uefau17.com

Kedubes AS di Beirut Dibakar Pengunjuk Rasa, Amerika Serikat Imbau Warganya Tak ke Lebanon - Global

, Jakarta - Amerika Serikat memperingatkan warganya untuk tidak melakukan perjalanan ke Lebanon setelah kedutaan besarnya di Beirut dibakar.

Anggota keluarga, pegawai pemerintah AS serta staf kedutaan non-esensial diizinkan meninggalkan Lebanon setelah kedutaan besar di Beirut menjadi sasaran para pengunjuk rasa.

Namun beberapa jam setelah protes dimulai, Departemen Luar Negeri mengeluarkan peringatan "jangan bepergian" karena situasi keamanan yang tidak dapat diprediksi, dikutip dari laman middleeasteye, Rabu (18/10/2023).

Peringatan tersebut tercatat sebagai “demonstrasi besar yang meletus setelah kekerasan baru-baru ini di Israel dan Gaza.”

Laporan tersebut menyebut: “Warga AS harus menghindari demonstrasi dan berhati-hati jika berada di sekitar tempat berkumpul atau protes besar karena beberapa di antaranya berubah menjadi kekerasan."

“Para pengunjuk rasa telah memblokir jalan-jalan utama, termasuk jalan raya antara pusat kota Beirut dan kawasan di mana Kedutaan Besar AS berada.”

Pernyataan tersebut memperingatkan bahwa: “Warga AS yang memilih untuk melakukan perjalanan ke Lebanon harus menyadari bahwa petugas konsuler dari Kedutaan Besar AS tidak selalu dapat di tempat untuk membantu mereka.”

"Departemen Luar Negeri menganggap ancaman terhadap personel pemerintah AS di Beirut cukup serius sehingga mengharuskan mereka untuk tinggal dan bekerja di bawah pengamanan yang ketat."

Protes ini terjadi setelah ledakan di sebuah rumah sakit di Gaza yang diyakini telah menewaskan ratusan orang.

Ratusan pengunjuk rasa berkumpul di luar kedutaan AS di Beirut, mengibarkan bendera Palestina, hanya beberapa jam sebelum kunjungan Presiden Biden ke negara tetangga Israel.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serangan di Kedubes Israel di Amman

Sementara itu, sejumlah pengunjuk rasa Yordania berusaha menyerbu kedutaan Israel di Amman setelah dilaporkan adanya serangan Israel terhadap sebuah rumah sakit di Jalur Gaza yang menewaskan sedikitnya 500 orang.

Sumber keamanan Yordania membantah rumor bahwa para pengunjuk rasa berhasil menyerbu kedutaan, dan mengatakan kepada Middle East Eye bahwa para pengunjuk rasa telah ditangani dan dipindahkan dari lingkungan tempat kejadian.

Anas Mahmoud, seorang saksi mata berkata: “Sekelompok orang berhasil mencapai pos pemeriksaan dekat kedutaan, yang berjarak 200 meter. Kemudian petugas keamanan publik datang dan membubarkan mereka menggunakan gas air mata.”

“Para pengunjuk rasa mundur ke sekitar Masjid Kaloti, sekitar 1 km dari kedutaan Israel,” tambahnya.

Saksi lain, Mohammad Othman, mengatakan: “Pasukan keamanan menangkap puluhan pengunjuk rasa. Para pengunjuk rasa keluar secara spontan, tanpa ada organisasi dari pihak tertentu. Ini adalah respons terhadap pembantaian Israel.”

Sejumlah pengunjuk rasa tetap berada di jalan-jalan Amman setelah dibersihkan dari area dekat kedutaan, berulang kali berusaha mencapai gedung tersebut dan meneriakkan pengusiran duta besar dan penutupan kedutaan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat