uefau17.com

Malawi Umumkan 21 Hari Masa Berkabung atas Tewasnya Wapres Saulos Chilima dalam Kecelakaan Pesawat - Global

, Lilongwe - Pemerintah Malawi pada Rabu (12/6/2024) mengatakan bahwa mendiang Wakil Presiden Saulos Chilima akan dihormati dengan pemakaman kenegaraan. Chilima tewas dalam kecelakaan pesawat  bersama delapan orang lainnya.

Presiden Lazarus Chakwera mengumumkan 21 hari berkabung nasional pada hari Selasa (11/6), ketika puing-puing pesawat militer kecil yang membawa Chilima dan mantan ibu negara ditemukan di daerah pegunungan di utara negara itu. Demikian seperti dilansir kantor berita AP, Kamis (13/6).

Chilima berusia 51 tahun dan telah menjadi wakil presiden Malawi sejak tahun 2014, setelah menjalani masa jabatan pertamanya di bawah mantan Presiden Peter Mutharika.

Chakwera sebelumnya mengatakan ada 10 orang di dalam pesawat nahas tersebut, namun teranyar pemerintah mengonfirmasi hanya ada sembilan orang di dalamnya. Enam di antaranya penumpang dan tiga awak militer.

Korban termasuk mantan ibu negara Shanil Dzimbiri.

"Semua orang tewas akibat benturan ketika pesawat baling-baling ganda itu jatuh di perbukitan, area hutan, di tengah cuaca buruk," kata presiden.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Mendapat Peringatan

Pesawat yang ditumpangi Chilima dan rombongan sedang dalam penerbangan rute pendek, yakni dari ibu kota, Lilongwe, ke kota utara Mzuzu untuk menghadiri pemakaman mantan menteri ketika dilaporkan hilang pada Senin (10/6) pagi.

Menurut Presiden Chakwera, pengawas lalu lintas udara telah memberi tahu pesawat tersebut agar tidak mendarat di Mzuzu karena cuaca dan jarak pandang yang buruk serta untuk kembali ke Lilongwe.

Pengawas lalu lintas udara kemudian kehilangan kontak dengan pesawat tersebut, sebelum akhirnya menghilang dari radar.

Jenazah para korban dibawa kembali ke Lilongwe dengan helikopter Angkatan Udara Zambia pada Selasa malam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat