lebih Banyak Kalori

Berjalan mundur juga membakar lebih banyak kalori.

Ini karena berjalan mundur melatih kelompok otot yang biasanya tidak digunakan saat Anda berjalan maju. Ini juga melibatkan mengambil langkah yang lebih pendek dan lebih banyak, daripada langkah yang lebih panjang yang diambil saat berjalan ke depan. Lebih banyak otot juga diaktifkan untuk membuat Anda tetap tegak dan mencegah jatuh ke belakang.

Sementara berjalan mundur mengarah pada pengeluaran energi yang lebih besar, McNamara memperingatkan bahwa itu mungkin bukan pilihan olahraga terbaik untuk manajemen berat badan. Sebaliknya, dia mengatakan latihan ini lebih cocok untuk latihan kekuatan dan ketahanan.

3 dari 3 halaman

Cara Terbaik Jalan Mundur

Alih-alih berjalan mundur dalam waktu yang lama, bagaimanapun, McNamara merekomendasikan agar orang berjalan mundur untuk waktu yang lebih singkat dan mereka menciptakan perlawanan dengan menyeret sesuatu saat mereka berjalan.

Dia mencatat bagaimana atlet, seperti pemain NFL, dapat menjalani latihan kekuatan dengan membebani kereta luncur dan kemudian menariknya ke arah mereka saat mereka berjalan mundur. Pelatihan resistensi ini adalah bentuk latihan standar untuk banyak tim.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat