uefau17.com

Happy Eid Mubarak: Duta Besar Kompak Ucapkan Selamat Lebaran 2023 untuk Indonesia - Global

, Jakarta - Berjuta-juta rakyat Indonesia sedang merayakan Lebaran Idul Fitri 2023 yang jatuh pada Sabtu (22/4/2023). Masyarakat silaturahmi ke tetangga, nyekar di kuburan orang-orang tercinta, dan kumpul-kumpul bersama keluarga. 

Para duta besar di Indonesia juga turut memberikan ucapan selamat lebaran idul fitri 2023 kepada masyarakat Indonesia. 

Berikut ucapan Happy Eid dari para duta besar negara-negara sahabat melalui Instagram resmi mereka:

Finlandia

Finlandia menyebut Idul Fitri sebagai Hyvää Eidiä. Duta Besar Finlandia Pekka Kaihilahti memberikan salam Lebaran kepada masyarakat dengan Bahasa Indonesia: 

"Segenap keluarga besar Kedutaan Besar Finlandia di Jakarta mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Mohon maaf lahir dan batin."

Uni Eropa

"Atas nama Uni Eropa, saya ingin mengucapkan sahabat-sahabat di Indonesia dan Brunei hari Idul Fitri yang menyenangkan dan terberkati. Semoga saat spesial ini membawa kebahagiaan, kebersamaan, dan perdamaian. Selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin," ujar Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei, Vincent Piket.

Inggris

Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins, berharap momen Lebaran ini menjadi saat untuk memperkuat rasa kerukunan dan toleransi antar sesama.

"Assalamualaikum, gema takbir berkumandang menandakan tibanya hari kemenangan, semoga hari yang Fitri ini memberikan kita kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Saling memaafkan dengan setulus hati, menjaga toleransi, dan kerukunan," ucap Dubes Inggris dengan Bahasa Indonesia.

"Atas nama pemerintah Inggris, selamat hari raya idul fitri kepada seluruh masyarakat indonesia yang merayakan. minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin."

Jepang

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji, turut berbicara panjang lebar dengan bahasa Indonesia untuk memberikan ucapan selamat lebaran ke masyarakat setelah puasa sebulan penuh. 

"Kepada masyarakat Islam di seluruh Indonesia, saya Kanasugi Kenji, duta besar Jepang untuk Indonesia dan segenap staf kedutaan besar Jepang mengucapkan selamat hari raya idul fitri. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat merayakan hari kemenangan setelah berpuasa satu bulan penuh. Saya juga ingin mengucapkan selamat berkumpul dengan keluarga tercinta. Terima kasih. Arigatoo gozaimashita."

Swedia

Gaya pengucapan Kedubes Swedia cukup unik. Pada awal video, Duta Besar Marina Berg berkata "Kedutaan besar Swedia di Jakarta ingin mengucapkan..." kemudian video itu terpotong dan menampilkan para staf kedubes yang memberikan ucapan lebaran 2023. 

Baru pada akhir video Dubes Berg kembali muncul dan berucap: "Selamat hari raya Idul fitri."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Raja Salman Ucapkan Selamat Idul Fitri, Arab Saudi Rayakan Lebaran Jumat 21 April 2023

Raja Salman dari Arab Saudi merayakan Lebaran Idul Fitri 2023 pada Jumat (21/4/2023). Ia melaksanakan sholat id di Masjidil Haram, Mekkah.

Berdasarkan laporan Arab News, Raja Salman sholat bersama Pangeran Mohammed bin Salman (MbS) dan sejumlah tokoh penting. 

Raja Salman pun menyampaikan ucapan selamat Lebaran Idul Fitri bagi umat Muslim di berbagai negara.

"Semoga Allah menerima puasa, ibadah, dan perbuatan-perbuatan baik bulan Ramadhan kita semua. Semoga Allah memberikan kita semua Id sebagaimana negara kita, negara-negara Arab dan Muslim, dan negara-negara dunia menikmati keamanan, perdamaian, dan ketentraman," ujarnya via Twitter.

Sebelum hari Lebaran Idul Fitri, Raja Salman memberikan pidato yang disampaikan oleh Menteri Media Salman bin Yousef. Raja Salman mencatat bahwa ada jutaan orang Umrah di Arab Saudi selama puasa.

"Jutaan peserta Umrah dapat melaksanakan ritual-ritual umrah pada Ramadhan tahun ini, berkat berkat tak terhitung dari Allah yang Maha Kuasa. Ini tidak akan mungkin tanpa rahmat Allah dan upaya-upaya tanpa lelah dari beragam sektor-sektor pemerintah untuk melayanan peserta Umrah dan memungkinkan mereka melaksanakan Umrah dengan mudah dan nyaman," ujar Raja Salman dalam pidatonya.

Selain Arab Saudi, negara-negara lain yang merayakan Idul Fitri pada 21 April 2023 adalah Turki, Uni Emirat Arab, dan Lebanon. 

3 dari 4 halaman

Jokowi dan Ganjar Pranowo Salat Ied di Masjid Syekh Zayed Solo di Lebaran Idul Fitri 2023

Capres dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menjalankan salat Ied sekaligus merayakan Lebaran Idul Fitri 2023 bersama Presiden Jokowi di Masjid Syekh Zayed Solo, Sabtu (22/4/2023).

Lewat akun Instagram terverifikasi, hari ini Gubernur Jawa Tengah itu mengunggah momen melangkah di Masjid Syekh Zayed Solo bareng Jokowi. Keduanya kompak pakai sarung.

Ganjar Pranowo berbaju koko putih polos dibalut blazer plus peci hitam dipadukan dengan sarung merah yang mencuri perhatian saat salat Ied. Sementara Jokowi pakai baju lengan panjang dan sarung kelam baja motif etnik.

“Allahu akbar Allahu akbar Allahu akbar. Laa ilahaillallahu Allahu akbar. Allahu akbar walillahil hamd,” tulis Ganjar Pranowo seraya bersyukur bisa salat Ied bersama RI-1 di Solo, Jawa Tengah.

"Alhamdulillah bisa melaksanakan Salat Ied di Masjid Raya Syekh Zayed bersama Presiden @Jokowi dan saudara-saudara masyarakat Kota Surakarta,” ia menyambung.

Ganjar Pranowo berharap Idul Fitri yang dirayakan umat Muslim bukan sekadar menandai pergantian dari bulan Ramadan ke Syawal, melainkan merefleksikan kemenangan lahir dan batin yang sesungguhnya.

4 dari 4 halaman

Silaturahmi Virtual Antara Ma'ruf Amin dan Jokowi

Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Ibu Wury bersilaturahmi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana secara daring. Ma'ruf berdialog dengan Jokowi secara daring dari Kediaman Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta, Sabtu (22/4/2023).

"Assalamualaikum Pak Presiden, Minal Aidin Wal Faizin. Mohon maaf lahir dan batin, Pak Presiden," tutur Mar'uf. 

Salam tersebut disambut dengan ucapan sama oleh Presiden Jokowi. "Pak Wapres beserta Ibu, Selamat Idulfitri. Mohon maaf lahir dan batin," ungkap Jokowi.

Dalam dialognya, Presiden dan Wapres saling bertanya mengenai aktivitas yang dilakukan dalam perayaan Idul Fitrikali ini.

"Iya, nanti habis dzuhur nanti ke Banten, pak. Pulang kampung," urai Ma'ruf menceritakan agendanya.

Jokowi pun membalas bahwa ia akan melakukan silaturahmi dengan keluarga di Solo dan melanjutkan perjalanan ke Labuan Bajo untuk memeriksa lokasi pelaksanaan KTT ASEAN.

"Sampai sore, Pak, nanti. Ini jalan-jalan (silaturahmi) dulu, selesai kemudian ke Labuan Bajo. Iya, ngecek (lokasi pelaksanaan KTT) ASEAN, 2 minggu lagi," tutur Jokowi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat