uefau17.com

Menteri hingga Gubernur Senang Pernikahan Kaesang-Erina Kental Budaya Indonesia - Health

, Jakarta Sejak awal terbuka soal rencana pernikahan, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep dan sang istri Erina Gudono kerap memamerkan foto prewedding yang kental dengan budaya Indonesia lewat busana yang dikenakan.

Dalam rangkaian acara pernikahan, Kaesang dan Erina pun masih menggunakan adat dan budaya milik masing-masing. Mulai dari siraman, akad, tasyakuran, ngunduh mantu, hingga kirab pengantin.

Ternyata keputusan Kaesang dan Erina menggunakan adat dan budaya yang kental dalam pernikahannya disambut baik oleh menteri hingga gubernur. Salah satunya menteri yang turut hadir dalam acara keduanya adalah Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah.

Ida mengungkapkan bahwa dirinya turut senang lantaran Kaesang dan Erina mau menggunakan budaya masing-masing dalam rangkaian acara pernikahannya.

"Auranya kedua mempelai kelihatan sekali. Pancaran kebahagiaan nyata dari kedua mempelai dan saya sangat bangga Mas Kaesang sama Mbak Erina mengangkat budaya lokal, budaya kita, budaya Jawa yang luar biasa," kata Ida dalam siaran langsung SCTV usai menghadiri acara pada Minggu, (11/12/2022).

"Kan tidak semua orang menikah dengan menggunakan adat dari daerahnya masing-masing. Kalau bukan kita, siapa lagi yang mengangkat budaya lokal kita," tambahnya.

Pendapat selaras diungkapkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Khofifah mengaku ikut merasa bangga dengan budaya yang diangkat dalam pernikahan Kaesang dan Erina.

"Saya rasa sebaiknya yang lain mengikuti (menikah dengan budaya), supaya proses dari eksplorasi filosofi budaya yang kita miliki dikenali terutama oleh anak-anak muda kita," ujar Khofifah.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernikahan dengan Adat dan Budaya Harus Dihidupkan

Lebih lanjut Khofifah mengungkapkan bahwa jika adat-adat dalam pernikahan tidak terus dihidupkan, maka semakin lama budaya tersebut bisa luntur. Sehingga memang harus terus digunakan kedepannya.

"Kalau ini tidak dihidup-hidupkan oleh semua yang memiliki atensi untuk bisa memberikan kekuatan pada budaya kita, saya khawatir akar dari budaya kita itu makin lama makin haus. Semakin tidak dikenali," kata Khofifah.

Khofifah mengungkapkan bahwa dalam momentum itu, ia berusaha untuk mengikuti ritme budaya Solo dan Yogyakarta dengan menggunakan kebaya. Itulah mengapa dirinya hadir dengan kebaya lengkap beserta kainnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sendiri menjelaskan jikalau adat dan budaya yang dijalankan keluarga besarnya saat pernikahan Kaesang dan Erina menjadi bukti warisan leluhur masih dirawat dengan baik oleh negara.

"Kami ngunduh mantu, sekaligus merawat kebudayaan memelihara kebudayaan karena budaya adalah warisan para leluhur kita," kata Jokowi di Loji Gandrung, Solo pada awak media mengutip News .

3 dari 4 halaman

Kenalkan Adat dan Budaya Jadi Hal Wajib

Menurut Jokowi, mengenalkan budaya dan adat yang dimiliki Indonesia termasuk dalam hal pernikahan sebenarnya hal yang wajib dilakukan dan dicintai oleh seluruh warga Indonesia.

"Mengenalkan budaya kita adalah wajib, mencintai juga kewajiban kita bersama," kata Jokowi.

"Kecintaan pada budaya harus kita tunjukan, agar identitas budaya semakin kita cintai," pungkasnya.

Dalam acara pernikahan putra bungsunya itu, Jokowi diketahui telah mempersiapkan seragam tak hanya untuk keluarga besarnya. Melainkan untuk para menteri saat tasyakuran Kaesang dan Erina di Puro Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah.

Para menteri maupun pasangannya menggunakan seragam beskap dan kebaya berwarna abu-abu.

4 dari 4 halaman

Persiapkan Seragam untuk Menteri

Ida yang turut hadir menggunakan seragam dari Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa kebaya yang dikenakannya itu memang sudah disiapkan. Sehingga dirinya tidak lagi mencari bahan.

"Kami terima kasih disediakan. Enggak perlu repot-repot nyari bahannya. Cantik ya," ujar Ida.

Menurut Ida, seragam yang digunakan bersama-sama tersebut lebih bertujuan untuk menunjukkan rasa kebersamaan diantara para menteri kabinet. Ia pun menyampaikan rasa bahagia untuk pernikahan Kaesang dan Erina.

"Kebersamaan kalau semua pakai baju yang sama, kelihatan kebersamaannya. Sama-sama senang, sama-sama bahagia atas pernikahannya Mas Kaesang dan Mbak Erina," kata Ida.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat