uefau17.com

Astronot Apollo 8 Bill Anders Meninggal Dunia di Usia 90 Tahun Akibat Kecelakaan Pesawat - Global

, Washington D.C - Astronot Apollo 8 Bill Anders yang mengambil salah satu foto paling terkenal di ruang angkasa, meninggal dalam kecelakaan pesawat pada usia 90 tahun.

Otoritas di Amerika Serikat (AS) mengatakan, sebuah pesawat kecil yang diterbangkannya jatuh ke laut di lepas pantai negara bagian Washington.

Putra Bill Anders, Greg, mengonfirmasi bahwa jenazah ayahnya ditemukan pada Jumat (7/6/2024) sore.

"Keluarga sangat berduka. Ia adalah pilot yang hebat. Ia akan dirindukan," demikian pernyataan dari keluarga, dikutip dari BBC, Sabtu (8/6).

Anders yang merupakan pilot modul Bulan pada misi Apollo 8 mengambil foto Earthrise yang ikonik, salah satu gambar Bumi yang paling berkesan dan inspiratif dari ruang angkasa.

Diambil pada Malam Natal selama misi tahun 1968, penerbangan ruang angkasa berawak pertama yang meninggalkan Bumi dan mencapai Bulan, gambar tersebut memperlihatkan Bumi muncul di atas cakrawala dari permukaan bulan yang tandus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Ruang Angkasa

Anders kemudian menggambarkannya sebagai kontribusinya yang paling signifikan bagi program ruang angkasa.

Gambar tersebut secara luas dianggap memotivasi gerakan lingkungan global dan mengarah pada terciptanya Hari Bumi, sebuah acara tahunan untuk mempromosikan aktivisme dan kesadaran akan kepedulian terhadap planet ini.

Berbicara tentang momen tersebut, Anders berkata: "Kami datang jauh-jauh untuk menjelajahi Bulan, dan hal terpenting yang kami temukan adalah Bumi."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat