uefau17.com

Gerak-gerik Kontroversial Biden di KTT G7: Beri Hormat PM Italia hingga Linglung - Global

, Roma - Joe Biden (81) menunjukkan sejumlah tindakan "mengkhawatirkan" saat menghadiri KTT G7 di Borgo Ignazia, Italia. Hal tersebut dinilai mempertontonkan "tanda-tanda kemunduran" kondisi kesehatan presiden tertua Amerika Serikat (AS) itu.

Daftar kecanggungan dimulai saat Biden memberi hormat kepada Perdana Menteri (PM) Italia Giorgia Meloni yang menantinya di panggung pada hari pertama KTT G7, Kamis (13/6/2024).

"Apakah Giorgia Meloni bergabung dengan militer AS dan tidak seorang pun memberi tahu kita? Kenapa Biden memberinya hormat?" tulis seorang pengguna platform X alias Twitter.

Sebelum peristiwa itu terjadi, Meloni sempat mengatakan kepada Biden, "Anda tidak seharusnya membuat seorang wanita menunggu seperti ini."

Momen di panggung ini menuai sorotan warganet. Salah satunya berkomentar, "Perdana Menteri Giorgia Meloni, yang menyambut semua tokoh besar dunia di pagi hari, harus menunggu dua puluh menit sebelum penghuni Gedung Putih menunjukkan dirinya. Sebuah rekor keterlambatan yang tidak mendapat penjelasan."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hilang Fokus

Mengutip The Hindustan Times, momen lainnya yang membuat Biden jadi sorotan selama KTT G7 adalah saat dia dilaporkan tertidur dalam pertemuan meja bundar. Dalam video yang beredar luas, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy terlihat bangkit dari kursinya untuk membangunkan presiden ke-46 AS itu.

"Zelenskyy bangkit dari tempat duduknya dan membangunkan Biden, yang tampak sedang tidur. Ini memalukan," tulis seorang warganet.

Yang tidak kalah mengundang komentar adalah tingkah laku Biden ketika dia bersama dengan para pemimpin G7 menyaksikan atraksi terjun payung. Alih-alih merapat dan fokus pada titik yang sama dengan para pemimpin G7 lainnya, Biden justru linglung dengan melihat dan berjalan ke arah yang berbeda, sebelum akhirnya PM Meloni menyadarinya dan segera mengambil langkah "menegur" Biden dan membawanya kembali ke tengah-tengah para pemimpin.

3 dari 3 halaman

Menambah Panjang Daftar Perilaku Kontroversial Biden

Sebelumnya, saat menghadiri upacara peringatan D-Day di Prancis pada Kamis (6/6), Biden terekam kamera "mencari-cari" kursinya, sementara Ibu Negara Jill Biden beserta Presiden Emmanuel Macron dan istri tetap berdiri tegak.

Selain itu, dia juga tertangkap kamera tertidur pada acara yang sama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat