uefau17.com

Kecelakaan Membuat Laura Anna Tak Bisa Berjalan dan Sulit Memegang - Health

, Jakarta - Selebritis Instagram Edelenyi Laura Anna meninggal dunia pada hari ini, Rabu, 15 Desember 2021. Sebelum meninggal, dia mengalami sebuah kondisi yang dikenal dengan sebutan spinal cord injury (SCI).

Kondisi tersebut terjadi pada Laura Anna usai kecelakaan bersama mantan kekasihnya Gaga Muhammad pada 2019. Dia pun tidak bisa berjalan dan kesulitan untuk memegang.

Tubuh Laura Anna mengalami kelumpuhan hingga tak bisa digerakkan secara leluasa selama dua tahun belakangan. Namun, kondisi tersebut sebenarnya telah mengalami perkembangan.

"Tangan paling kurang leluasa, tapi lebih ke jari-jari enggak bisa gerak. Ini improvement padahal saat awalnya lebih parah," ujar Laura dalam podcast bersama Deddy Corbuzier pada Rabu, 8 Desember 2021.

Laura Anna juga mengungkapkan bahwa sebelumnya ida bahkan tidak bisa bermain handphone dan hanya diam saja selama tiga bulan setelah kecelakaan.

"Improvement. (Sebelumnya) aku tidak bisa bergerak dan main handphone. Cuma diam saja selama tiga bulan," kata Laura.

Mengutip Mayo Clinic, kecelakaan memang menjadi penyebab paling umum terjadinya cedera saraf tulang belakang atau SCI. Hampir setengah kasus SCI terjadi karena kecelakaan.

Faktor lainnya dapat disebabkan oleh terjatuh, tindakan kekerasan (benturan keras), cedera olahraga, dan kondisi medis lainnya seperti kanker, radang sendi, osteoporosis, dan radang sumsum tulang belakang.

SCI sendiri merupakan sebuah kondisi kerusakan pada bagian sumsum tulang belakang atau saraf di ujung kanal tulang belakang, yang dapat menyebabkan perubahan permanen pada kekuatan, sensasi, dan fungsi tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berusaha bahagia

Dari beragam unggahan dalam akun Instagram pribadinya @edlnlaura, Laura Anna selalu berusaha terlihat bahagia di tengah kondisinya tersebut. Usahanya untuk terus bahagia juga diakuinya pada Deddy Corbuzier.

"Happier saja sih, dan itu sudah bikin saya bersyukur. Ada masalah, tapi kan saya masih harus nangis-nangis sih. Saya nangisnya nanti malam saja, kan enggak ada yang tahu juga saya nangis," kata Laura.

"Berusaha saja (untuk kuat). Soalnya saya juga enggak mau teman-teman saya sedih atau apa, kan enggak lucu juga. Masa saya harus sedih terus, nanti mereka enggak mau kunjungin saya lho," tambahnya.

Dalam upayanya untuk bahagia, Laura Anna juga kerap mengunggah dukungan-dukungan yang diberikan orang lain padanya. Seolah menunjukkan rasa syukur karena dikelilingi oleh orang-orang terkasih yang peduli padanya.

3 dari 3 halaman

Infografis

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat