uefau17.com

Kerusuhan Prancis: Perusuh Serang dan Lukai Keluarga Wali Kota di Paris, Total 719 Orang Ditangkap - Global

, Paris - Para perusuh di Prancis menabrakkan mobil yang terbakar ke rumah seorang walikota sebuah kota di luar Paris, melukai istri dan anaknya dalam apa yang dia sebut sebagai 'upaya pembunuhan'.

Prancis telah diguncang oleh gelombang protes dan kerusuhan menyusul kematian Nahel Merzouk (17) yang diduga 'dieksekusi' oleh polisi saat berhenti lalu lintas.

Polisi juga melakukan 719 penangkapan secara nasional Minggu 2 Juli 2023 waktu setempat setelah pengerahan keamanan massal, tetapi kekerasan secara keseluruhan tampaknya berkurang dibandingkan dengan malam-malam sebelumnya.

Walikota L'Hay-les-Roses, Vincent Jeanbrun, menulis di Twitter bahwa pengunjuk rasa telah "menabrakkan mobil" ke rumahnya sebelum "terbakar" pada saat keluarganya tidur. Setelah serangan itu, dia bersumpah untuk "tidak mundur" dan mengatakan "tekadnya untuk melindungi dan melayani Republik lebih besar dari sebelumnya".

Jeanbrun mengecam kerusuhan pada hari Minggu setelah rumah keluarganya menjadi sasaran demonstrasi terbaru.

"Tadi malam tonggak sejarah dicapai dengan kengerian dan memalukan," tulisnya. "Istri dan salah satu anak saya terluka."

"Itu adalah percobaan pembunuhan pengecut," ujar sang wali kota dikutip dari The Daily Mail (2/7/2023).

Para pengunjuk rasa menargetkan rumahnya sekitar pukul 1.30 pagi ketika dia berada di Balai Kota dan istrinya berada di rumah bersama dua anak mereka, menurut pernyataannya yang telah diterjemahkan dari bahasa Prancis.

Jeanbrun mengatakan dia tidak memiliki '"kata-kata yang cukup kuat" untuk menggambarkan emosinya setelah "kengerian" serangan itu.

Dia berkata: "Satu-satunya cara untuk membuat apa yang tidak dapat diterima dapat ditanggung adalah bahwa semua ini tidak terjadi-."

Jeanbrun mengatakan prioritasnya hari ini adalah untuk "mengurus keluarga saya" tetapi menambahkan: "Tekad saya untuk melindungi dan melayani Republik lebih besar dari sebelumnya."

Beberapa sekolah, kantor polisi, balai kota dan toko telah menjadi sasaran kebakaran atau vandalisme dalam beberapa hari terakhir tetapi serangan pribadi seperti itu di rumah walikota tidak biasa.

Kekacauan yang menyebar cepat menimbulkan tantangan baru bagi kepemimpinan Presiden Emmanuel Macron dan mengungkap ketidakpuasan mendalam di lingkungan berpenghasilan rendah atas diskriminasi dan kurangnya kesempatan.

Kematian Merzouk pada hari Selasa 27 Juni telah menimbulkan kemarahan di seluruh negeri. Dia dimakamkan Sabtu dalam sebuah upacara Muslim di kampung halamannya di Nanterre, pinggiran kota Paris.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerusuhan Berlanjut

Prancis dilanda kekacauan untuk malam kelima ketika para perusuh mengamuk di kota-kota besar, membakar mobil dan menghancurkan bangunan. Hal itu mendorong pengerahan drastis pasukan khusus Prancis dalam upaya untuk menghentikan kekacauan yang kian meningkat.

Hingga 7.000 polisi dikerahkan ke Paris semalam --bergabung dengan 45.000 petugas pasukan nasional-- ketika kerusuhan sipil semakin dalam setelah pembunuhan Merzouk.

Bentrokan kekerasan terbaru pecah hanya beberapa jam setelah ratusan orang menghadiri pemakaman peti mati terbuka Merzouk, yang dugaan 'eksekusi' oleh polisi selama pemberhentian lalu lintas memicu kerusuhan minggu ini.

Ketika malam tiba di Paris, kerumunan kecil berkumpul di Champs-Elysees untuk memprotes kematian remaja dan kekerasan polisi tetapi bertemu ratusan petugas dengan tongkat dan perisai yang menjaga jalan ikonik dengan butik Cartier dan Dior-nya.

Di Paris utara, pengunjuk rasa menyalakan petasan dan menyalakan barikade ketika polisi membalas dengan gas air mata dan granat kejut.

Kerusuhan itu berdampak pada posisi diplomatik Macron. Kantor Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier mengatakan Macron menelepon untuk meminta penundaan apa yang akan menjadi kunjungan kenegaraan pertama oleh seorang presiden Prancis ke Jerman dalam 23 tahun. Macron telah dijadwalkan terbang ke Jerman pada hari Minggu.

Ratusan polisi dan petugas pemadam kebakaran Prancis terluka dalam kekerasan yang meletus setelah pembunuhan itu, meskipun pihak berwenang belum merilis penghitungan pengunjuk rasa yang cedera.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat