uefau17.com

Benarkah Persalinan Caesar Lemahkan Sistem Kekebalan Tubuh Bayi? - Health

, Jakarta Pinggul terlalu kecil, posisi bayi yang sungsang, hingga adanya kesehatan pada ibu merupakan beberapa penyebab persalinan caesar. Selain itu, bayi yang dilahirkan melalui proses caesar disebut-sebut memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, benarkah? 

Dalam sebuah penelitian, seperti dikutip laman Bio Techniques dijelaskan bahwa bayi yang lahir melalui operasi caesar mungkin memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. 

Itu karena saat dilahirkan, bayi berpotensi nggak terpapar bakteri baik di jalur lahir ibu dan hal tersebut dapat memengaruhi daya tahan tubuh.

"Kami menemukan zat bakteri yang merangsang sistem kekebalan pada bayi yang lahir melalui vagina (lahir normal). Sebaliknya, stimulasi kekebalan pada anak yang dilahirkan caesar justru jauh lebih rendah karena ada bakteri lain yang menghambat reaksi kekebalan awal ini terjadi," ujar Paul Wilmes dari Universitas Luxemburg. 

Selain kata Paul, penelitian yang dipublikasikan Nature Communication juga pernah melakukan studi terhadap bayi yang lahir melalui operasi caesar. 

Dalam penelitian itu disebut bahwa selama manusia dilahirkan memang bebas dari kuman. Namun selama proses bayi itu dilahirkan, ada bakteri penting yang berkoloni dalam tubuh. Ya, kolonisasi ini dapat mengubah kesehatan seseorang di kemudian hari. 

"Ini mungkin menjelaskan mengapa, secara epidemiologis, anak yang lahir caesar lebih sering menderita penyakit kronis terkait sistem kekebalan, dibandingkan dengan bayi yang lahir melalui vagina," jelas Wilmes. 

Meski demikian, sistem kekebalan tubuh bayi dapat dioptimalkan melalui pemberian ASI eksklusif yang mengandung Sinbiotik untuk mengembalikan kolonisasi bakteri baik untuk optimalkan daya tahan tubuhnya.

Selain itu, sebagai calon ibu, pastikan kamu juga sudah siap untuk menghadapi persalinan dengan mendapatkan pengetahuan lengkap terkait persalinan caesar. Apakah mama sudah siap? 

Nah pastikan kamu dapat mengakses informasi persiapan sebelum dan setelah persalinan caesar secara lengkap dan praktikal untuk bantu persiapan melahirkan. Semua informasi tersebut bisa didapatkan langsung dari para tenaga ahli kesehatan dan praktisioner melalui C-Ready Learning Page. 

Untuk diketahui, C-Ready Learning Page merupakan wadah informasi yang disediakan untuk membantu para Mama menjawab tantangan persalinan caesar.

Mulai dari persiapan menghadapi Caesar, dampak risiko caesar, tips pemulihan pasca caesar, hingga teknik laktasi bagi si kecil yang lahir caesar. Semuanya terangkum secara lengkap dan mudah diakses melalui video pembelajaran langsung dari para ahli di bidangnya.

 

(*)

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat