uefau17.com

Varian Baru Virus Corona B117 Masuk RI, Apa Strategi Pemerintah Tekan Laju Penularan? - Health

, Jakarta - Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono mengatakan bahwa varian baru virus Corona COVID-19 B117 sudah masuk wilayah Republik Indonesia. Ditemukan dua kasus orang yang terinfeksi virus Corona varian baru ini.

"Kalau satu tahun yang lalu kita menemukan kasus 01 dan 02 COVID-19, tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa tepat satu tahun hari ini, kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia," kata Dante dalam kegiatan Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pasca Pandemi pada Selasa (2/3/2021).

Terkait temuan varian baru virus Corona yang disebut-sebut mudah menular ini, Satgas COVID-19 mengatakan bakal melakukan penelusuran siapa saja yang kontak dengan pasien tersebut.

"Adanya temuan ini ditindaklanjuti segera dengan penelusuran kasus, untuk mencegah meluasnya penularan," kata Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito dalam konferensi pers daring Seasa, 2 Maret 2021.

Monitoring yang lebih ketat terhadap kemungkinan masuknya varian baru COVID-19 juga bakal dilakukan di pintu-pintu kedatangan internasional yang ada di Indonesia. Baik itu lewat udara maupun laut.

"Petugas di pintu kedatangan bersama lembaga dan kementerian serta Satgas akan melakukan monitoring serta evaluasi terkait implementasi di lapangan," tutur Wiku.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tentang B117

Mutasi SARS-CoV-2 B117 dari Inggris dilaporkan lebih mudah menular daripada varian virus Corona yang telah lebih dulu ada.

Pemerintah Indonesia juga sejak Desember 2020 sudah memperketat perjalanan dari luar negeri, demi mencegah masuknya varian tersebut ke dalam negeri.

3 dari 3 halaman

Infografis

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat