uefau17.com

11 April 1986: Baku Tembak FBI Miami Vs 2 Perampok Bank Berantai, Kasus Tersohor dalam Sejarah Polisi Amerika - Global

, Miami - Pada tanggal 11 April 1986, salah satu baku tembak paling terkenal terjadi antara Federal Bureau of Investigation (FBI) dan dua perampok bank berantai.

Dalam penegakan hukum AS, Kejadian ini disebut sebagai FBI Miami Shootout.

Pada 11 April 1986, banyak detektif yang masih membawa pistol berukuran dua inci atau sekitar 5 cm. Senjata terberat yang dimiliki seorang perwira adalah senapan model Remington 870 12 gauge yang dilengkapi dengan empat peluru ganda untuk tembakan ganda. Hal serupa juga terjadi pada penegakan hukum tingkat lokal, negara bagian, dan federal, yang menggambarkan penegakan hukum yang bersifat demiliterisasi, demikian mengutip dari police1.com. 

Sementara itu dua orang penjahat militer bernama Platt dan William Matix memiliki pendekatan yang berbeda dalam mempersiapkan baku tembak dibandingkan dengan banyak musuh potensial mereka dalam penegakan hukum.

Mereka sepakat berencana tak membiarkan diri ditahan hidup-hidup. Keduanya orang sembarang, terlatih. Pernah menjalani pelatihan militer dan secara teratur dilatih menggunakan senjata api, mereka juga diketahui memiliki senjata semi-otomatis dan otomatis.

Mereka mengisi magasin demi magasin - alat penyimpanan dan pengisian amunisi, dengan amunisi yang disiapkan untuk baku tembak berkelanjutan.

Orang-orang ini telah melakukan serangkaian perampokan di bank dan mobil lapis baja di sepanjang South Dixie Highway di Miami.

Dalam perampokan yang dilakukan, mereka mengacungkan senjatanya dan tidak segan-segan menggunakannya. Meskipun Platt dan Matix tidak berniat ditahan hidup-hidup, mereka tidak bunuh diri. Sebaliknya, mereka adalah pembunuh.

Mereka hanya mempunyai satu aturan ketika menghadapi penangkapan: membunuh atau dibunuh.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membunuh dan Melakukan Kesalahan

Ketika FBI mengetahui bahwa Platt dan William Matix telah menyerang bank dan mobil berlapis baja di sepanjang South Dixie Highway. Dan diketahui dua orang penyerang telah melakukan pembunuhan sebelumnya, lalu FBI pernah menangkap mereka demi mencegah orang-orang ini melakukan pembunuhan lagi.

Pada 5 Oktober 1985, Platt dan Matix diketahui membunuh Emelio Briel saat dia menjadi sasaran tembak di rock pit. Mereka mencuri mobilnya dan membuang mayat Emilio Briel.

Kedua pembunuh ini sering merampok dan membuktikan diri mereka sebagai penembak.

Mereka tampaknya menikmati menggunakan senjata mereka, dan keduanya memiliki keterampilan senjata api yang melebihi kemahirannya.

Pada 12 Maret 1986, Platt dan Matix sekali lagi berlatih dengan senjata mereka di lubang batu di luar Miami, kemudian mereka bertemu dengan penembak hobi lainnya, Jose Collazo, dan berpura-pura menjadi orang yang ramah, dan akhirnya menembak mati Jose Collazo yang pada saat itu tidak menaruh curiga kepada Platt dan Matix.

Setelah mereka menembaknya, Platt dan Matix mencuri mobil tersebut, namun kali ini dua bandit tersebut melakukan kesalaham, Jose Collazo belum benar-benar mati. 

Jose Collazo terluka parah dan berpura-pura mati.

Setelah Platt dan Matix meninggalkan daerah itu, Collazo bangkit dan berjalan tiga mil atau sekitar 4 km, dan melaporkan apa yang terjadi kepada dirinya kepada polisi.

Laporan ini membuat kantor FBI di Miami yakin kejahatan ini dilakukan oleh dua perampok bank yang sedang mereka kejar.

Keputusan investigasi dibuat untuk menyembunyikan fakta bahwa Collazo telah ditembak dan mobilnya dicuri.

Mereka merasa jika para pembunuh yakin kejahatannya tidak terdeteksi, maka mobil curian tersebut akan digunakan dan mempermudah pencarian. Berbekal deskripsi kendaraan yang digunakan Platt dan Matix pada perampokan memberikan keuntungan yang sangat berharga bagi pihak berwenang. 

14 agen dari kantor Miami dikumpulkan untuk briefing dan penjelasan soal rencana penangkapan duo bandit tersebut. 

Akan ada pengawasan yang longgar namun terkoordinasi terhadap bank-bank di sepanjang South Dixie Highway. Deskripsi tentang mobil milik Jose Collazo dan platnya juga telah diberikan, beserta informasi prediksi penggantian plat nomor mobil curian tersebut,

Beberapa agen kunci pada briefing tersebut adalah veteran Ben Grogan, Richard Manauzzi, Gordon McNeill, Gilbert Orrantia, John Hanlon, Gerald Dove, Ron Risner, dan Edmundo Mireles Jr. 

3 dari 4 halaman

Baku Tembak Dimulai

Pada pukul 09.30 waktu setempat, radio menyala ketika agen Ben Grogan dan Gerald Dove melihat Monte Carlo alias mobil milik Jose keluaran tahun 1979 yang dicuri oleh dua tersangka. Platt dan William Matix juga terlihat di dalam kendaraan tersebut. 

Para tersangka bahkan belum mengganti plat mobil tersebut. Petugas Ben Grogan dan Gerald Dove mulai mengikuti kendaraan tersebut sambil berkoordinasi dengan agen lain.

Tak lama kemudian, unit lain berkumpul, dan Platt serta Matix menyadari bahwa mereka diikuti oleh pihak berwenang. Sebelum Gordon  McNeil dan Ben Grogan dapat mengatur Felony Stop yang terkendali, para tersangka melarikan diri.

Pengejaran ini tidak berlangsung lama karena serangkaian serangan segera dilakukan oleh FBI. Kendaraan Platt dan Matix tabrakan dan terjebak dengan posisi mobil milik agen Richard Manauzzi berada di sebelah kiri mereka, Ben Grogan dan Gerald Dove berada di belakang mobil Monte Carlo tersebut dan di sebelah kanan, serta kendaraan warga yang diparkir untuk menghalangi pelarian kedua bandit ini. 

Tak lama setelah kendaraan tersebut menghentikan lajunya di 12201 82nd Avenue, Pinecrest, Miami, Florida, bandit Platt melepaskan tembakan dengan senapan Mini-14 miliknya, mengarahkannya ke agen Manauzzi yang berada tepat di sebelah kirinya.

Agen Gordon McNeill sudah keluar dari mobilnya melawan para bandit. Dia kemudian berkata, “Saya paling tenang saat keluar dari kendaraan. Saya melihat semuanya dengan jelas dengan penglihatan tepi saya, saya mengambil beberapa gambar, saya tertembak, saya melakukan bore down dan mengambil dua gambar lagi. Ketika saya kehabisan amunisi dan menyadari bahwa hal itu masih terjadi… maka saya menjadi takut.”

Saat McNeill berbalik untuk mengambil senapannya di belakang pasukannya, dia dipukul oleh bandit Platt di bagian leher dan langsung terjatuh. Platt menembak menggunakan tangan kiri dan bantuan bahu kirinya, ia berhasil melukai agen Gillbert Orrantia.

Patt juga menembaki agen Dove dan berhasil mengenai senjata Dove, merusaknya dan menciptakan kerusakan kritis yang menyebabkan senjata tersebut tidak bisa digunakan lagi.

Saat Platt mengitari bagian belakang kendaraan FBI, dia menembak Grogan di dada, mengenai Hanlon di selangkangan, dan menembak Dove dua kali di kepala. Agen Grogan dan Dove tewas di tempat kejadian.

Baku tembak ini menyebabkan para agen yang terluka parah dan meninggal, namun mereka berhasil menembak Platt dan Matix tertembak mati.

Agen Khusus Edmundo Mireles Jr. bisa saja menyerah pada luka-lukanya dan membiarkan bandit itu pergi. Tidak ada yang akan menyalahkannya. Sebaliknya, Mireles bangkit dan mengeluarkan pistol Magnum .357 miliknya, yang berisi amunisi kaliber 38+P. Dia mulai bergerak maju dengan susah payah ke kendaraan yang akan digunakan untuk melarikan diri para bandit dan mengarahkan pistolnya. Dia menembak sambil maju, bergantian membidik Platt, lalu Matix, dan kemudian ke Platt lagi hingga senjatanya kosong. Lima dari enam putaran senjatanya menemukan sasarannya. Akhirnya semuanya berakhir. Platt dan Matix sudah mati.

4 dari 4 halaman

Paska-Kejadian

Ben Grogan, seorang veteran berusia lima puluh tiga tahun, dan rekannya yang berusia tiga puluh tahun, Jerry Dove, keduanya terbunuh saat menjalankan tugas. Setiap agen khusus yang ada di tempat kejadian, kecuali Agen Khusus Ron Risner.

Platt menembakkan 42 peluru Mini-14 .223 dan tiga peluru dari masing-masing revolver.357 magnum miliknya.

Orang-orang di luar penegak hukum bertanya-tanya mengapa petugas penegak hukum modern melatih, mempersenjatai, dan membekali diri mereka seperti itu.

Baku tembak ini, di mana para petugasnya kalah dalam persenjataan, kekurangan perlengkapan, dan berada dalam posisi yang tidak menguntungkan secara taktis sejak tembakan pertama dilepaskan, membuat komunitas penegak hukum bergerak menuju apa yang oleh sebagian orang disebut militerisasi.

Militerisasi tidak hanya memperlengkapi petugas polisi dengan kendaraan dan peralatan yang dapat menghentikan peluru tetapi juga mempersenjatai dan melatih mereka dengan baik untuk menghadapi penjahat Platt dan Matix masa kini. Penjahat dalam kategori pembunuh hibrida ini tampaknya mengalami peningkatan baik dalam jumlah maupun keganasan.

Kini mereka tidak hanya menyerang bank; mereka menyerang sekolah, gereja, mal, dan teater. Motif mereka bukan lagi sekedar mencari uang. Mereka membunuh tanpa alasan selain untuk menimbun korban.

Para agen yang selamat membantu masa depan penegakan hukum dengan menyelesaikan laporan yang jelas dan akurat dan bahkan berkeliling negara untuk berbagi pengalaman mereka sehingga lembaga penegak hukum dapat belajar langsung dari peristiwa tersebut.

Insiden ini jelas mempengaruhi lembaga penegak hukum untuk selamanya.

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat