uefau17.com

Panda Ya Ya di Kebun Binatang AS Bersiap Pulang ke China, Terdeteksi Penyakit Kulit Hingga Bulu Rontok - Global

, Memphis - Dua pakar panda raksasa China dilaporkan tiba di kota Memphis AS, pada Kamis 16 Maret untuk mempersiapkan kembalinya Panda Ya Ya yang berusia 22 tahun ke China. Demikian menurut Association of Zoological Gardens (Asosiasi Kebun Zoologi) China.

Ahli panda China itu bekerja sama dengan tim di Memphis untuk menilai bagaimana kesehatan panda bernama Ya Ya, dan akan mempersiapkan untuk perjalanan pulang ke kampung halamannya di Negeri Tirai Bambu.

Menurut laporan yang beredar, kabarnya Panda Ya Ya akan menghabiskan lebih dari sebulan di Shanghai dalam karantina, sebelum tinggal di kandang yang sedang dibangun di Beijing. 

Melansir dari scmp.com, Sabtu (1/4/2023), dua staf dari China yang berasal dari Kebun Binatang Beijing itu adalah ahli bedah hewan dan penjaga kebun binatang dengan pengalaman luas dalam merawat panda penangkaran. Mereka bergabung dengan tim China yang pernah berada di Kebun Binatang Memphis di Tennessee untuk menilai kondisi Ya Ya.

"Tim China, akan bekerja dengan rekan-rekan Amerika Serikat untuk merawat Ya Ya dan menilai kesehatannya. Mereka juga akan menyempurnakan persiapan untuk kepulangannya yang aman ke China," kata Association of Zoological Garden.

Ya Ya dan pasangannya Le Le akan kembali ke China awal tahun ini ketika perjanjian pinjaman 20 tahun berakhir. Namun, Le Le meninggal karena penyakit jantung pada 1 Februari di kebun binatang AS.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ya Ya Mengalami Penyakit Kulit

China mengirim ahli ke kebun binatang untuk bekerja dengan tim Amerika untuk menyelidiki penyebab kematian Panda Le Le.

Pakar China mengatakan Panda Ya Ya mengalami kerontokan bulu yang disebabkan oleh penyakit kulit.

Laporan medis sebelumnya menunjukkan dia memiliki nafsu makan yang baik dan berat badan yang stabil.

Seorang juru bicara kebun binatang AS mengatakan kepada Reuters akhir tahun lalu bahwa pengembalian itu adalah bagian dari kesepakatan dengan China, yang mengharuskan kebun binatang asing mengizinkan panda yang dipinjamkan untuk menghabiskan hari-hari terakhir mereka di tanah China.

Shanghai News Radio melaporkan bahwa Panda Ya Ya akan menghabiskan lebih dari sebulan di karantina di Shanghai sebelum terbang ke ibu kota China, di mana kandang sedang dibangun untuknya.

Salah seorang anggota staf Beijing Park Management Centre (Pusat Manajemen Taman Beijing) mengatakan bahwa kepulangan Panda Ya Ya ke China belum dapat dipastikan pada 7 April -- ketika perjanjian pinjamannya berakhir. 

3 dari 4 halaman

Klaim Kelompok-Kelompok Tertentu Terhadap Kondisi Ya Ya

Sejumlah kelompok hak binatang mengklaim kebun binatang Memphis menganiaya panda. Sebuah klaim yang dibantah. 

Selama beberapa dekade, China telah mengirim panda ke luar negeri sebagai alat diplomasi untuk memperkuat hubungan. Pada tahun 1972, setelah presiden AS Richard Nixon bertemu dengan pemimpin Tiongkok Mao Zedong. Tiongkok kemudian memberikan panda Ling Ling dan Xing Xing ke Amerika Serikat.

Sebagian besar panda pergi ke negara maju dengan pengaruh geopolitik yang dapat membayar biaya sewa panda hingga $1 juta per tahun (setara dengan Rp 14,9 miliar), dan menutupi biaya kandang serta makanan khusus mereka.

Penerima panda teratas pada tahun 2019 adalah AS yang mempunyai 11 panda, Jepang mempunyai sembilan, dan Korea Selatan empat. Negara-negara tersebut merupakan mitra dagang terbesar China.

4 dari 4 halaman

Xiang Xiang Panda Jepang, Akan Dikembalikan ke China untuk Selamanya

Selain itu, Kebun Binatang Ueno di Jepang memulangkan panda raksasa Xiang Xiang ke China untuk selamanya. Xiang Xiang adalah panda raksasa pertama yang lahir dan dibesarkan secara alami di kebun binatang. Panda raksasa yang lahir enam tahun lalu itu akan dikirim kembali ke China untuk tujuan penangkaran.

Terlihat pengunjung mengantre pada hari terakhir panda raksasa Xiang Xiang sebelum ia kembali ke China untuk selamanya di depan Kebun Binatang Ueono, Tokyo, Jepang. Xiang Xiang yang lahir enam tahun ini akan dikirimkan kembali. 

Panda raksasa Xiang Xiang terlihat dalam kandang pada hari pengamatan terakhir sebelum dia dikembalikan ke China untuk selamanya di kebun binatang Ueono, Tokyo, Jepang pada 19 Februari 2023. 

Baca selengkapnya di sini... 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat