uefau17.com

Perang Balon Korea Selatan Vs Korea Utara Berlanjut, Terbaru Isinya Termasuk Uang Kertas Dolar AS - Global

, Seoul - Perang balon antara Korea semakin intensif setelah para aktivis di Korea Selatan mengaku mereka mengirimkan balon-balon yang membawa propaganda anti-Korea Utara melewati perbatasan kedua negara.

Sekelompok pembelot Korea Utara yang disebut Gerakan Korea Utara Merdeka pada hari Kamis (6/6/2024) menuturkan mereka telah mengirimkan 10 balon besar berisi 200.000 pamflet yang mengkritik rezim Kim Jong Un, uang kertas dolar Amerika Serikat, dan flash drive yang berisi musik hingga acara TV K-pop. Demikian menurut media Korea Selatan, seperti dilansir The Guardian.

BACA JUGA: VIDEO: Pentagon Jawab Isu Tentara Korea Utara Bakal Perang Lawan Ukraina

Ketegangan lintas batas antar Korea meningkat pekan lalu setelah Korea Utara melepaskan hampir 1.000 balon berisi sampah dan kotoran hewan sebagai bentuk protes terhadap kelompok-kelompok di Korea Selatan yang menggunakan cara serupa untuk menyebarkan pesan-pesan propaganda, termasuk tentang kehidupan di Korea Selatan.

Korea Utara pada 3 Juni mengumumkan setuju untuk menghentikan penerbangan balon setelah Korea Selatan memperingatkan balasan berupa tindakan yang tidak tertahankan. Di lain sisi, Korea Selatan mengumumkan menangguhkan sepenuhnya perjanjian militer dengan Korea Utara yang diteken pada tahun 2018 untuk mengurangi ketegangan lintas batas.

Keputusan itu berarti Korea Selatan dapat melanjutkan latihan tembak-menembak, serta memulai kembali siaran anti-Kim Jong Un di dekat perbatasan.

Melanjutkan siaran tersebut akan membuat marah Korea Utara, yang sebelumnya mengancam akan menghancurkan pengeras suara dengan artileri kecuali pengeras suara dimatikan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemicu Perang Balon

Sebuah foto yang dirilis oleh kelompok pembelot menunjukkan seorang aktivis memegang poster besar berisi foto Kim Jong Un dan saudara perempuannya, Kim Yo Jong.

"Musuh rakyat, Kim Jong Un, mengirimkan kotoran dan sampah kepada rakyat Korea Selatan, namun kami para pembelot mengirimkan kebenaran dan cinta kepada sesama warga Korea Utara!" tulis poster itu.

Grup yang sama mengungkapkan awal pekan ini bahwa mereka telah mengirimkan balon yang membawa sekitar 2.000 USB flash drive yang berisi lagu-lagu penyanyi Korea Selatan Lim Young Woong, dan K-pop serta K-drama lainnya, ke Korea Utara pada tanggal 10 Mei – langkah yang memicu banjir besar balon berisi sampah ke arah yang berlawanan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat