uefau17.com

Peristiwa Penembakan Remaja Pemicu Kerusuhan Prancis, Kekerasan Polisi atau Tak Disengaja? - Global

, Paris - Jaksa Prancis telah mulai menyatukan apa yang terjadi sebelum penembakan fatal Nahel Merzouk (17) oleh seorang petugas polisi. Kematian anak remaja itu telah menyulut kerusuhan massal berlarut di seantero Prancis.

Polisi yang melakukan penembakan telah didakwa dengan pembunuhan tak berencana dan ditahan.

Dalam garis besar peristiwa, setelah menanyai saksi mata dan meninjau rekaman CCTV, jaksa mengatakan pengemudi remaja itu telah mengabaikan permintaan polisi untuk berhenti. Petugas kemudian mengejar mobil dan mengeluarkan senjata mereka, demikian seperti dikutip dari BBC (2/7/2023).

Namun, sebuah keterangan berbeda telah diposting secara online oleh salah satu penumpang, yang menurut media Prancis telah mereka verifikasi sendiri tetapi belum dicek kebenarannya di pengadilan.

Dalam laporan itu, penumpang, juga seorang remaja, mengatakan petugas memukul Nahel M dengan gagang senjata mereka tiga kali, menyebabkan dia melepaskan kakinya dari rem mobil.

Jaksa akan berbicara dan memeriksa saksi itu pada Senin 3 Juli mendatang.

Nahel M tidak memiliki catatan kriminal tetapi telah masuk radar polisi. Dia sebelumnya tercatat mengemudi tanpa SIM (karena terlalu muda untuk memilikinya) dan karena menolak mematuhi perintah untuk berhenti.

Dia dijadwalkan muncul di hadapan pengadilan remaja pada bulan September.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa yang Terjadi Menurut Keterangan Jaksa?

Sekitar pukul 08:00 pada hari Selasa 27 Juni 2023, dua polisi dengan sepeda motor melihat sebuah Mercedes dengan plat nomor Polandia melaju kencang di jalur bus, kata jaksa Nanterre Pascal Prache kepada wartawan.

Menyalakan sirene mereka, para petugas mengejar mobil di lampu lalu lintas. Tiga pemuda ada di dalam.

Para petugas menyuruh pengemudi untuk berhenti tetapi kendaraan itu menjauh, mengabaikan lampu merah. Para petugas mengejar dan memberi tahu unit mereka melalui radio.

Pukul 08.16, Mercedes berhenti di lalu lintas padat. Kedua petugas turun dari sepeda motor mereka, menarik senjata mereka dan mendekati mobil.

Mereka kemudian mengatakan kepada jaksa bahwa mereka mengarahkan senjata mereka ke pengemudi untuk "mencegahnya pergi lagi".

Mereka meminta pengemudi untuk mematikan kunci kontak, tetapi mobil bergerak maju. Salah satu petugas menembak, melukai dada pemuda itu secara fatal.

Setelah mobil menabrak penghalang pinggir jalan, salah satu penumpang ditangkap dan yang lainnya melarikan diri dengan berjalan kaki.

 

3 dari 3 halaman

Laporan Berbeda dari Saksi Mata

Salah satu saksi mata yang menjadi penumpang mengatakan ia, seorang temannya, dan Nahel sedang mengemudi di sekitar Nanterre ketika mobil itu tersesat ke jalur bus dan dikejar oleh dua polisi dengan sepeda motor.

Setelah Nahel menghentikan mobil, pemuda itu mengatakan dalam videonya dan dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Le Parisien, salah satu petugas memukul pengemudi remaja itu dengan gagang senjatanya.

Dia menuduh bahwa polisi kedua juga memukul Nahel sebelum petugas pertama kembali memukulnya.

Saksi mengatakan kepada Le Parisien bahwa pukulan itu membuat Nahel M "sedikit terkejut".

Pukulan ketiga, menurut akun ini, menyebabkan Nahel melepaskan kakinya dari rem dan kendaraan bergerak maju. Setelah petugas menembak, Nahel M merosot ke depan dan kakinya menekan pedal gas, kata penumpang itu.

Ketika mobil berhenti, kata penumpang itu, dia memutuskan untuk melarikan diri karena dia takut dia akan ditembak juga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat