uefau17.com

Dubes AS Sung Y. Kim Ucapkan Selamat HUT ke-78 RI: Saya Salut dengan Kemajuan Indonesia - Global

, Jakarta - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y. Kim mengucapkan selamat atas HUT ke-78 RI yang jatuh pada Kamis, 17 Agustus 2023. 

"Atas nama tim kami di Kedutaan Besar AS di Jakarta, Konsulat AS di Surabaya dan Medan, dan Konsuler AS di Bali, saya berbahagia menyampaikan salam hangat kami pada momen Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78," ujarnya dalam video yang diunggah di akun Twitter resmi @USAmbIndonesia. 

Dalam pesan tersebut, ia mengapresiasi perjalanan Indonesia sebagai bangsa yang berdaulat. 

"Perjalanan Indonesia sebagai suatu bangsa ditandai dengan ketahanan, keragaman dan pembangunan ekonomi yang eksklusif," sambungnya. 

Duta besar AS yang bertugas di Indonesia sejak tahun 2020 itu juga tak ketinggalan memuji posisi Indonesia sebagai ketua Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) tahun ini. 

"Saya salut dengan kemajuan Indonesia, terutama tahun ini saat Indonesia bertindak sebagai ketua ASEAN, menunjukkan lagi dedikasinya menuju kedamaian, stabilitas dan kemakmuran di wilayah," tambahnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ucapan dari Presiden AS Joe Biden

Presiden Amerika Serikat Joe Biden juga memberikan ucapan selamat atas HUT ke-78 RI.

"Atas nama rakyat Amerika Serikat, saya menyampaikan ucapan selamat dengan tulus kepada Anda dan rakyat Indonesia dalam rangka perayaan kemerdekaan yang ke-78," kata Biden dalam pernyataan pers yang diterima , Rabu (16/8).

Dalam pesannya, Biden juga mengajak Jokowi untuk mengeratkan kerja sama antara Amerika Serikat dengan Indonesia, terutama dalam menghadapi tantangan global yang semakin pelik. 

"Kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia memajukan prinsip demokrasi yang sama-sama kita anut dan keamanan serta kemakmuran rakyat kita," tambahnya. "Kita bekerja sama untuk mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim dan perlindungan lingkungan."

Presiden ke-46 AS itu juga menggarisbawahi dukungannya untuk keketuaan Indonesia di ASEAN. 

"Amerika Serikat juga memuji kepemimpinan Indonesia sebagai Ketua ASEAN dan mendukung tema ASEAN 2023, ASEAN Matters: Epicentrum of Growth," imbuh Biden. 

Biden juga mendorong kedua negara untuk menciptakan masa depan yang cerah dan tangguh di kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

3 dari 3 halaman

Pesan Lengkap Joe Biden

Berikut adalah pesan lengkap yang disampaikan Joe Biden kepada Jokowi dalam rangka ucapan selamat HUT ke-78 RI:

 

Bapak Presiden Yang Terhormat,

Atas nama rakyat Amerika Serikat, saya menyampaikan ucapan selamat dengan tulus kepada Anda dan rakyat Indonesia dalam rangka perayaan kemerdekaan yang ke-78. Kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia memajukan prinsip demokrasi yang sama-sama kita anut dan keamanan serta kemakmuran rakyat kita.

Bersama-sama, negara kita mendorong masa depan yang cerah dan tangguh di Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Kita bekerja sama untuk mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim dan perlindungan lingkungan. Kita memperkuat hubungan antarmasyarakat yang mendasari kemitraan kita bersama.

Amerika Serikat juga memuji kepemimpinan Indonesia sebagai Ketua ASEAN dan mendukung tema ASEAN 2023, “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.” Saya berharap dapat semakin memperdalam dan memperluas kerja sama dan persahabatan kita di tahun mendatang. Selamat atas hari kemerdekaan Indonesia yang menggembirakan ini.

Salam,

Joseph R. Biden Jr.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat