uefau17.com

Studi Ini Ungkap Ribuan Orang di Seluruh Dunia Tak Sadar Terinfeksi Hepatitis C - Global

, London - Permintaan untuk tes hepatitis C telah melonjak di Inggris setelah publikasi temuan penyelidikan darah yang terinfeksi pada bulan Mei 2024.

Dilansir dari Science Alert, Selasa (4/6/2024) data BBC menyebut, "1.750 orang di Inggris hidup dengan infeksi hepatitis C yang tidak terdiagnosis setelah diberi transfusi dengan darah yang terkontaminasi." Secara global, ada ribuan orang lagi yang tanpa sadar hidup dengan virus ini.

Jadi, apakah infeksi ini, bagaimana Anda tahu jika Anda mengidapnya - dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya? Simak artikel ini untuk mengetahuinya.

Apa itu Hepatitis C?

Hepatitis C adalah jenis virus yang ditularkan melalui darah yang menargetkan organ hati kita, dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan hati jika tidak diobati. Virus ini menyebar di antara manusia melalui kontak darah ke darah.

Dalam kasus-kasus yang terdapat dalam penyelidikan darah yang terinfeksi, infeksi terjadi karena pasien menerima produk perawatan yang dibuat dengan darah dari orang yang memiliki virus ini sebelumnya.

Dalam kasus lain, infeksi dapat menyebar melalui penggunaan obat suntik, baik saat ini maupun di masa lalu. Di daerah dengan tingkat hepatitis C yang tinggi, seperti beberapa bagian Asia Selatan, penularan sering terjadi melalui kontak dengan darah yang terkontaminasi selama prosedur medis atau kosmetik.

Generasi baby boomer, yaitu orang-orang yang lahir antara tahun 1946-1964 memiliki tingkat hepatitis C yang lebih tinggi (hingga 1-dari 30 orang yang terinfeksi di Amerika Serikat) karena transfusi darah dan prosedur medis yang dilakukan sebelum ditemukannya virus jenis ini.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akan Semakin Parah jika Dibiarkan

Pada beberapa orang, infeksi jangka panjang dapat menyebabkan jaringan parut hati (sirosis) dan kemudian gagal hati dan kanker hati, yang menyebabkan sekitar seperempat juta kematian per tahun.

"Hepatitis transfusi," yaitu peradangan hati setelah menerima transfusi darah, pertama kali dijelaskan pada tahun 1969. Namun, baru pada tahun 1989 hepatitis C diidentifikasi untuk pertama kalinya, sebuah penemuan yang kemudian dianugerahi Nobel Kedokteran pada tahun 2020.

Pada tahun 1991, donor darah secara rutin diperiksa untuk virus ini di Inggris. Namun sebelum tahun itu, puluhan ribu orang telah menerima transfusi darah yang sudah terkontaminasi hepatitis C.

Hal ini yang menyebabkan banyak orang mengalami infeksi jangka panjang dan ribuan orang meninggal karena penyakit hati.

3 dari 4 halaman

Apa Saja Gejala Hepatitis C?

Hepatitis C umumnya merupakan infeksi yang tidak menimbulkan gejala. Pada saat terinfeksi, tetapi beberapa orang mungkin mengalami gejala awal ringan seperti kelelahan dan nyeri otot. 

Kadang-kadang, virus ini dapat menyebabkan penyakit kuning, warna kuning pada mata dan kulit. Namun, pada kebanyakan orang, mereka tidak mengalami gejala apa pun.

Sistem kekebalan tubuh secara alami akan membersihkan virus ini pada sekitar tiga dari sepuluh orang. 

Tetapi bagi yang lainnya, virus ini menjadi infeksi jangka panjang yang biasanya tidak akan sembuh tanpa pengobatan. Setelah sekitar 20 tahun terinfeksi, banyak yang kemudian berkembang menjadi penyakit hati.

Mereka yang terinfeksi hepatitis C jangka panjang mungkin tidak mengalami gejala apa pun dan sama sekali tidak menyadari bahwa mereka mengidap virus tersebut.

Namun, gejala samar-samar seperti kelelahan, nyeri otot dan "kabut otak" umumnya ditemukan. Kabut otak adalah ketika orang merasa sulit berkonsentrasi, pelupa, atau tidak memiliki kejernihan mental.

Orang dengan infeksi hepatitis C jangka panjang juga dapat mengalami perubahan suasana hati, depresi dan kecemasan. Ketika hati mulai bermasalah, barulah gejala-gejala mulai terlihat, termasuk penyakit kuning, pembengkakan cairan, kebingungan, dan muntah darah.

4 dari 4 halaman

Bagaimana Hepatitis C Dapat Diobati?

Meskipun kita baru mengetahui tentang virus ini kurang dari 40 tahun yang lalu, beberapa pengobatan yang efektif telah dikembangkan dan sudah tersedia secara luas.

awalnya Pengobatan melibatkan rangkaian suntikan yang panjang dengan banyak efek samping dan kemungkinan sembuh yang rendah.

Pengobatan tablet pertama dilisensikan pada tahun 2013 dan beberapa pengobatan lainnya mulai dipasarkan tidak lama setelah itu. Perawatan ini dipastikan aman dan hanya memiliki sedikit efek samping.

Saat ini, rangkaian pengobatan selama delapan hingga 12 minggu digunakan di seluruh dunia dengan tingkat kesembuhan hampir 100%, terlepas dari apakah orang tersebut telah mengalami kerusakan hati atau tidak.

Dengan kata lain, setelah diidentifikasi, tidak ada kata terlambat untuk menyembuhkan hepatitis C. 

Setelah disembuhkan, gejala-gejala akan hilang dan bahkan pada orang yang memiliki jaringan parut pada hati, hati dapat beregenerasi dan pulih kembali.

Kemajuan dalam pengobatan telah begitu baik sehingga Organisasi Kesehatan Dunia mengumumkan strategi eliminasi hepatitis global, yang bertujuan untuk mengurangi 90% infeksi baru dan 65% kematian pada tahun 2030.

Inggris berada di depan kurva dengan perkiraan eliminasi hepatitis C pada tahun 2025.

Setelah virus ditemukan, virus ini dapat diobati. Tantangannya adalah mengidentifikasi orang-orang yang tidak mengetahui bahwa mereka memiliki virus tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat