uefau17.com

Selfie di Kota Portofino Italia Didenda Rp4,5 Juta Hukumannya, Ini Aturannya - Global

, Portofino - Negara Italia sudah tidak diragukan lagi menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Eropa. Terutama di kota yang dikenal dengan pelabuhannya yang luar biasa indah, air yang sangat jernih, dengan pemandangan gedung berwarna-warni, dan kapal superyacht yang mahal.

Ya, Kota Portofino di Riveria Italia adalah satu dari banyak kota indah di negara berbentuk sepatu bot ini.

Namun tahukah Anda bahwa Kota Porotfino kini mulai menerapkan denda bagi mereka yang ketahuan selfie atau swafoto.

Melansir dari Mirror.co.uk, Kamis (26/4/2023), pemerintah setempat telah memperkenalkan zona larangan menunggu untuk menghentikan para wisatawan 'berlama-lama' di titik-titik tempat destinasi populer.

Jika Anda ketahuan sedang menggunakan ponsel menghadap kamera depan di titik-titik tertentu, Anda bisa didenda sebesar 275 euro (sekitar 4,5 juta rupiah).

Wali Kota Portofino, Matteo Viicava, mengatakan para pelaku selfie telah menyebabkan "kekacauan anarkis", termasuk kemacetan lalu lintas yang masif dan pemblokiran jalan.

Kini, aturan tersebut sudah berlaku selama akhir pekan Paskah dan akan tetap berlaku sampai musim liburan berakhir, yaitu pada bulan Oktober.

Namun tidak usah khawatir, larangan selfie ini akan dicabut pada pukul 6 sore setiap hari. Jika Anda tetap ingin selfie di salah satu zona terlarang itu, datanglah setelah pukul 6 sore.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Lain yang Melarang Selfie

Portofino bukan satu-satunya tempat yang melarang selfie.

Jaringan kereta api di seluruh Jepang juga mempunyai larangan dalam menggunakan tongkat selfie karena khawatir orang akan menyentuh kabel di atas kepala dan menyetrum diri mereka sendiri.

Di Inggris, memotret diri sendiri di beberapa bagian Menara London dilarang, dengan alasan keamanan terkait Permata Mahkota.

Terutama di dalam Rumah Permata tersebut, mengambil foto atau video dengan permata kerajaan ini dilarang keras karena dianggap sebagai risiko keamanan.

Begitu juga di Spanyol, tindakan selfie dilarang selama acara tahunan Running of the Bulls yang diadakan di Pamplona. Aturan tersebut dirancang untuk mencegah orang ditanduk oleh banteng dan dapat dikenakan denda sebesar €3.000 (sekitar 45 juta rupiah).

Sementara, pihak berwenang yang mengatur Danau Tahoe di California, juga telah melarang praktik tersebut dengan adanya terlalu banyak orang yang mencoba mengambil gambar diri mereka bersama beruang.

"Kami memiliki banyak orang yang benar-benar bergegas menuju beruang mencoba untuk mendapatkan foto 'selfie'," kata Lisa Herron, juru bicara Unit Manajemen Basin Danau Tahoe, pada tahun 2014.

“Ini menghadirkan masalah keamanan. Kami takut seseorang akan diserang.”

3 dari 4 halaman

Wisata Kelas Atas

Ada berbagai alasan mengapa Kota Portofino disukai oleh banyak orang walaupun dulunya hanya desa nelayan biasa.

Kini, situasi telah berubah secara signifikan selama 20 tahun pertama abad ini. Tempat ini menjadi populer sebagai resor eksklusif untuk orang-orang terkaya di Eropa.

Banyak keluarga terkenal dan bangsawan yang membangun rumah liburan di sini. Tetapi banyak yang sudah dijadikan hotel butik yang modis.

Maka dari itu, sekarang Portofino menjadi destinasi wisata untuk kelas atas seluruh dunia. Salah satunya, Cristiano Ronaldo.

Sebagai salah seorang pesepak bola tersukses dan terkaya saat ini, ia bisa berlibur di mana saja yang ia sukai. Namun pada masa pandemi COVID-19, Ronaldo memilih untuk berlibur di Portofino bersama dengan pasangannya Georgina Rodriguez.

Mereka berlibur dengan kapal pesiar lengkap dengan fasilitas yang sangat mewah.

Sementara itu, Kylie Jenner juga sempat merayakan ulang tahunnya pada 2019 lalu karena terpesona dengan keindahan Portofino.

4 dari 4 halaman

Keindahan Portofino

Berada di jantung Riviera Italia, di Laut Liguria, Portofino punya pelabuhan yang dikelilingi oleh piazza dengan beragam rumah berwarna pastel, kuning, hijau dan biru.

Tempat itu memang terkenal dengan pelabuhannya yang indah seperti lukisan dengan gedung-gedung dan rumah yang di cat berwarna-warni yang sudah menjadi ciri khas di Italia. Semuanya berjejer teratur dan cantik memenuhi garis pantai kota Portofino.

Pelabuhan tersebut dinamakan pelabuhan Portus Delphini atau pelabuhan lumba-lumba karena banyaknya lumba-lumba yang hidup di Teluk Tigulla itu.

Karena keindahannya, Portofino sering ditampilkan pada banyak kartu pos.

Anda dapat menemukan banyak butik terkenal maupun lokal serta beragam tempat makan khas Italia yang cocok untuk wisatawan yang gemar belanja dan kuliner.

Selengkapnya di sini...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat