uefau17.com

Wakil Presiden Malawi Dikonfirmasi Tewas Pasca Puing Pesawat Ditemukan - Global

, Lilongwe - Bangkai pesawat yang membawa wakil presiden Malawi dan rombongan berhasil ditemukan. Tidak ada yang selamat. Hal tersebut dikonfirmasi Presiden Lazarus Chakwera.

Saulos Chilima (51) dan sembilan orang lainnya sedang terbang dalam rute penerbangan dalam negeri pada Senin (10/6/2024) pagi ketika pesawat mereka menghilang dari radar bandara.

Pesawat tersebut merupakan pesawat militer dan terbang dalam cuaca buruk.

Pihak militer telah mencari di Hutan Chikangawa semalaman hingga pagi hari dalam upaya menemukan pesawat tersebut. Sebelumnya, seorang pejabat militer mengatakan bahwa pesawat militer yang mengangkut Chilima dan rombongan kemungkinan jatuh di hutan di bagian utara negara itu.

Dalam jumpa pers pada hari Selasa, Presiden Chakwera mengatakan komandan Angkatan Pertahanan Malawi memberitahunya bahwa operasi pencarian dan penyelamatan telah selesai dan pesawat telah ditemukan. Demikian seperti dilansir BBC, Selasa (11/6).

Chakwera mengatakan dia sangat sedih dan menyesal memberi tahu masyarakat Malawi tentang tragedi mengerikan itu.

Presiden dan wakil presiden Malawi berasal dari partai yang berbeda, namun keduanya bekerja sama membentuk aliansi pada pemilu 2020.

Chakwera memberikan penghormatan kepada Chilima, menggambarkannya sebagai "orang baik", "ayah yang berbakti" dan "wakil presiden yang tangguh".

"Saya menganggapnya sebagai salah satu kehormatan besar dalam hidup saya untuk memiliki dia sebagai wakil dan konselor," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Evakuasi Jenazah Sedang Berlangsung

Chilima sedang dalam perjalanan untuk mewakili pemerintah pada pemakaman mantan menteri Ralph Kasambara, yang meninggal empat hari lalu.

Mantan Ibu Negara Shanil Dzimbiri juga berada dalam penerbangan yang sama yang lepas landas dari ibu kota, Lilongwe, pada Senin pagi.

Pesawat tersebut dimaksudkan untuk mendarat di bandara di utara Kota Mzuzu, namun dibatalkan karena jarak pandang yang buruk.

Militer sedang mengangkut jenazah Chiima dan korban lainnya ke Lilongwe, kata Presiden Chakwera, seraya menambahkan bahwa pengaturan pemakaman akan diumumkan pada waktunya.

Chilima telah menjadi wakil presiden Malawi sejak 2014. Dia ditangkap dan didakwa pada tahun 2022 atas tuduhan menerima uang sebagai imbalan atas pemberian kontrak pemerintah.

Dia membantah melakukan kesalahan.

Bulan lalu, pengadilan membatalkan dakwaan tersebut tanpa memberikan alasan atas keputusan tersebut.

Chilima berstatus menikah dan memiliki dua anak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat