uefau17.com

Ginseng Korea Kian Populer di Mancanegara, Sebelum Konsumsi Ketahui Dulu Manfaat dan Bahayanya - Health

, Jakarta Menurut Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corp (aT), ekspor pertanian dan perikanan Korea Selatan mencapai USD 11,36 miliar tahun lalu, melebihi USD10 miliar untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Salah satu merek ginseng merah 'CheongKwanJang' yang dibuat oleh KGC (Korea Ginseng Corporation), yang memiliki tradisi selama 123 tahun, terhitung sekitar 70% dari total pasar ginseng merah di Korea.

Untuk menghasilkan ginseng merah dengan kualitas terbaik, 'CheongKwanJang' melakukan 430 uji keamanan selama total 8 tahun sebelum produk dikirim, termasuk 2 tahun pengelolaan tanah dan 6 tahun budidaya, untuk menghasilkan ginseng merah premium yang dapat dikonsumsi pelanggan dengan percaya diri.

Di antara mereka, ekspor produk ginseng, seperti ginseng merah, adalah yang tertinggi yang pernah ada sehingga mencapai $267,2 juta, naik 16,3% dari tahun sebelumnya.

Popularitas berbagai budaya Korea, termasuk kegilaan K-pop yang dipimpin oleh BTS, film Parasite yang diakui secara global, dan drama Korea yang populer di seluruh dunia telah meningkatkan minat pada masakan dan makanan Korea.

Secara historis, makanan Korea pertama yang dicintai oleh orang-orang di seluruh dunia adalah 'ginseng Korea.' Selama ribuan tahun, ginseng Korea telah dikenal sebagai hadiah istimewa dari surga untuk melindungi kesehatan orang Korea.

Secara khusus, karena kualitas dan khasiatnya yang sangat baik, ginseng Korea diekspor ke lebih dari 40 negara di seluruh dunia, termasuk China, Amerika Serikat dan Jepang, dan dicintai oleh orang-orang di seluruh dunia.

Ginseng Korea disebut dengan berbagai nama tergantung pada metode pengolahannya, tetapi sebagian besar ginseng Korea diproduksi dalam bentuk ginseng merah melalui streaming dan pengeringan. Ginseng merah diketahui memiliki khasiat terbaik untuk setiap bahan aktif di antara berbagai bentuk ginseng karena saponin unik disintesis selama proses pembuatan.

Ginseng merah juga merupakan salah satu hadiah kunjungan kenegaraan yang biasa diberikan oleh para pemimpin Korea Selatan kepada para pemimpin asing.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tentang Ginseng

Dilansir dari WebMD, ginseng telah digunakan untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Ini juga telah digunakan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan stres dan penyakit. Ada berbagai jenis ginseng.

Ginseng Asia (dari sumber China dan Korea) telah digunakan untuk mencerahkan pikiran, diabetes, dan disfungsi ereksi pria. Ginseng Amerika telah digunakan untuk diabetes dan untuk mengurangi risiko pilek dan flu. Ginseng Siberia telah digunakan untuk mengurangi risiko pilek dan flu, dan untuk mengurangi keparahan infeksi virus herpes simpleks tipe 2.

Jangan berikan ginseng pada bayi karena dapat membahayakan. Produk ini tidak dianjurkan untuk digunakan pada anak-anak.

Beberapa produk suplemen herbal/diet telah ditemukan mengandung kotoran/aditif yang mungkin berbahaya. Tanyakan kepada apoteker Anda untuk detail lebih lanjut tentang merek yang Anda gunakan.

FDA belum meninjau produk ini untuk keamanan atau efektivitas. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk lebih jelasnya.

Cara mengonsumsinya, tinggal diminum mengikuti petunjuk yang tertera di kemasannya. Tapi jangan diminum sebelum waktu tidur, karena efek sampingnya bisa mengganggu tidur Anda.

Ginseng juga tidak boleh dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Ginseng Asia tidak boleh digunakan lebih dari 3 bulan sekaligus, dan ginseng Siberia tidak boleh digunakan lebih dari 2 bulan sekaligus.

Ginseng Amerika telah digunakan hingga 1 bulan, meskipun produk ekstrak tertentu telah digunakan hingga 4 bulan. Tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda untuk perincian lebih lanjut tentang produk Anda dan cara menggunakannya dengan aman.

Jika kondisi Anda berlanjut atau memburuk, atau jika Anda merasa memiliki masalah medis yang serius, segera dapatkan bantuan medis.

 

3 dari 4 halaman

Efek Samping

 

Kesulitan tidur adalah efek samping yang paling umum, sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum waktu tidur. Efek yang kurang umum termasuk sakit kepala, agitasi, sakit perut, masalah menstruasi (seperti pendarahan vagina yang tidak biasa), nyeri payudara, dan pusing.

Peningkatan atau penurunan tekanan darah juga dapat terjadi. Ginseng Siberia juga dapat menyebabkan kantuk, gugup, atau perubahan suasana hati. Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, beri tahu dokter atau apoteker Anda segera.

Beri tahu dokter Anda segera jika salah satu dari efek samping yang tidak biasa tetapi serius ini terjadi: detak jantung yang cepat/berdebar/tidak teratur.

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap produk ini jarang terjadi. Namun, segera dapatkan bantuan medis jika Anda melihat salah satu gejala berikut dari reaksi alergi yang serius: ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, kesulitan bernapas.

Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika Anda melihat efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker Anda.

Sebelum mengonsumsi ginseng, beri tahu dokter atau apoteker Anda jika Anda alergi terhadapnya; atau bahan lain yang tercantum pada label produk; atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan yang tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Bicaralah dengan apoteker Anda untuk lebih jelasnya.

Orang yang alergi terhadap satu jenis ginseng juga harus menghindari mengonsumsi jenis lain.

Jika Anda memiliki masalah kesehatan berikut, konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda sebelum menggunakan produk ini: tekanan darah tinggi atau rendah, masalah jantung (seperti irama jantung yang tidak normal, penyakit jantung rematik), masalah pendarahan/pembekuan darah, gangguan mental/suasana hati tertentu. gangguan (skizofrenia), gangguan sistem kekebalan yang terlalu aktif (seperti lupus, rheumatoid arthritis, multiple sclerosis), kondisi yang dipengaruhi oleh estrogen (seperti endometriosis, fibroid rahim, kanker payudara/rahim/indung telur).

Ginseng dapat menurunkan kadar gula darah terlalu banyak, terutama pada penderita diabetes. Ginseng Siberia dapat menurunkan atau meningkatkan kadar gula darah. Jika Anda menderita diabetes, pantau gula darah Anda lebih hati-hati saat menggunakan produk ini, dan laporkan hasil atau gejala yang tidak biasa ke dokter Anda. Dokter Anda mungkin perlu menyesuaikan obat diabetes Anda.

Bentuk cair dari produk ini mungkin mengandung gula dan/atau alkohol. Perhatian disarankan jika Anda memiliki diabetes, ketergantungan alkohol, atau penyakit hati. Tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda tentang penggunaan produk ini dengan aman.

Produk ini dapat membuat Anda pusing atau mengantuk. Alkohol atau ganja (ganja) bisa membuat Anda lebih pusing atau mengantuk. Jangan mengemudi, menggunakan mesin, atau melakukan apa pun yang membutuhkan kewaspadaan sampai Anda dapat melakukannya dengan aman. Batasi minuman beralkohol. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda menggunakan mariyuana (ganja).

Produk ini tidak dianjurkan untuk digunakan selama kehamilan. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan produk ini.

Tidak diketahui apakah produk ini masuk ke dalam ASI. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.

 

4 dari 4 halaman

Interaksi Obat

Interaksi ginseng dapat mengubah cara kerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Beberapa produk yang dapat bereaksi dengan ginseng ini meliputi:

- obat/produk yang dapat meningkatkan risiko perdarahan (termasuk "pengencer darah" seperti warfarin dan heparin,

- obat anti-platelet seperti clopidogrel,

- obat antiinflamasi nonsteroid-NSAID seperti ibuprofen

- produk herbal seperti danshen/bawang putih/jahe), MAO inhibitor (isocarboxazid, linezolid, metaxalone, methylene blue, moclobemide, phenelzine, procarbazine, rasagiline, safinamide, selegiline, tranylcypromine),

- obat-obatan yang melemahkan sistem kekebalan tubuh (termasuk kortikosteroid seperti prednison, obat untuk mencegah penolakan transplantasi organ seperti siklosporin), "pil air" (diuretik seperti furosemide, bumetanide), produk herbal lainnya (seperti fenugreek, kulit pohon willow).

Aspirin juga dapat meningkatkan risiko pendarahan saat digunakan dengan produk ini. Jika dokter Anda telah meresepkan aspirin dosis rendah untuk mencegah serangan jantung atau stroke (biasanya 81-162 miligram sehari), Anda harus terus meminum aspirin. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk lebih jelasnya.

Kafein juga dapat meningkatkan efek samping dari produk ginseng ini. Hindari minum banyak minuman yang mengandung kafein (kopi, teh, minuman ringan tertentu) dan makan cokelat dalam jumlah besar.

Dekongestan (seperti pseudoefedrin) dan stimulan (seperti kafein, ephedra, ma huang) dapat memperburuk kesulitan tidur, detak jantung cepat, dan peningkatan tekanan darah. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk lebih jelasnya.

Jika Anda mengonsumsi ginseng Siberia, beri tahu dokter atau apoteker Anda jika Anda mengonsumsi produk lain yang menyebabkan kantuk seperti nyeri opioid atau pereda batuk (seperti kodein, hidrokodon), alkohol, mariyuana (ganja), obat-obatan untuk tidur atau kecemasan (seperti seperti alprazolam, lorazepam, zolpidem), relaksan otot (seperti carisoprodol, cyclobenzaprine), atau antihistamin (seperti cetirizine, diphenhydramine).

Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun sebelum berkonsultasi dengan dokter atau apoteker Anda terlebih dahulu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat